SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Berbagai Macam Jenis Keramik Lantai yang Sering Digunakan dalam Bangunan

Keramik berasal dari bahasa Yunani yaitu keramikos yang dibuat dari tanah liat kemudian dibakar. Biasanya, keramik banyak digunakan untuk lantai bangunan.

Nah, bagi Anda yang sedang berencana ingin membeli keramik, yuk kenali berbagai jenis keramik yang ada di pasaran.

1. Keramik Teraso

Dibuat dari campuran semun juga pasir kemudian diatasnya dilapisi pecahan marmer. Membuatnya memiliki corak unik yang memberikan kesan klasik. 

Biasanya ada motif batu alam, serpihan kerang laut sampai kaca yang cocok untuk tonjolkan kesan tradisional.

2. Keramik Mozaik

Corak yang ditawarkan pada keramik Mozaik juga tidak kalah indah karena dibuat dari potongan keramik kemudian dirangkai dengan pola tertentu. 

Anda akan menemukan banyak corak, bahan, ukuran serta warna. Keramik mozaik bisa digunakan untuk ubin ataupun dinding, terutama di dapur dan kamar mandi. 

3. Keramik Lantai Standar

Jenis keramik yang satu ini yang paling banyak dan mudah ditemukan. Bahan yang digunakan bisa dari tanah liat dengan proses yang cukup panjang. 

Digunakan untuk lantai baik di ruang tamu ataupun kamar mandi. Berbagai kualitas serta ukuran membuatnya bisa ditemukan di mana saja. 

4. Keramik Kuadrat

Jika Anda mencari jenis keramik yang lebih kuat dan tahan lama, keramik kuadrat bisa menjadi pilihan. 

Dibuat dari tanah liat tanpa menggunakan glasir dan dipanaskan pada suhu tinggi. Selain lebih kuat, keramik satu ini juga bisa mengurangi porositas.

Biasanya akan diaplikasikan pada lantai teras rumah ataupun bagian outdoor.

5. Keramik Pavers

Keramik pavers juga termasuk yang banyak digunakan pada area luar bangunan, sehingga lebih tahan banting dan lebih tebal sehingga mudah untuk membedakannya. 

Dibuat dari tanah liat yang juga dikenal dengan ubin genting. Salah satu keunggulan lainnya, keramik ini juga akan mudah untuk dibersihkan.

6. Keramik Porselen

Secara tampilan keramik porselen memang tidak jauh berbeda dengan keramik biasa. Tetapi jika diperhatikan lebih dekat, keramik akan lebih jernih. 

Anda bisa menghadirkan gaya yang elegan dan indah pada hunian Anda nantinya. Gaya kontemporernya cocok untuk Anda yang ingin mengusung rumah dengan gaya klasik. 

Baca juga: 4 Pilihan Desain Keramik Ruang Tamu Mewah untuk Nuansa Elegan

7. Keramik Marmer

Seperti yang kita ketahui, marmer memang pilihan tepat jika ingin menghadirkan sisi yang elegan dan mewah. 

Saat ini Anda juga bisa menemukan keramik marmer yang memiliki serat pada bagian dalamnya. 

Jenis keramik satu ini terbilang mahal dan membutuhkan perawatan ekstra. Sebaiknya Anda tidak menggunakannya pada area yang mudah tergores.

8. Keramik Granit

Selain marmer, keramik granit juga bisa memberikan kesan mewah yang tinggi. Biasanya akan diaplikasi pada gaya modern dengan warna yang natural. 

Seperti namanya, bahannya memang dari granit yang membuat harganya lebih mahal. Bisa diaplikasikan pada kamar tidur, ruang keluarga ataupun ruang tamu. 

9. Keramik Limestone

Menggunakan keramik limestone akan memberikan kesan yang lebih segar. Karena terlihat seperti batuan alam tetapi memiliki ketahanan yang juga unggulan. 

Warna alaminya dari batu membuatnya lebih natural dan cantik. Anda bisa menemukan berbagai ukuran atau warna yang bisa disesuaikan dengan konsep.

10. Keramik Travertine

Tak jauh berbeda dengan keramik limestone, keramik travertine juga merupakan keramik dari batu alam.

Memberikan kesan indah sekaligus unik dan biasanya akan dikombinasikan dengan jenis lainnya. 

Perlu Anda tahu jika jenis keramik ini termasuk yang cukup sulit dibersihkan jika terkena noda dan butuh perawatan khusus.

11. Keramik Semen

Keramik Semen jarang digunakan pada bangunan rumah, lebih kepada bangunan pabrik ataupun gudang. 

Hal ini dikarenakan memiliki daya tahan yang lebih kuat dan tidak akan meninggalkan bekas saat terkena air. 

12. Keramik Batu Alam

Jika ingin mendapatkan tampilan yang natural, keramik batu alam adalah pilihan tepat. Keramik jenis ini walau dari batu alam memiliki kelebihan perawatan yang mudah. 

13. Keramik Refractory

Bahan yang digunakan untuk membuat keramik refractory berasal dari silika dan alumina yang membuatnya tahan api. 

Proses pembakarannya yang tinggi juga membuatnya tahan lama. Umumnya digunakan untuk pembuatan tungku, tempat pembakaran ataupun pelapis lantai.

Baca juga: Biar Cocok dengan Gaya Interior, Begini Memilih Jenis Sofa yang Sesuai

14. Keramik Homogenous Tile

Dibuat dari teknologi tinggi keramik homogenous tile termasuk ubin yang berbeda. Memiliki lapisan atas serta bawah dengan tingkat daya tahan tinggi dan banyak diaplikasikan pada lantai atau dinding. 

Kesan mewahnya juga begitu kuat, membuat jenis keramik ini digunakan pada bangunan berkelas seperti mansion, hotel, ataupun apartemen.

Masing-masing keramik memiliki kelebihannya sendiri, semua kembali lagi kepada Anda untuk memilihnya sesuai dengan kebutuhan.


« back to news


Contact via Whatsapp