SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Biar Cocok dengan Gaya Interior, Begini Memilih Jenis Sofa yang Sesuai

Tidak bisa dipungkiri bahwa sofa merupakan salah satu furniture yang kehadirannya sangat penting di setiap hunian. Bahkan perabotan tersebut termasuk elemen utama dalam desain interior ruang tamu maupun ruang keluarga. 

Dimana jenis sofa ternyata ada banyak, dan fungsinya pun bisa berbeda. Yuk, kenali jenis-jenis Sofa berikut ini.

1. Sectional Sofa

Sectional sofa bisa diartikan sebagai sofa yang terdiri atas beberapa bagian. Jadi untuk menghasilkan ruang duduk yang berukuran besar, terdapat dua atau lebih sofa yang disatukan. 

Buat Anda yang memiliki jumlah keluarga banyak dan mempunyai kapasitas ruang tamu besar memilih jenis sectional sofa tentu merupakan pilihan yang tepat.

2. The Classic Round Arm Sofa

Sesuai dengan namanya, the classic round arm sofa yang terkadang disebut dengan nama grandma’s couch ini punya lengan dengan bentuk bulat klasik. 

Sofa ini sangat mudah ditemui karena banyak digunakan hingga saat ini. Saat ini sendiri the classic round arm sofa sudah semakin banyak jenisnya. Salah satunya menggunakan fabric neutral dan linen putih, yang membuatnya tampak berkelas.

3. Lawson Style

Awal mulanya, sofa jenis ini dibuat secara khusus untuk seorang ahli keuangan bernama Thomas Lawson. Itulah kenapa namanya disebut sofa lawson. 

Tampilannya sendiri cukup sederhana dengan tiga dudukan yang ditambah bantal punggung, sehingga sangat nyaman bagi pengguna. Sejak itu, sofa lawson style ini mulai diminati dan terus berkembang.

4. Loveseat

Ingin membeli sofa untuk mengisi sudut ruang yang sempit? Mungkin Anda bisa mempertimbangkan sofa loveseat ini sebagai pilihan.

Sofa loveseat identik dengan sebuah sofa yang berisi dua orang dengan sandaran punggung yang tegak lurus. Umumnya sofa jenis ini dilengkapi dengan meja kecil disamping.

Baca Juga: 5 Ide Desain Ruang Tamu Mewah yang Wajib Dicoba, Cantik dan Nyaman!

5. Cabriole

Sofa Cabriole memiliki karakter khas yang mampu merepresentasikan ruang keluarga bergaya Perancis. Model tempat duduk seperti ini memang mulai populer pada zaman Louis XV, sekitar abad ke-18 silam. 

Tampilannya memang memiliki kesan formal namun tetap cantik. Hal ini karena sofa cabriole menonjolkan bagian bingkai kayu yang terbuka dan biasanya dipenuhi dengan ukiran tertentu. 

6. Sofa Bed

Sofa bed terbilang sangat fleksibel bukan hanya secara bentuk namun juga fungsi, karena Anda bisa menggunakannya sebagai sofa maupun tempat tidur tambahan. 

Jadi ketika ada kerabat atau teman yang menginap di rumah, Anda bisa mengubah sofa bed menjadi tempat tidur di malam hari.

Umumnya, jenis sofa ini menggunakan bahan yang halus dan lembut sehingga memberikan kenyamanan ekstra.

7. Camel Back

Pemberian nama sofa ini tentu bukan tanpa alasan, Sofa Camel Back merupakan salah satu jenis sofa yang memiliki desain melengkung pada bagian punggungnya.

Umumnya lengkungan ini berjumlah 1 atau 3 sehingga terkesan menyerupai punggung unta. 

Selain karena bentuknya yang unik, Sofa jenis ini juga cukup fleksibel karena Anda bisa melakukan custom bahan pelapisnya, bisa polos atau bermotif serta menggunakan jenis bahan apa saja sehingga bisa menambah kesan yang berbeda. 

8. Chesterfield

Sofa chesterfield punya bentuk yang tebal dan panjang. Umumnya, seluruh permukaannya di lapisan kulit dan kancing sehingga menampilkan kesan yang unik.

Ciri lain dari sofa chesterfield adalah pada bagian lengannya yang biasanya memiliki tinggi yang sama dengan bagian punggung atau dengan kata lain bagian punggung sofa jenis ini termasuk rendah untuk bersandar.

9. Sofa Tuxedo

Simpel tapi tetap berkarakter merupakan ciri khas dari sofa tuxedo. Karakter yang dimilikinya antara lain glamor, kokoh, dan tinggi. 

Umumnya, sofa tuxedo memiliki bentuk persegi panjang dengan kaki terbuka yang terlihat tinggi. Sofa ini juga identik dengan sandaran punggung yang tidak terlalu tinggi dan menggunakan kain sebagai pelapis. 

10. Chaise

Jenis sofa selanjutnya adalah chaise. Berdasar informasi yang ada kata chaise sendiri diambil dari kata ‘Chaise Lounge’ yang memiliki arti sebagai kursi yang panjang.

Ciri khas dari sofa ini adalah beberapa bagian memiliki sandaran, sementara beberapa bagian lagi tidak memiliki sandaran. 

Bagian yang tidak memiliki sandaran ini bisa digunakan sebagai tempat duduk atau juga sebagai tempat kaki untuk duduk santai. 

Sofa chaise umumnya bisa digunakan oleh dua sampai tiga orang, jadi Anda bisa menempatkan sofa jenis ini di ruang keluarga untuk bersantai bersama.

11. Sofa Bridgewater

Sofa bridgewater adalah sofa yang cenderung terlihat sangat kasual. Meskipun begitu, namun sofa jenis ini tetap terasa sangat nyaman. 

Sehingga banyak yang menggunakan sofa bridgewater untuk menciptakan tampilan santai dan ramah di rumah.

Baca Juga: Mengintip Tema dan Desain Ruang Keluarga Mewah dan Nyaman

12. Sofa Puff

Sofa yang berbentuk persegi panjang ini tidak mempunyai sandaran, sehingga Anda bisa menempatkannya di berbagai kondisi. 

Jika ingin memiliki sandaran, Anda bisa meletakkan sofa jenis ini di samping tembok. Sementara jika ingin memuat lebih banyak orang Anda bisa meletakkannya di tengah ruangan. 

13. Recliner

Sofa recliner mempunyai sandaran tangan dan sandaran kaki yang fleksibel. Sehingga hal tersebut menjadi ciri khas dari sofa ini, yang tidak dapat ditemukan pada jenis sofa lainnya. 

Karena fleksibilitas bagian sandaran, tidak heran jika recliner umumnya dibanderol dengan harga yang cukup tinggi.

14. Sleeper Sofa

Secara garis besar, sofa jenis ini memiliki fungsi yang hampir mirip dengan sofa bed, sleeper sofa bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk bersantai maupun tidur. 

Pasalnya bagian bawah dari sofa ini bisa dibentangkan, sehingga Anda dapat meluruskan kaki dan mendapatkan tidur siang yang berkualitas.

15. Sofa L

Sofa L dikenal juga dengan istilah sofa sudut, yang mana jenis ini memang sangat cocok bagi mereka yang memiliki ruangan berukuran minimalis. 

Biasanya jenis sofa L dilengkapi dengan sandaran pada satu sisi dan sisi lainnya tidak. Meski begitu, sofa L tetap terasa begitu nyaman diduduki.

Sofa bisa dibilang merupakan elemen penting yang harus ada di ruang tamu atau ruang keluarga. Setiap jenis sofa bisa memberikan kesan yang berbeda pada ruangan.

Jika Anda berencana membeli sofa baru, pastikan memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan konsep ruangan dimana anda akan meletakkan sofa itu nantinya.

Sehingga hadirnya sofa itu bukan hanya sebagai tempat duduk tetapi juga bisa membantu meningkatkan nilai estetika di hunian.


« back to news


Contact via Whatsapp