SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Perbedaan Kayu Jati dan Mahoni yang Sebaiknya DIpahami

Kayu jati dan kayu mahoni memang termasuk dari dua jenis kayu yang sering digunakan untuk membuat berbagai produk furniture modern

Dengan adanya kedua kayu tersebut, terkadang bisa membuat bingung harus memilih jenis kayu yang mana untuk digunakan. 

Untuk itu, kali ini akan diulas beberapa perbedaan kayu jati dan kayu mahoni secara lengkap..

Karakteristik Dari Kayu Jati

Pertama akan dibahas lebih dulu bagaimana karakteristik dari kayu jati ini. Kayu ini memang cukup banyak ditemukan di Indonesia. 

Ciri khasnya tersendiri yakni memiliki warna agar kecoklatan dengan corak yang indah. Dengan warna tersebut, tidak heran jika jenis kayu ini sering digunakan untuk membuat lemari, bangku, meja, tempat tidur, pintu dan berbagai produk furniture lainnya.

Tidak hanya penampilannya yang menarik, kayu jati ini juga memiliki daya tahan yang tinggi, sehingga awet digunakan selama bertahun-tahun. 

Kelebihan Kayu Jati

Untuk perbedaan kayu jati dan mahoni ini juga bisa dikenali dengan kelebihan dari pohon jatinya sendiri. Untuk kayu jati, biasanya akan memiliki daya tahan yang lebih kuat dibanding mahoni. 

Sehingga, jika terjadi perubahan iklim yang ekstrim, maka pohon jenis jati ini akan tetap bisa untuk bertahan dengan baik karena terdapat kandungan karet di dalamnya.

Selain itu, untuk perawatan furniture kayu jati juga cukup mudah. Apabila terdapat masalah seperti lumut atau noda, maka Anda hanya perlu untuk membersihkan dengan memakai sabun cair lalu mengelapnya hingga bersih

Kegunaan Kayu Jati

Adapun kegunaan dari kayu jati adalah sebagai bahan baku untuk pembuatan fondasi rumah karena dinilai memiliki kekuatan dan kualitasnya yang terjamin. 

Tak hanya itu saja, kayu jati juga berguna untuk bahan pembuatan perahu, furniture rumah tangga, dan berbagai produk yang membutuhkan ketahanan luar biasa. 

Selain itu, kayu jati juga memiliki sifat yang mudah diolah dan dipotong.

Baca juga: Biar Cocok dengan Gaya Interior, Begini Memilih Jenis Sofa yang Sesuai

Karakteristik Kayu Mahoni

Perbedaan kayu jati dan mahoni berikutnya adalah terletak dari karakteristiknya. Kayu mahoni memang menjadi salah satu jenis kayu yang sering digunakan untuk material pembuatan furniture. 

Jenis kayu ini pun dikenal sebagai kayu yang mewah dengan ciri khas yakni kayunya yang keras dan pori-porinya yang kecil.

Dengan adanya ciri khas tersebut memang sangat cocok untuk membuat produk furniture dengan kesan mewah dan elegan.

Ditambah lagi, tampilan dari kayu mahoni ini sangat elegan dengan warnanya yang khas yakni kemerahan, tentunya akan semakin berkesan.

Kelebihan Kayu Mahoni

Kelebihan yang terdapat pada kayu mahoni adalah jika dibandingkan dengan kayu jati, maka harga mahoni ini jelas jauh lebih terjangkau. 

Kemudian, kandungan minyak alami yang dimiliki oleh kayu mahoni ini sangat rendah. Untuk daya tahan dari kayu satu ini pun cenderung cukup stabil.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh kayu jenis ini adalah bentuk seratnya yang begitu halus, sehingga bisa dengan mudah diolah.

Kegunaan Kayu Mahoni 

Sedangkan, untuk kegunaan dari kayu mahoni ini memang bisa bermanfaat di dalam berbagai hal. Anda pun bisa menemukannya dalam berbagai produk furniture seperti lemari, tempat tidur, kursi, meja makan, meja rias, meja tamu, dll.

Baca juga: Kenali Lebih Jauh Tentang Konsep Kontemporer Dalam Desain Interior

Lalu, Mana yang Lebih Baik? Kayu Mahoni atau Kayu Jati?

Setelah menjabarkan satu persatu pengertian, karakteristik, kelebihan dan juga kegunaan dari kedua jenis kayu tersebut, maka perbedaan kayu jati dan mahoni terdapat pada masa pakainya. 

Untuk kedua jenis kayu tersebut memiliki karakteristik dan corak yang memang sama-sama menarik. 

Selain itu, apabila dilihat dari segi kekuatan, kayu jati dan mahoni juga memiliki kualitas yang baik dan awet digunakan karena tahan terhadap cuaca dan anti rayap. 

Kesimpulannya, dengan mengetahui kelebihan masing-masing dari tiap jenis kayu, hal ini tentu saja akan bisa membuat Anda lebih mengerti dan bisa memilih jenis kayu yang tepat sesuai dengan kebutuhan ataupun budget yang dimiliki saat ingin membangun rumah ataupun membeli produk furniture.

Bila Anda ingin mendapatkan premium furniture dengan harga terbaik, Anda bisa mempercayakan kebutuhan Anda pada Saniharto. 

Kami telah telah dipercaya sejak lebih dari 20 tahun dalam upaya menyediakan kebutuhan premium dengan kualitas internasional. 

Sebagai produsen furniture lokal, kami telah menghasilkan banyak produk yang telah diekspor ke berbagai negara. Beberapa portofolio proyek kami bisa Anda lihat di sini.

Dengan kualitas dan profesionalisme yang kami hadirkan, kami yakin semua koleksi produk kami bisa memberikan nilai lebih untuk Anda.

Lihat semua produk high end furniture kami.


« back to news


Contact via Whatsapp