SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Wajib Tahu, Begini 4 Cara Membersihkan Furniture Kayu

Kendati zaman sudah berkembang, furniture kayu masih menjadi yang digemari. Apalagi bisa memberikan kesan elegan dan vintage yang kental. Namun bukan berarti nantinya tidak akan menjadi masalah, karena ada banyak serangan pada furnitur ini. 

Hanya saja Anda tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara membersihkan furniture kayu yang bisa Anda coba.

1. Membersihkan dari Noda

Baik furnitur kayu atau bahan lainnya tentu tidak akan terbebas dari noda. Diantara beragam jenis noda yang paling banyak ditemukan pada furniture kayu adalah noda air yang bisa membekas di permukaan. 

Walaupun berbekas, tetapi biasanya noda jenis ini hampir tidak meninggalkan bekas permanen. Untuk membersihkan noda ini, Anda harus melihat bekas nodanya. Apakah noda air warna coklat tua, putih atau hitam. Karena nantinya akan menentukan seberapa sulit untuk membersihkannya. 

Dalam proses menghilangkan noda jenis ini, Salah satu metode yang paling ampuh dan banyak digunakan adalah dengan menggunakan pasta gigi. Caranya mudah, ambil pasta gigi dan oleskan pada bagian noda secara merata kemudian gosok menggunakan kain lembut.

Jika cara menggunakan pasta gigi ini masih belum berhasil membuat menghilangkan noda tersebut, Anda bisa mencampur pasta gigi dengan baking soda. Cara ini memang lebih efektif dalam membersihkan namun sebaiknya tidak terlalu sering dilakukan.  

Selain itu, ada juga cara lain dalam menghilangkan noda ringan bekas air ini. Caranya siapkan kain yang telah dibasahi sebelumnya dan letakkan diatas noda, kemudian setrika dengan tingkat panas rendah.

2. Membersihkan Noda Debu yang Menempel

Membersihkan Noda Debu yang Menempel

Selain noda bekas air, Debu bisa dibilang sebagai noda yang selalu ada di setiap furniture apapun bahannya termasuk pada furniture yang berbahan dasar kayu.

Pada beberapa kondisi, jika noda belum terlalu bandel penggunaan kemoceng dan vakum bisa menjadi solusi jitu mengatasi hal ini. Namun, untuk beberapa kasus noda yang telah mengeras tentu perlu perlakukan yang berbeda.

Saat noda debu sudah menempel dan susah untuk dibersihkan dengan vakum, Anda bisa menggunakan kain atau sikat untuk membersihkannya. Gunakan kain atau sikat yang telah dibasahi dengan air sabun agar hasilnya lebih terasa.

Namun, sebelum melakukan hal ini, pastikan permukaan furniture telah bersih dalam artian tidak ada benda kasar yang menempel di permukaan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya goresan pada furniture.

Goresan pada furniture berbahan kayu bukan lebih sulit untuk diperbaiki kembali terlebih jika goresannya cukup dalam. Selain itu, hindari juga penggunaan bahan kimia yang bersifat keras dan memiliki sifat korosif dalam proses pembersihannya. 

3. Menghilangkan Noda Tinta atau Cat Kuku

Tak jarang penggunaan pena atau cat kuku juga mengenai furniture kayu kesayangan. Untuk menghilangkannya, Anda bisa mencoba beberapa bahan mulai dari deterjen, minyak, pasta gigi, hingga alkohol. 

Sementara untuk noda yang disebabkan oleh cat kuku, Anda bisa menggunakan pisau atau benda tajam lainnya untuk membantu mengelupas tumpahan tersebut.

4. Membersihkan Lem yang Menempel

Permukaan furniture yang terkena lem masih bisa diatasi dengan beberapa bahan. Anda bisa memanfaatkan mayones, heat gun sampai dengan cuka. 

Heat gun biasa digunakan untuk melelehkan noda lem yang membandel. Sementara untuk noda bekas lem yang ringan, penggunaan mayones dan cuka cukup dioleskan pada bekas lem, tunggu beberapa menit dan bersihkan dengan lap bersih.

Cara Merawat Furniture Kayu Berdasarkan Bahannya

Setelah membahas cara membersihkan furniture dari berbagai macam noda, tentu tidak ada salahnya juga untuk mempelajari bagaimana cara merawat furniture kayu berdasarkan dari jenis kayu yang digunakannya. 

  • Mebel Berbahan Kayu Jati

Kayu jati dianggap sebagai bahan mebel yang kuat dan banyak dijadikan sebagai pilihan. Bahkan soal kualitasnya sudah terkenal hingga mancanegara. 

Bagi Anda yang suka dengan mebel jati, Anda bisa mengikuti beberapa cara merawat berikut. Pertama, pastikan suhu ruangan tempat furniture ini berada tetap normal, hindari suhu yang terlalu lembab karena akan cepat merusaknya serta hindari juga suhu yang terlalu panas karena akan membuatnya menyusut dan menimbulkan retakan. 

Sementara itu, untuk membuatnya tetap mengkilap Anda bisa menggunakan cairan polish khusus atau bisa juga menggunakan sisa teh celup yang digosok secara perlahan.  

  • Mebel dari kayu Mahoni

Mebel dari kayu mahoni juga perlu mendapatkan perawatan yang baik jika ingin bertahan lama. Sama halnya dengan kayu jati, mebel mahoni juga perlu dilakukan pembersihan secara berkala. 

Untuk membersihkan debu bisa menggunakan lap kain ataupun kemoceng. Anda juga harus memperhatikan suhu dan jauhkan dari matahari secara langsung.

  • Merawat Furniture Dengan Bahan Particle Board

Salah satu keunggulan dari furniture yang berbahan dasar particle board adalah harganya yang lebih terjangkau. Namun dari daya tahan tentu jauh berbeda jika dibandingkan dengan yang berbahan kayu asli.

Furniture yang berbahan dasar ini memang memiliki daya tahan yang lebih rendah terlebih terhadap air, selain membuatnya mudah berjamur juga membuatnya meninggalkan bekas noda yang lebih sudah dihilangkan. 

Terbuat dari bahan apapun, furniture memang perlu dirawat secara berkala terlebih yang berbahan kayu. Gunakan taplak pada meja atau permukaan furniture untuk memperkecil resiko dan memudahkan dalam proses pembersihan. 

Jika Anda membutuhkan furniture high end yang sudah teruji secara kualitas dengan desain yang unik untuk ruang tamu, ruang keluarga dan lainnya, Anda bisa mengunjungi galeri atau website SANIHARTO.


« back to news


Contact via Whatsapp