SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Kayu Solid - Pengertian, Jenis dan Kelebihannya dalam Furniture

Kayu merupakan salah satu material yang berasal dari alam dan seringkali digunakan sebagai bahan untuk membuat furniture ataupun konstruksi bangunan.

Ada banyak jenis kayu yang di pasaran, salah satunya adalah kayu solid atau solid wood. Solid wood termasuk jenis kayu olahan yang bisa dibentuk secara langsung dari pohonnya. 

Solid wood merupakan salah satu istilah yang dipakai untuk bisa membedakan kayu biasa yang memiliki bentuk lumber dengan kayu buatan yang dikenal dengan istilah plywood.

Jenis kayu solid ini memang digunakan karena memiliki daya tahan yang tinggi, sehingga awet digunakan untuk jangka panjang. 

Selain itu, solid wood juga tergolong kayu dengan struktur yang kuat dengan tidak memiliki ruang kosong di dalamnya layaknya kayu buatan lain yang direkatkan dengan menggunakan lem.

Sebenarnya ada berbagai jenis kayu solid yang bisa dipilih. Untuk penggunaannya, biasanya akan disesuaikan dengan jenis furniture yang ingin digunakan. Berikut berbagai jenis kayu solid.

1. Kayu Besi atau Kayu Ulin

kay besi

Kayu ulin atau yang dikenal dengan sebutan kayu besi adalah salah satu kayu yang memiliki tekstur yang keras dan juga kuat. 

Jenis kayu yang satu ini sangat tepat apabila digunakan untuk material pembuatan fondasi rumah. 

Karena kekuatannya tersebut, kayu besi pun tergolong sulit untuk di paku maupun dipotong oleh gergaji biasa.

Tidak hanya digunakan sebagai pondasi pada rumah, jenis kayu ini bisa digunakan untuk membangun jembatan, perkapalan, tiang listrik dan juga atap sirap. 

Apabila dilihat dari harganya, kayu ini juga cukup mahal, namun karena kuatnya kayu besi maka permintaan dan peminatnya pun juga tidak berkurang.

2. Kayu Mahoni

kayu mahoni

Kayu mahoni atau mahogany wood termasuk dalam kategori Jenis kayu solid. Kayu mahoni biasanya tumbuh di daerah tropis. 

Kayu ini juga memiliki warna cokelat kemerahan, sedangkan untuk bagian tepinya lebih dominan berwarna putih. 

Akan tetapi, jika Anda tinggal di daerah yang lembab, sebaiknya hindari untuk membeli perabotan yang terbuat dari kayu mahoni karena akan rawan dimakan rayap. 

Baca juga: Mengenal Berbagai Macam Furniture dan Bagaimana Cara Memilihnya

3. Kayu Oak Putih

kayu oak putih

Kayu oak sendiri memiliki 2 jenis yaitu kayu oak merah dan oak putih. Untuk mendapatkan kayu ini, biasanya harus mencari pohon oak putih yang tumbuh hingga 25 meter dengan batang 1,2 meter. 

Tentu bukan hal yang mudah untuk mengolahnya. Namun, kualitas kayu oak putih memiliki tingkat ketahanan yang tinggi terhadap jamur dan rayap. 

Untuk itu, sangat cocok digunakan sebagai interior maupun eksterior yang ada di dalam rumah. 

4. Kayu Jati

kayu jati

Tentu sudah tidak asing bukan mendengar nama kayu jati? Jenis kayu ini memang tergolong cukup mahal namun hal tersebut sebanding dengan kualitas yang diberikannya. 

Ada 3 jenis kayu jati yaitu kayu jati emas, kayu jati perhutani, dan kayu jati rakyat yang mana setiap jenis kayu memilih fungsi dan kelebihannya masing-masing.

Pohon jati bisa tumbuh di dataran rendah maupun tinggi. Untuk mendapatkannya, para penebang pohon harus mencari pohon jati besar yang berbatang lurus dan tumbuh hingga 70 meter. 

Selain itu, pohon jati termasuk jenis kayu anti rayap. Ada beberapa jenis warna kayu jati mulai dari cokelat kelabu, cokelat muda, hingga cokelat merah tua. 

Untuk mengolahnya pun jenis kayu jati tergolong mudah karena tidak sulit untuk dipotong dan mudah dibentuk dengan berbagai ukiran ataupun corak khusus, sehingga bisa menghasilkan desain furniture yang menarik. 

Baca juga: Wajib Tahu, Begini 4 Cara Membersihkan Furniture Kayu

Kelebihan Menggunakan Solid Wood

Setelah mengenal beberapa jenis solid wood, saatnya untuk mengetahui keunggulan yang dimiliki. 

1. Awet & Bisa Digunakan Jangka Panjang

Dengan keunggulan yang dimiliki dari tiap jenis kayu, penggunaan kayu solid mampu bertahan hingga lebih dari 15 tahun. 

Hal ini dikarenakan setiap jenis pohon memiliki ketahanan yang baik. Akan tetapi, hal tersebut tergantung dari kondisi cuaca dan juga perawatan yang dilakukan. 

Selain itu, kayu solid ini juga tergolong tahan terhadap air sehingga tidak mudah rusak. 

2. Tahan Terhadap Perubahan Cuaca Ekstrim

Keunggulan lainnya yaitu mampu tahan terhadap cuaca yang panas dan lembab. 

Hal ini disebabkan karena kayu wood memiliki pori-pori kayu yang halus dibandingkan dengan jenis kayu lainnya, sehingga mampu untuk mengurangi resiko yang disebabkan oleh jamur, rayap, maupun rembesan air. 

Untuk itu, pemilihan kayu satu ini memang sangat cocok untuk perabotan maupun furniture yang ada di rumah Anda.

3. Mudah Dibentuk 

Kayu wood biasanya sudah memiliki corak unik yang sudah terbentuk secara alami. Dengan begitu, proses pembuatan furniture akan lebih mudah. 

Jika ingin melakukan custom furniture, maka pembuatannya juga tidak sulit karena jenis kayu ini sangat mudah dibentuk dan bisa menghasilkan hasil tampilan yang indah dan menarik.

Bagaimana, sudah paham mengenai kayu solid? Tentunya penggunaan kayu solid bisa dipilih sesuai kebutuhan. Namun, perlu diingat bahwa Anda harus bisa merawatnya dengan tepat. 

Bila ingin mencari produk high end furniture dengan kualitas terbaik, Anda bisa mendapatkannya melalui Saniharto.


« back to news


Contact via Whatsapp