SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Mengenal Berbagai Macam Furniture dan Bagaimana Cara Memilihnya

Tak hanya desain interior ruangan, perlengkapan furniture pun menjadi hal penting yang wajib diperhatikan bagi sebagian orang. 

Apalagi perabotan tersebut akan digunakan untuk jangka panjang guna memenuhi kebutuhan tertentu. 

Untuk itu, sebaiknya Anda mengetahui macam-macam furniture apa saja yang sebaiknya dimiliki.

1. Free Standing Furniture

Sebagaimana namanya, free standing furniture merupakan perabotan rumah yang disajikan dalam bentuk konstruksi utuh. 

Perabotan ini terbilang cukup besar karena tidak bisa dilipat atau dibongkar pasang, contohnya seperti meja tamu dan ranjang kasur.

2. Knockdown Furniture

Bagi Anda yang tinggal di rumah sewa atau rumah minimalis kecil, penggunaan knockdown furniture adalah solusi paling tepat. 

Ciri perabotan dengan elemen engsel yang mudah dipindahkan dan dibongkar pasang seperti lemari pakaian, kitchen set, tempat tidur, dll. 

3. Mobile Furniture

Penamaan perabotan ini sudah disesuaikan dengan penggunaannya yang bisa Anda kenali dengan ciri penggunaan roda. 

Menariknya, perabotan ini sudah disusun sesuai dengan penggunaan agar mudah dipindahkan seperti kursi kantor beroda atau meja komputer.

4. Built In Furniture

Dewasa ini, banyak orang yang memilih ruangan minimalis dan elegan karena terkesan lebih simple. Oleh karena itu, penggunaan built in furniture menjadi pilihan terbaik karena bisa membuat suasana rumah tersusun eksklusif. 

Apalagi built in furniture seringkali disusun menyatu dengan hunian secara permanen, contohnya seperti rak tv, rak buku, meja kerja, kabinet, dan rak sepatu.

Baca juga: Wajib Tahu, Begini 4 Cara Membersihkan Furniture Kayu

5. Transformable Furniture

Transformable furniture bahkan menjadi pilihan perabotan keren untuk menciptakan hunian yang lebih simple dengan ruang gerak yang leluasa. 

Perabotan yang satu ini bahkan sangat cocok digunakan pada rumah minimalis mungil karena satu perabotan multifungsi bisa mendatangkan banyak manfaat dalam sekaligus.

6. Inflatable Furniture

Merupakan jenis mebel yang tadinya berukuran kecil bisa dimodifikasi ukurannya menjadi lebih besar. 

Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan fungsinya, contohnya seperti sofa dan spring bed, sofa bed, meja lipat, dan rak tangga. 

Mungkin terdengar kurang familiar, namun penggunaannya sudah banyak digunakan di negara luar karena sifatnya yang multifungsi.

Tips Memilih Furniture 

 

1. Ukuran

Beberapa orang mungkin belum memahami dengan detail tentang konsep mendesain suatu ruangan. 

Padahal pengadaan ruangan untuk kebutuhan tertentu perlu dilengkapi dengan keberadaan furniture. 

Untuk itu, pemilihan jenis furniture sebaiknya disesuaikan dengan ukuran furniture. Anda sebaiknya memilih jenis furniture yang cocok dan sesuai untuk memberikan kesan istimewa dan menarik. 

Jangan lupa untuk menyisakan bagian space tertentu agar ruangan tidak terasa sesak sehingga mengurangi kenyamanan Anda ketika beraktivitas. 

2. Pemilihan Warna

Pemilihan warna mungkin seringkali disepelekan bagi sebagian orang. Padahal warna yang terdapat di suatu ruangan dapat mempengaruhi kesesuaian konsep tema dan berpengaruh langsung terhadap kondisi emosional seseorang. 

Mengetahui kondisi tersebut, Anda sangat disarankan untuk memilih warna yang sesuai kebutuhan agar ruangan terasa lebih nyaman.

Tentu saja, menyelaraskan warna dominan yang terdapat pada sebuah ruang perlu dilakukan untuk menampilkan kesan estetik. 

Baca juga: 4 Inspirasi Tema Desain Ruang Kerja yang Unik dan Kekinian

3. Budget

Tips selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan dalam memilih furniture adalah keberadaan budget. 

Disarankan untuk memilih furniture yang sesuai dengan kebutuhannya karena akan digunakan dalam jangka panjang. 

4. Pilih Bahan Yang Berkualitas

Kebutuhan perlengkapan rumah sudah dijawab dengan keberadaan penyedia furniture yang ada di pasaran. 

Meski demikian, Anda sangat disarankan untuk memilih produk yang berkualitas dengan proses perawatan yang mudah agar dapat bertahan dalam jangka panjang. 

Meskipun terkesan sederhana dan mudah dilakukan, mendapatkan perabotan untuk melengkapi hunian bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan. 

Anda bahkan sangat disarankan untuk mempertimbangkan beberapa poin penting agar tidak menyesal setelah melakukan pembelian. 

Untuk mendapatkan produk furniture dengan bahan berkualitas, Anda bisa mendapatkannya di sini.


« back to news


Contact via Whatsapp