SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Manfaat Kayu Pinus, Salah Satunya Sebagai Material Perabot Rumah Tangga!

Furniture dari kayu merupakan salah satu jenis perabotan rumah yang banyak ditemui di sebagian besar rumah.

Dimana diantara sekian banyak jenis bahan kayu yang ada kayu pinus menjadi salah satunya.

Hal ini wajar, mengingat harganya termasuk murah, warnanya terang, tahan lama, dan ringan. 

Namun, selain itu, pohon pinus juga memiliki beragam manfaat dalam kehidupan. Berikut beberapa manfaat kayu pinus dari berbagai sektor.

Manfaat dari Kayu Pinus

1. Material Furniture dan kerajinan

Kayu pinus memiliki tekstur yang khas sehingga sering dimanfaatkan sebagai material untuk membuat berbagai furniture dan kerajinan. 

Hal ini karena kayu pinus mempunyai serat yang halus, sehingga lebih mudah diproses menjadi berbagai macam perabotan rumah tangga.

Selain itu, kayu pinus dikenal karena harganya yang terjangkau namun dengan kualitas yang sama dengan kayu solid lainnya sehingga membuatnya banyak digunakan.

2. Pengencer Cat 

Tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan pembuat furniture dan kerajinan tangan, manfaat kayu pinus juga bisa berperan sebagai pengencer cat. 

Hal ini bisa terjadi karena pada batang pohon pinus memiliki kandungan getah, yang dimana ketika diekstrak bisa menghasilkan cairan kuning bernama terpentin

Cairan terpentin inilah yang digunakan untuk mengencerkan cat, antiseptik, kamper dan berbagai bahan lainnya.

3. Dijadikan Korek Api

Korek api banyak digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi tahukah Anda bahwa korek api tidak dibuat menggunakan sembarang pohon? 

Salah satu jenis pohon yang umum digunakan untuk dijadikan korek api adalah  pohon pinus. Dimana bagian yang diambil yaitu pada bagian batang pinus.

4. Pembuat Kertas

Kertas merupakan salah satu benda yang begitu akrab dengan kehidupan kita.  Kebutuhan kertas hampir tidak ada habisnya, meskipun saat ini masyarakat telah banyak beralih ke proses digital. 

Dalam hal ini, kayu pinus dapat digunakan sebagai bahan pembuat kertas lantaran tingkat kepadatannya terbilang rendah. Sehingga kayu pinus bisa mudah dihancurkan untuk diproses menjadi kertas.

Baca Juga: Wajib Tahu, Begini 4 Cara Membersihkan Furniture Kayu

5. Mengurangi Stres

Manfaat kayu pinus bukan hanya terletak pada bidang industri saja. Namun manfaatnya juga tergolong sangat melimpah pada bidang kesehatan. 

Salah satunya yaitu kayu pinus dapat membantu mengurangi stres. Itulah kenapa minyak esensial pinus banyak dipasarkan ke masyarakat.

6. Meredakan Nyeri Otot

Selain mengurangi stres, kayu pinus juga bisa membantu meredakan nyeri otot. Manfaat ini bisa diperoleh ketika Anda menggunakan minyak pinus P. Pinaster, jadi bukan scotch pinus

Caranya yaitu dengan mencampurkan 5 tetes minyak pinus dengan 2 sendok minyak sayur, kemudian dipijatkan ke bagian tubuh yang mengalami nyeri otot.

7. Menunjang Kesehatan Mata

Tahukah Anda bahwa kulit kayu pinus juga diekstrak untuk membuat suplemen? 

Pasalnya ekstrak kulit kayu pinus diketahui mampu memperkuat pembuluh kapiler di retina, sehingga dapat membantu menjaga fungsi penglihatan.

8. Mendukung Kesehatan Sendi dan Tulang

Ketika mengonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak kulit kayu pinus, ada manfaat lainnya yang bisa Anda peroleh, yaitu dukungan untuk kesehatan sendi dan tulang. 

Itu karena kayu pinus memiliki sifat anti peradangan, sehingga ekstraknya bisa memberikan manfaat demikian.

9. Sembuhkan Bronkitis

Apabila Anda memiliki minyak esensial pinus, ada banyak manfaat kayu pinus yang bisa diperoleh. Salah satunya yaitu membantu meredakan bronkitis, pilek, sinus, dan sesak napas. 

Cara menggunakannya mudah saja, yaitu dengan menambahkan 3 tetes minyak pada semangkuk air panas. Lalu hirup aroma pinus tersebut melalui hidung dan mulut.

10. Baik untuk Kesehatan Kulit

Seiring bertambahnya usia, tanda tanda penuaan akan mulai muncul dan menghilangkan elastisitas kulit. 

Di sini, Anda bisa memanfaatkan ekstrak kulit pinus yang mampu menghasilkan kolagen dan hyaluronic acid untuk meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit.

11. Meningkatkan Fungsi Otak

Pohon pinus dikenal kaya akan antioksidan, yaitu senyawa flavonol dan bioflavonoid. Kedua senyawa tersebut akan menjadi pycnogenol

Suplemen dengan kandungan pycnogenol sendiri telah terbukti mampu membantu meningkatkan fungsi otak dan memori pada orang lanjut usia.

Baca Juga: Mengenal Berbagai Macam Furniture dan Bagaimana Cara Memilihnya

Cara Merawat Furniture dari Kayu Pinus

Mengingat kayu pinus paling banyak dimanfaatkan sebagai furniture, Sebaiknya Anda juga mulai harus mengetahui bagaimana cara merawat furniture dari kayu pinus yang tepat. 

Adapun salah satu caranya adalah dengan membersihkan perabotan secara teratur.

Bisa juga dengan menambahkan pemoles kayu pada kain lap, supaya furniture menjadi lebih mengkilap. 

Beberapa kandungan pada pemoles kayu jika digunakan dengan tepat juga dapat membantu menghilangkan goresan kecil yang ada pada permukaan furniture. 

Selain itu, ada baiknya Anda selalu menjaga kelembapan udara di dalam ruangan supaya kayu tidak menjadi lembab dan mudah terserang jamur.

Pohon pinus memang bisa dibilang pohon yang serbaguna, karena setiap bagiannya dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. 

Terutama pada bagian batang pohon, dimana kayu yang banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan bukan hanya sekedar material furniture saja


« back to news


Contact via Whatsapp