SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Panduan Lengkap Cara Menata Kamar Agar Terlihat Indah Dan Rapi

Di era ini, kamar tidur tidak hanya berfungsi sebagai tempat istirahat saja. Tetapi juga sering dijadikan sebagai salah satu ruangan untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti bekerja, belajar, dan melakukan produktivitas harian. 

Agar tetap membuatnya terasa nyaman, yuk intip beberapa cara menata kamar agar tetap terlihat indah, rapi dan nyaman. 

1. Tentukan Furniture yang Ideal

Meski terkesan sepele, namun sebenarnya penataan furniture perlu dilakukan. Hal ini bertujuan bukan hanya agar ruangan terlihat rapi namun juga terasa luas.  

Selain itu, Peletakan perabotan secara asal justru akan menghasilkan kesan ruangan yang berantakan dan terasa pengap. Jadi, pilihlah furniture yang ideal sesuai dengan kebutuhan. 

2. Mempertimbangkan Ukuran Furniture 

Saat memutuskan untuk membeli perabotan yang akan diletakkan dalam kamar pastikan sesuai dengan ukuran kamar sehingga nantinya akan terlihat seimbang. 

Bersikaplah realistis, Jangan memilih furniture yang terlalu besar atau kecil. Seperti misalnya jika ukuran kamar tidur Anda cukup terbatas pilih tempat tidur ukuran single bed. Selain itu gunakan juga furniture lain seperti lemari dan meja secukupnya.

Pemilihan ukuran furniture yang salah bisa menyebabkan kamar terlihat lebih sempit atau bahkan terlalu lowong karena tidak seimbangnya ukuran furniture dibanding ukuran kamar.

Baca Juga: 4 Inspirasi Tema Untuk Desain Kamar Tidur Mewah dan Elegan

3. Menentukan Ide Kamar 

Alih alih mencoba berbagai macam ide ke dalam satu ruangan, pikirkan secara matang konsep apa yang lebih ingin Anda terapkan di kamar. 

Sebagai contoh, Anda ingin menggunakan dinding yang bertekstur dengan cahaya maksimal, maka fokuslah dengan ide tersebut sebagai cara menata kamar agar terlihat indah.

4. Menambahkan Cermin

Cermin bukan hanya aksesoris kamar yang berguna untuk bercermin saja, tetapi juga bisa memberikan efek tertentu. Salah satunya adalah ketika diaplikasikan pada ruangan kamar yang sempit.

Meletakkan cermin di dinding dengan posisi yang tepat bisa memberikan ilusi seolah kamar menjadi luas.

Selain itu, Anda juga bisa meletakkan cermin pada arah jendela. Hal ini cukup efektif untuk membuat ruangan menjadi lebih terang karena pencahayaan alami. 

5. Pilih Warna yang Tepat

Warna bisa mempengaruhi mood seseorang, Oleh karena itu pemilihan skema warna kamar juga perlu untuk dipertimbangkan. Misalnya saja, Anda ingin menerapkan warna netral seperti abu abu mudah, krem, dan coklat muda. 

Warna warna pastel tersebut bisa menghadirkan rasa nyaman karena tone warna pastel memang tidak terlalu mencolok. Untuk mengimbanginya, Anda bisa memadukan warna pastel dengan warna gelap sehingga akan memberi highlight di kamar.

6. Perhatikan Pencahayaan

Pencahayaan memiliki peranan penting dalam mempresentasikan ruangan kamar tidur Anda. Sistem pencahayaan yang salah justru akan membuat kamar terasa gelap dan pengap.

Disisi lain, pencahayaan yang sesuai akan membuat kamar terlihat lebih indah karena bisa terlihat hingga setiap sudutnya dengan jelas.

Jika memungkinkan, Coba kombinasikan pencahayaan alami dan pencahayaan utama yang berasal dari lampu. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan lampu khusus agar membuat suasana kamar menjadi lebih indah dan rapi.

Misalnya saja Anda tidak hanya memasang lampu utama, tetapi juga memasang beberapa lampu sudut di kamar yang berwarna beda untuk menghasilkan kesan yang rapi dan nyaman.  

7. Tambahkan Tanaman Hias

Memberikan elemen natural dan hidup juga bisa menjadi salah satu dalam menata kamar agar terlihat indah. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu memberi tanaman hias. 

Hadirnya tanaman di dalam ruangan bisa menampilkan kesan kamar yang adem dan segar. Selain itu, beberapa tanaman hias juga memiliki fungsi sebagai pembersih udara alami.

8. Gunakan Sprei Linen

Umumnya, Kasur tentu menjadi objek paling besar di dalam kamar. Oleh karena itu, perlu sentuhan yang berbeda agar tidak menampilkan kesan ala kadarnya atau bahkan berantakan.

Anda bisa memilih sprei dengan bahan yang bagus seperti sprei linen yang biasa digunakan di hotel. Penggunaan sprei linen bisa membantu dalam membuat kasur terlihat rapi.

9. Tambahkan Dekorasi Sederhana 

Penambahan beberapa dekorasi sederhana juga bisa menjadi solusi dalam membuat kamar terlihat lebih indah. Seperti misalnya adalah penambahan hiasan dinding atau sudut ruangan.

Namun, pastikan bahwa dekorasi yang anda tambahkan nanti secukupnya saja tidak sampai membuat kamar Anda menjadi terlihat ramai apalagi penuh karena justru membuatnya tidak terlihat rapi.

Baca Juga: Mengintip Tema dan Desain Ruang Keluarga Mewah dan Nyaman

10. Terapkan Konsep Tetap Simple

Konsep simple bisa menjadi salah satu ide yang bisa Anda terapkan jika ingin kamar tidur terlihat nyaman. 

Desain ini mengusung konsep sederhana, elegan dan serbaguna. Sebagai contoh, Anda bisa menyisakan minimal tiga kaki dari ranjang dan dinding samping agar menampilkan kesan luas pada penataan kamar.

11. Rapikan Barang-Barang di Kamar

Langkah terakhir yang bisa dicoba adalah dengan merapikan kamar secara teratur. Seiring berjalannya waktu biasanya tanpa sadar kita menambahkan atau meletakkan barang sembarangan di dalam kamar sehingga membuatnya terlihat berantakan.

Oleh karena itu, merapikan barang-barang di kamar juga perlu sering dilakukan. Seperti misalnya mengurangi tempelan di dinding yang sudah tidak dipakai, mengeluarkan baju kotor yang berada di gantungan dan banyak lainnya.

Umumnya, menata kamar agar terlihat indah dan rapi bukan hal susah. Hanya saja memang membutuhkan beberapa hal dan konsistensi dalam melakukannya sehingga bisa membuat Anda menjadi betah saat berada didalamnya.   


« back to news


Contact via Whatsapp