SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Lobby Hotel Mewah - Mengenal Fungsi Dan Tips Interior

Lobby yang ada di hotel merupakan tempat pertama yang akan dimasuki oleh tamu. Oleh karena itu penting bagi sebuah hotel untuk mengisi lobby nya dengan fasilitas yang mewah dan tatanan yang rapi agar tamu merasa nyaman. Melihat pentingnya lobby, berikut adalah ulasan lengkap tentang fungsi dan tips interior Lobby hotel mewah yang bisa anda jadikan inspirasi. 

Baca juga: Berbagai Gaya Kamar Hotel Mewah yang Mudah Ditiru untuk Kamar Tidur di Rumah

Apa Yang Dimaksud Dengan Lobby Hotel?

Lobby merupakan istilah yang biasa anda temukan saat berada di sebuah hotel. Kata hotel berasal dari kata hospers yang artinya orang asing yang menginap pada rumah seseorang. Kemudian kata hospes berkembang menjadi hostel dan lama kelamaan berubah menjadi hotel. Lantas apa yang dimaksud dengan lobby?

Lobby adalah istilah yang digunakan untuk menyebut sebuah ruangan yang bersifat public. Lokasi tersebut bukan hanya berada di hotel, melainkan juga digunakan untuk menyebut bagian depan dari restoran atau pusat perbelanjaan. Penggunaan kata lobby sangat umum sehingga bukan istilah khusus dalam dunia perhotelan. 

Apa Fungsi Lobby Hotel?

Lobby bukan hanya ruangan yang disediakan pihak hotel untuk menyambut tamunya. Lobby tersebut memiliki beberapa fungsi yang membuat mereka sangat penting dan perlu perhatian yang khusus. Lobby hotel juga memiliki peran sebagai pusat informasi, titik temu, dan tempat beristirahat bagi tamu yang menginap atau tamu yang datang untuk sekedar melakukan pertemuan. 

Lobby juga dianggap sebagai titik vocal hotel dan menjadi lokasi paling ramai dibandingkan dengan lorong lain. Kenyamanan sebuah lobby ditentukan oleh banyak faktor, beberapa diantaranya adalah sirkulasi dan jumlah aktivitas yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, diperlukan perhitungan yang matang mulai dari dimensi, bentuk, dan fasilitasnya. 

Fasilitas Lobby Hotel Mewah

1. Meja Tamu

Meja tamu merupakan salah satu fasilitas yang selalu ditemukan dalam sebuah lobby. Fasilitas ini memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah sebagai pelengkap sifa. Para tamu yang baru saja datang dan turun dari mobil bisa meletakkan barang barangnya sementara di atas meja tersebut. Meja yang ada di lobby juga kerap kali digunakan sebagai tempat meletakkan barang bagi tamu yang hendak pergi. 

2. Sofa Tamu

Fasilitas kedua yang biasanya berada di lobby hotel adalah sofa tamu. Fungsi mereka sama seperti meja tamu, yaitu untuk memberikan kenyamanan bagi mereka yang baru saja datang atau hendak pergi. Pemilihan sifa harus sesuai dengan meja dan desain ruangan secara keseluruhan agar lobby terlihat rapi dan terkonsep. 

3. Meja Resepsionis

Meja resepsionis termasuk barang yang selalu bisa anda temukan saat berada di sebuah hotel. Lokasinya berada di bagian depan, tepatnya berada di lobby sebuah hotel. Fungsi bagian tersebut adalah untuk menyambut tamu dan memberikan pelayanan bagi mereka yang hendak check in atau check out. 

4. Ornament Dekorasi

Fasilitas bukan hanya menyangkut barang atau furniture yang digunakan oleh tamu, namun juga termasuk ornamen dekorasi yang bisa memberikan kenyamanan secara batin melalui penampilan yang mewah dan menarik. Biasanya setiap lobby diberi dekorasi yang dapat mempercantik ruangan, misalnya bunga meja. 

Tips Interior Lobby Hotel Mewah

1. Memilih Desain Interior Yang Jelas Dan Bertema

Ketika sedang mendesain sebuah ruangan, maka anda perlu mencari desain yang jelas sebagai patokan utama. Demian inilah yang menjadi kiblat, saat anda mencari furniture yang sesuai dengan keperluan lobby. Sebagai contoh, anda mengusung tema mewah, maka carilah furniture dengan desain yang kokoh, jika perlu carilah mereka yang berbahan bludru. 

2. Memilih Produk Berbahan Eksklusif Dan Tahan Lama

Meja dan kursi yang dibuat dengan bahan eksklusif memberikan statement jika hotel yang bersangkutan merupakan hotel yang mewah. Belum tentu furniture yang desainnya unik dapat memberikan kesan yang mewah dan tegas. Memilih produk dengan bahan terabit juga akan membuat para tamu merasa nyaman. Produk pun tidak akan mudah rusak, sehingga minim penggantian. 

3. Menggunakan Lampu Gantung

Lampu gantung memiliki kesan kuat dan syarat akan kemewahan. Lobby akan terlihat lebih mahal ketika lampu gantung yang megah menyala dengan indah. Fungsi lampu tersebut bukan hanya sebagai penerangan, melainkan juga sebagai ornamen penghias. Jenis lampu hias sangat beragam sehingga sesuaikan material dan desain dengan keseluruhan tema lobby. 

Contoh Lobby Hotel Mewah

1. Hotel Tentrem Yogyakarta 

Hotel Tentrem Yogyakarta

Hotel Tentrem yang ada di Yogyakarta merupakan hotel yang memiliki konsep lobby yang mewah. Desain lobby nya cukup hangat sehingga dapat membuat setiap tamu merasa nyaman. Apalagi bagian lantai lobby didesain dengan warna coklat menyerupai kayu. Kesan eksklusif langsung terasa, apalagi ukuran bangunan hotel cukup tinggi dan megah. 

2. Hotel Intercontinental Jakarta 

Hotel Intercontinental Jakarta

Anda yang ada rencana ke Jakarta hendaknya coba datang ke lobby megah yang dimiliki oleh Hotel Intercontinental Jakarta. Lobby mereka sangat luas dengan desain yang bernuansa eropa. Lobby terlihat cantik dengan kuris yang didominasi dengan bahan bludru dan kulit. Area lobby lounge juga dilengkapi dengan karpet sehingga membuat ruangan lebih estetik. 

Hotel Intercontinental Jakarta masuk dalam daftar hotel bintang 5 yang ada di Jakarta. Tidak heran jika lobby nya terlihat megah layaknya kerajaan. Beberapa sisi dinding lobby juga terbuat dari kaca sehingga memunculkan kesan luas. Jarang ada tamu yang merasa terganggu dengan desain lobby hotel nya. Justru lokasi tersebut cukup estetik sebagai tempat foto. 

3. Renissance Uluwatu Resort & Spa

Renissance Uluwatu Resort & Spa

Renissance Uluwatu Resort & Spa masuk dalam jajaran hotel yang memiliki lobby mewah di kawasan Bali. Bagi anda yang belum tahu, resort adalah penginapan yang luas lahannya cukup besar,dan identic dengan tempat wisata tertentu. Skala resort yang lebih besar membuat penginapan ini cukup megah jika dibandingkan dengan hotel biasa. 

Desain lobby Renissance Uluwatu Resort & Spa sangat estetik karena di bagian dinding dibuat bertekstur. Design semacam, ini akan memberikan kesan futuristic. Namun atap dan lantai yang warnanya cream coklat memberikan kesan hangat. Oleh karena itu, kesna yang muncul bukanlah futuristic modern namun futuristic yang hangat dan masih bernuansa bali. 

4. Hotel Raffles Jakarta

Hotel Raffles Jakarta

Hotel Raffles Jakarta sudah sejak lama dikenal sebagai hotel bintang 5 di kawasan Jakarta. Mereka kerap kali dijadikan tempat menginap bagi pebisnis yang hendak mengembangkan usahanya di Jakarta. Desain lobby mereka cukup menarik dipadukan dengan karpet merah dan tirai tirai panjang. Desain yang terlihat estetik bukan hanya di lobby hotel, melainkan juga di lorong lorong menuju kamar. 

Anda bisa menggunakan informasi terkait dengan lobby lobby merah tadi untuk membangun hotel maupun rumah mewah modern Anda. Anda bisa menggunakan konsep yang sama untuk area bagian depan, seperti hal nya ruang tamu. Melalui desain yang matang, maka anda sebagai pemilik rumah juga akan merasa senang. Anda bisa memadukan ide dari referensi yang ada dengan ide pribadi dengan koleksi-koleksi interior yang dimiliki Saniharto.com


« back to news


Contact via Whatsapp