SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Ruang Keluarga Mewah: Fungsi, Contoh Desain, dan Tips Menciptakannya

Sebuah hunian umumnya terdiri atas ruangan ruangan dengan fungsi yang berbeda beda, termasuk ruang keluarga. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki rumah dengan ruang keluarga khusus di dalamnya. Apabila tempat anda tinggal anda mempunyai luas yang cukup, menciptakan ruang keluarga mewah dapat menjadi pilihan ideal sebab fungsinya yang sangat bermanfaat. 

Baca Juga: Mengintip Tema dan Desain Ruang Keluarga Mewah dan Nyaman

Apa yang Dimaksud Ruang Keluarga

Sesuai dengan namanya, ruang keluarga merupakan ruangan di dalam rumah yang dijadikan sebagai tempat berkumpulnya anggota keluarga. Dimana area tersebut akan mengakomodasi berbagai kegiatan penghuni rumah. Dan umumnya kegiatan yang dilakukan di sana adalah aktivitas bersantai. 

Mulai dari menonton TV, bermain game, sekadar bercengkrama dengan anggota keluarga yang lain, sampai berdiskusi mengenai suatu hal. Itulah kenapa memiliki ruang keluarga secara khusus dapat membantu menghadirkan keharmonisan dan kehangatan antar anggota keluarga. 

Apakah Fungsi dari Ruang Keluarga

A. Tempat Beristirahat

Kamar memang menjadi tempat utama untuk tidur dan beristirahat. Namun bagaimana jika anda hanya ingin sekadar berleha leha sejenak di siang hari ? Daripada seharian berada di dalam kamar, ruang keluarga mewah tentu menjadi pilihan menarik. Ruangan ini dapat menjadi tempat melepas lelah setelah beraktivitas.

B. Ruang untuk Berdiskusi

Apabila ada sesuatu hal yang ingin didiskusikan bersama dengan keluarga, maka ruangan ini adalah tempat yang paling pas. Sebab jika melakukannya di ruang tamu akan kurang nyaman apabila terinterupsi oleh adanya tamu yang datang. Jadi ruang keluarga dengan suasana hangat adalah area paling ideal untuk mengobrol, entah itu mengenai aktivitas bekerja, kegiatan di sekolah, dan lain sebagainya.

C. Area Hiburan

Televisi maupun sarana hiburan lainnya secara umum akan diletakkan di ruang keluarga. Jadi ruangan ini dapat difungsikan sebagai area hiburan untuk para penghuni rumah. Dengan suasana menyenangkan yang terbangun di sana, maka sekadar bermain ponsel pintar pun akan tetap seru dan tidak mengurangi interaksi antar anggota keluarga.

Perbedaan Ruang Keluarga dan Ruang Tamu

Tidak sedikit orang yang menganggap dapat menyatukan fungsi ruang keluarga dengan ruang tamu, karena menganggap kedua ruangan tersebut pada dasarnya sama saja. Meski demikian, namun ruang keluarga tentu berbeda dari ruang tamu. Dari segi tujuan penggunaannya bahkan sudah berbeda.

Sesuai namanya, ruang keluarga adalah area untuk keluarga. Jadi di sini berbagai aktivitas antar anggota keluarga dilakukan. Sementara ruang tamu merupakan area untuk tamu. Ruangan tersebut ditujukan untuk menerima orang lain di luar anggota keluarga yang datang ke rumah. Sehingga penggunaannya cenderung lebih formal.

Dilihat dari tujuannya tersebut, tata letak ruang keluarga mewah dengan ruang tamu pun dapat dibedakan. Idealnya, ruang tamu diposisikan tepat di balik pintu utama dalam bangunan. Alhasil ketika ada tamu yang datang maka ruangan itulah yang pertama kali akan dicapai begitu masuk rumah, kecuali anda mendesain hunian memiliki lobi atau foyer.

Sementara itu, ruang keluarga seringkali disebut sebagai heart of the house alias jantung dari rumah. Sehingga banyak orang yang membuat tata letaknya berada di tengah tengah bangunan. Posisinya yang berada di tengah membuat hanya anggota keluarga saja yang bisa masuk. Meski begitu, ada pula yang mendesain ruang keluarga di bagian belakang atau agak ke samping supaya berbatasan dengan halaman.

Design Ruang Keluarga Mewah

A. Ruang Keluarga yang Mewah dengan Desain Klasik

Ruang keluarga yang mewah  dengan desain klasik akan mengingatkan anda pada film film Eropa jaman dulu. Dimana ruangan tersebut banyak menggunakan unsur vintage untuk mempertegas gaya klasiknya. Mulai dari pemilihan sofa, penggunaan lampu gantung, lampu tempel, sampai wallpaper. Anda dapat mempertimbangkan meletakkan piano di ruangan jika perlu.

B. Ruang Keluarga yang Mewah dengan Desain Minimalis

Siapa bilang desain minimalis tidak dapat digunakan pada ruang keluarga mewah ? Gaya minimalis justru menjadi favorit bagi sebagian besar masyarakat saat ini karena terlihat sangat artistik. Anda dapat menggunakan sofa berukuran besar dengan tampilan mewah untuk membuatnya terlihat elegan. Gunakan warna warna netral untuk memperkuat kesan minimalisnya.

C. Ruang Keluarga yang Mewah dengan Desain Ala Negeri Dongeng

Jika desain klasik dan minimalis dirasa terlalu mainstream, anda bisa mencoba desain ala negeri dongeng untuk diterapkan di ruang keluarga. Desain ini akan membantu meningkatkan suasana hangat dan harmonis di ruangan tersebut. Untuk itu, anda dapat menyiapkan perabotan bertema fairy tale. Seperti lampu gantung layaknya di pesta dansa Cinderella sampai tempat lilin ala Beauty and The Beast.

Tips Membuat Ruang Keluarga Mewah

A. Buatlah Konsep pada Ruang Keluarga

Untuk menciptakan ruang keluarga yang mewah, pertama tama anda perlu membuat konsep terlebih dahulu. Yaitu dengan memiliki tema desain seperti apa yang ingin diterapkan pada ruangan. Pada pembahasan sebelumnya telah diberikan beberapa ide desain yang dapat anda jadikan sebagai pilihan. 

Selain desain tersebut, masih ada berbagai macam tema lainnya yang dapat anda jadikan sebagai pilihan. Silahkan memilihnya sesuai selera masing masing. Adanya konsep ini akan mempermudah anda dalam menata interior ruangan sampai memilih perabot. Jadi pastikan untuk melakukan langkah ini di awal.

B. Upgrade Peralatan Elektronik

Untuk menciptakan ruang keluarga mewah, anda perlu melakukan upgrade peralatan elektronik. Peralatan elektronik yang memadai dapat memperkuat kesan mewah di ruangan. Misalnya menggunakan televisi layar datar, menghadirkan DVD player, bahkan jika ada budget lebih anda dapat membuat home theater sendiri di ruangan ini.

C. Sesuaikan Interior dengan Konsep

Setelah sebelumnya menentukan konsep, kemudian anda dapat menyesuaikan interior dengan konsep tersebut. Dengan begitu, ruangan akan tampak mewah dan selaras. Misalnya anda sudah memutuskan untuk mengambil konsep ala negeri dongeng. Maka interior sebaiknya disulap dengan warna warna yang lebih hidup.

Sebab warna warna yang hidup seperti itu akan meningkatkan imajinasi. Kemudian pertimbangkan apakah ingin menggunakan wallpaper atau cat dinding biasa. Jika menggunakan wallpaper, coba pilih dengan motif yang mampu semakin memperkuat konsep desainnya.

D. Memilih Perabot Mewah dan Nyaman

Menciptakan ruang keluarga mewah tentu sekaligus harus nyaman. Oleh karena itu, anda juga patut selektif dalam memilih perabotan. Secara umum, furniture esensial yang dibutuhkan pada ruang keluarga yaitu sofa. Keberadaan sofa akan membuat anda lebih nyaman ketika beristirahat atau berkumpul bersama keluarga di ruangan ini.

Supaya dapat mengakomodasi aktivitas keluarga kecil, misalnya anda dapat menggunakan Sofa Alamba 3 seater. Ini cukup untuk ayah, ibu, dan anak untuk duduk bersama di ruang keluarga. Kemudian sebagai sarana hiburan anda bisa menghadirkan televisi. Tambahkan rak TV untuk membuat tampilan lebih mewah dan rapi. Untuk furniture lainnya dapat disesuaikan kebutuhan masing masing.

Baca Juga: Biar Cocok dengan Gaya Interior, Begini Memilih Jenis Sofa yang Sesuai

Meski banyak orang Indonesia yang menggabungkan fungsi ruang keluarga dan ruang tamu, namun memiliki ruang keluarga sendiri dapat menjadi kebanggaan tersendiri. Jadi apabila anda mempunyai cukup ruang di rumah, sebaiknya pertimbangkan mendesain ruang keluarga secara khusus. Area ini akan menjadi tempat yang nyaman dan hangat untuk berkumpul bersama keluarga tercinta.


« back to news


Contact via Whatsapp