SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Fungsi, Manfaat, dan Berbagai Tema Balkon Rumah yang Dapat Dijadikan Inspirasi

Membangun rumah di atas lahan yang terbatas, namun tetap ingin mempunyai ruang terbuka? Tidak masalah, Anda dapat menjadikan balkon sebagai solusinya. Karena balkon dapat menjadi ruangan tambahan tanpa harus menghabiskan lahan. Berikut fungsi dan manfaat balkon rumah serta beberapa tema yang bisa Anda jadikan inspirasi.

Baca Juga: Mengintip Tema dan Desain Ruang Keluarga Mewah dan Nyaman

Fungsi Balkon Rumah

Pada rumah dengan lahan terbatas, balkon dapat berfungsi untuk memperbesar ruangan di hunian. Ruangan tambahan ini umumnya berada di lantai atas sebuah bangunan, dengan penghalang beton atau besi yang mengelilinginya. Dan umumnya area tersebut ditutup dengan pagar atau tembok.

Dalam arsitektur klasik, atap balkon banyak dibuat dengan model tertutup. Jadi hanya menyisakan beberapa lubang saja untuk udara. Akan tetapi, desain modern membuat berbagai tema balkon bermunculan. Yang mana saat ini banyak orang tertarik membuat balkon yang terbuka agar sirkulasi udara di dalam ruangan menjadi lebih baik.

Bahkan balkon sekarang identik dengan ruang luar yang terbuka sebagai area tambahan yang memiliki banyak manfaat. Namun di beberapa negara, terdapat balkon yang dibuat di dalam ruangan. Misalnya di gereja gereja gotik atau dalam sebuah auditorium. Balkon di sini dibuat untuk para penyanyi yang tampil dalam sebuah perayaan atau sebagai tempat para tamu duduk.

Manfaat Balkon Rumah

Seperti yang telah disebutkan, balkon rumah mempunyai banyak manfaat. Sebagai ruangan tambahan di hunian, Anda bisa memanfaatkan area ini untuk berbagai macam hal. Apalagi saat ini balkon terbuat dari bahan yang lebih berkualitas, sehingga dapat menunjang berbagai aktivitas. Adapun manfaatnya yaitu sebagai berikut.

1. Menambahkan Kesan Mewah

Balkon bermanfaat untuk menambahkan kesan mewah pada hunian Anda. Ini berlaku pula untuk bangunan rumah yang mengusung gaya minimalis. Jadi meskipun bergaya minimalis, tidak menghalangi rumah untuk tampil mewah dan elegan. Misalnya dengan membuat balkon besi yang dipadukan dengan kawat atau kaca bening. Perpaduannya akan menciptakan kesan yang sedikit lebih mewah.

2. Mempercantik Tempat Tinggal

Jika mampu menambahkan kesan mewah, tentu balkon dapat membantu mempercantik tempat tinggal Anda. Karena balkon yang dibuat di rumah pastinya dirancang di bagian luar bangunan. Maka orang yang lewat di depan rumah kemungkinan besar melihat balkon sebagai point of view dari rumah Anda.

Sehingga semakin apik desain dan material yang digunakan pada area ini, maka akan meningkatkan estetika eksterior Anda. Di Indonesia sendiri, balkon yang populer yaitu menggunakan railing besi dan kawat. Karena kedua bahan ini kuat serta tahan terhadap cuaca ekstrem. Namun Anda juga bisa mencari bahan lain dengan karakteristik serupa untuk membuat balkon lebih cantik lagi.

3. Tempat Berkumpul

Berfungsi sebagai ruangan tambahan di hunian, balkon rumah bisa dimanfaatkan untuk tempat berkumpul bersama keluarga. Jadi tidak masalah apabila tidak memiliki ruang keluarga khusus atau halaman belakang rumah. Karena Anda bisa menghabiskan waktu bersama orang orang tercinta di area ini.

4. Tempat Bersantai

Bukan sekadar berkumpul, Anda bisa menikmati waktu bersantai dengan keluarga di area balkon. Duduk duduk di balkon pada sore hari sambil menikmati pemandangan sekitar dan ditemani angin semilir, pastinya dapat menjadi ajang penghilang penat setelah lelah beraktivitas. Terlebih jika Anda mendesain dan menata balkon sedemikian rupa, tentu akan menjadi area yang sangat nyaman untuk bersantai.

Berbagai Tema Balkon Rumah

Terdapat berbagai tema yang bisa Anda terapkan di balkon untuk membuatnya menjadi tempat yang nyaman. Dengan begitu, Anda pun bisa memanfaatkan balkon untuk berbagai kepentingan seperti yang telah disebutkan di atas. Adapun tema yang paling banyak menarik minat masyarakat yaitu seperti berikut.

1. Balkon Minimalis

Balkon minimalis adalah pilihan yang paling tepat jika Anda membangun rumah di atas lahan terbatas. Apalagi saat ini gaya minimalis memang tengah naik daun dan mempunyai banyak peminat di kalangan masyarakat. Sehingga balkon bertema minimalis akan membuat bagian rumah ini tampil senada dengan keseluruhan bangunan.

Agar bisa tampak minimalis, Anda bisa memanfaatkan benda benda yang berukuran kecil dan terbuat dari aluminium. Intinya adalah jangan terlalu banyak menghadirkan furniture untuk membuat tema balkon rumah satu ini. Selain itu cari yang warnanya netral supaya semakin menonjolkan kesan minimalisnya. Contohnya warna putih, abu abu, dan hitam yang identik dengan gaya minimalis.

2. Balkon Ala Bar

Selain desain minimalis, balkon yang memiliki luas terbatas dapat didesain dengan tema ala bar. Tema satu ini memang belum banyak diterapkan di Indonesia, namun tidak ada salahnya untuk dipertimbangkan. Karena dapat menciptakan area yang cozy meskipun hanya dengan luas yang tidak seberapa.

Konsep dasarnya yaitu membuat balkon layaknya meja bar. Untuk itu, Anda bisa memasang meja fungsional di bagian pagar balkon. Kemudian tambahkan kursi berkaki tinggi supaya semakin menggambarkan tampilan bar. Tentu area ini akan menjadi tempat yang sempurna untuk bersantap di luar ruangan sambil menikmati keindahan sekitar.

3. Balkon dengan Taman

Balkon adalah bagian dari rumah yang ideal sebagai area hijau. Ini dapat dijadikan alternatif apabila Anda tidak memiliki halaman depan atau belakang, serta kesulitan apabila membuat area hijau di dalam rumah. Terutama jika Anda tinggal di daerah perkotaan yang padat penduduk, tema balkon rumah seperti ini patut diterapkan.

Karena di daerah perkotaan yang padat penduduk, penting bagi setiap masyarakat memiliki area hijau sendiri di rumah mereka. Dengan begitu lingkungan tetap akan terasa asri, sejuk, dan tidak panas. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi orang orang yang memiliki lahan terbatas. Namun tidak perlu khawatir, karena balkon dengan taman dapat menjadi solusinya.

Anda bisa menghadirkan tanaman yang beragam, baik itu tumbuhan merambat, tanaman hias dalam pot, maupun bunga langka. Silahkan pilih sesuka hati dan sesuai selera, yang penting adalah letakkan apapun yang dapat membuat balkon Anda layaknya hutan kecil. Dengan begitu, rumah pun akan terlihat lebih asri.

4. Balkon Bertema Kayu

Sering dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga, Anda bisa mencoba menerapkan balkon bertema kayu. Karena dominasi kayu pada sebuah ruangan dapat memberikan kesan yang hangat. Sehingga balkon seperti ini sangat cocok dijadikan tempat berkumpul dan bersantai bersama orang orang tersayang.

Misalnya Anda bisa menghadirkan bangku taman, meja kayu kecil, hingga sofa kayu dengan bantalan untuk bersantai. Jika luasnya terbatas, sebaiknya pilih bangku dengan warna monokrom supaya terkesan lebih luas. Dan agar balkon rumah tambah cantik, bisa ditambahkan tempat lilin atau vas bunga di atas meja.

Meski bukan ruangan esensial, tidak ada salahnya membuat balkon. Apalagi jika Anda membangun rumah lantai 2 atau 3 di lahan yang terbatas. Balkon ini dapat berfungsi sebagai ruang tambahan yang memberikan banyak manfaat. Mulai dari mempercantik rumah sampai sebagai tempat bersantai. Dimana ada banyak tema desain yang bisa diterapkan agar balkon menjadi tempat yang nyaman.

Baca Juga: Yuk Simak Referensi Desain Teras Rumah Minimalis yang Estetik


« back to news


Contact via Whatsapp