SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Inspirasi Desain Rumah Minimalis Kekinian, Sederhana Tapi Elegan!

Desain rumah minimalis kini telah menjadi bagian dari gaya hidup modern. Lihat saja di sekeliling, bagaimana banyaknya hunian yang menerapkan gaya minimalis tersebut. Dimana konsep desain yang bisa anda gunakan ada banyak sekali. Terdapat sederet inspirasi desain sederhana tapi elegan yang bisa anda jadikan sebagai referensi. Berikut simak selengkapnya.

Baca Juga: Ciri Rumah Bergaya Eropa yang Unik dan Elegan

1. Desain Rumah Minimalis Multifungsi 

Rumah minimalis multifungsi yang memprioritaskan hal esensial banyak dicari oleh masyarakat. Dimana setiap bangunan, objek, maupun interior desain pada rumah minimalis seperti itu tidak terlepas dari fungsi intinya. Dengan mengusung gaya seperti ini, hunian yang dibangun di atas lahan terbatas pun akan tetap terasa nyaman. Misalnya seperti desain rumah berikut.

A. Rumah Minimalis Ala Keluarga Muda

Rumah Minimalis Ala Keluarga Muda

Bagi anda yang baru menikah atau untuk memiliki keluarga kecil dengan anggota tidak terlalu banyak, rumah minimalis dengan tipe 21 bahkan dapat menjadi hunian yang nyaman. Pengembang perumahan banyak menawarkan rumah dengan luas berkisar antara 3x7 meter persegi tersebut.

Dengan luas seperti itu anda masih bisa mendesainnya sesuai kebutuhan. Misalnya anda bisa mendapatkan ruang tamu, dua kamar tidur, dapur, dan toilet. Ini sudah sangat memenuhi kebutuhan keluarga kecil. Sehingga para millenials zaman sekarang banyak menjadikan desain rumah minimalis kekinian tersebut sebagai pilihan.

B. Rumah Minimalis dengan Carport

Rumah Minimalis dengan Carport

Daripada garasi, anda bisa membuat carport untuk menyimpan mobil di rumah. Carport yaitu area dengan atap yang ditopang menggunakan tiang untuk menyimpan kendaraan roda empat. Biasanya letaknya di halaman depan rumah dan tanpa penutup, sehingga membuat hunian terasa lebih lega.

Itulah kenapa rumah minimalis biasanya dibuat dengan carport bukannya garasi. Anda bisa mengaplikasikan desain seperti ini pada rumah berbagai tipe, contohnya rumah tipe 36 yang mempunyai luas 6x6 meter persegi. Rumah dengan ukuran tersebut termasuk cukup ideal untuk keluarga muda. 

C. Halaman Luas untuk Bermain Anak

Halaman Luas untuk Bermain Anak

Jika tidak ada carport, bagian depan rumah bisa disulap menjadi halaman yang luas. Desain seperti ini bagus diterapkan apabila anda memiliki anak di rumah. Karena banyak hunian minimalis di perumahan tidak menggunakan pagar, anda dapat merawat tanaman sebagai pagar hidup.

Penggunaan pagar hidup seperti itu lebih bagus untuk rumah minimalis, karena membuat hunian terasa rindang dan sejuk. Di lain sisi, fungsi pagar bisa anda dapatkan melalui tanaman tersebut. Sehingga tidak perlu terlalu khawatir ketika anak anak sedang bermain di halaman, mereka tidak akan bisa dengan mudah tiba tiba berlari ke jalan.

Baca Juga: Tips Desain Rumah Gaya Spanyol yang Klasik dan Menawan

2. Desain Rumah Minimalis Banyak Ruang

Setiap ruangan di dalam dapat mempunyai fungsi yang berbeda beda. Sehingga sangat wajar apabila anda berharap dapat menerapkan desain rumah minimalis dengan banyak ruang, supaya setiap fungsi tersebut terpenuhi. Tidak perlu khawatir, saat ini sudah ada banyak inspirasi desain yang dapat menjawab kebutuhan tersebut. Berikut beberapa di antaranya.

A. Konsep Ruang Terbuka

Konsep Ruang Terbuka

Konsep ruang terbuka bisa anda coba apabila rumah dibangun di area yang saling berdempetan. Karena tanpa ruang terbuka, dikhawatirkan hunian akan terasa gelap dan pengap. Meskipun menggunakan exhaust pada ruang yang tidak ada jendela masih bisa dijadikan sebagai alternatif, namun konsep ruang terbuka tetap merupakan solusi paling baik.

Karena ruang terbuka menawarkan sirkulasi udara yang lebih baik, pencahayaan lebih merata ke seluruh ruang, dapat dijadikan taman bersih yang tenang, dan rumah pun lebih sehat. Konsep ini sendiri bisa diterapkan di berbagai macam bentuk rumah. Mulai dari rumah minimalis 1 lantai maupun rumah 2 lantai.

B. Konsep Dapur Terpisah

Konsep Dapur Terpisah

Konsep ruang terbuka sebelumnya dapat anda kombinasikan dengan konsep dapur terpisah ini. Karena ruang terbuka yang diterapkan di rumah tidak harus selalu berupa taman. Sebab pada beberapa orang mungkin merasa sedikit repot apabila merawat tanaman. Oleh karena itu, ruang terbuka tersebut bisa diterapkan pada dapur yang diletakkan terpisah.

Dimana desain rumah minimalis kekinian berupa tren open kitchen seperti itu tengah digemari oleh banyak orang, sebagai solusi space saving. Itu karena penataan ruangan ruangan yang lain menjadi lebih rapi dan merata. Anda dapat menempatkan kamar pada seluruh sisi yang bersebelahan dengan ruang tamu atau ruang keluarga.

C. Dengan 3 Kamar Tidur

Jika anggota keluarga di rumah cukup banyak, pertimbangkan membuat 3 kamar tidur sekaligus. Namun karena yang dimiliki terbatas, maka anda harus pintar dalam melakukan pengelolaan ruangan di dalam rumah. Misalnya untuk ruangan yang memang dibutuhkan bersama, maka sebaiknya terapkan konsep sharing. Contohnya toilet, sebaiknya hadirkan cukup satu saja daripada masing masing di setiap kamar.

D. Konsep 2 Lantai

Konsep 2 Lantai

Apabila lahan yang anda miliki untuk membangun rumah luasnya terbatas, maka pilihannya adalah membangun 2 lantai guna mendapat lebih banyak ruang. Adanya lantai kedua memungkinkan anda memiliki ruang lebih. Misalnya lantai 2 digunakan untuk semua kamar tidur dan toilet. Sementara lantai 1 untuk ruang tamu, ruang keluarga, dapur, toilet, dan taman. 

3. Desain Rumah Minimalis Nuansa Natural

Untuk rumah minimalis, nuansa natural memang sangat pas. Karena nuansa natural ini dapat membawa ketentraman dan membuat rumah menjadi lebih nyaman. Bahkan hal tersebut mampu menyiasati ukuran luas hunian yang terbatas, sehingga tampak lebih asri, lega, dan lebar. Anda yang ingin menerapkan desain rumah minimalis dengan nuansa seperti itu, bisa mengikuti tips berikut.

A. Memberikan Aksen Bebatuan

Memberikan Aksen Bebatuan

Memberikan aksen bebatuan dapat membantu anda memperoleh nuansa natural di rumah. Misalnya anda bisa mengaplikasikan batu alam pada sebagian dinding dan tiang rumah. Desain seperti itu membuat kesan naturalnya sudah tampak jelas dari eksterior rumah. Selain itu, aksen bebatuan juga dapat digunakan pada beberapa ruangan seperti kamar mandi dan dapur.

B. Menambahkan Tanaman

Selain memberikan aksen bebatuan, anda juga dapat menambahkan tanaman untuk menciptakan rumah tinggal yang terkesan asri dan alami. Apalagi hadirnya tanaman di dalam rumah bisa memberikan banyak efek positif. Mulai dari memperbaiki mood, mengurangi stres dan kecemasan, mempercantik ruangan, serta membuat rumah lebih sejuk karena lebih banyak oksigen yang diproduksi.

C. Taman di Dalam Rumah

Taman di Dalam Rumah

Daripada sekadar tanaman hias di sudut ruangan, tidak ada salahnya sekalian membuat taman di dalam rumah. Desain rumah minimalis kekinian dengan taman di dalamnya seperti ini semakin digandrungi oleh masyarakat. Sebab udara sekitar menjadi lebih bersih dan hunian semakin asri, cocok diterapkan pada rumah minimalis yang luasnya terbatas.

Sehingga rumah tidak akan terasa pengap ataupun penuh sesak. Terlebih jika anda membangun rumah di area yang berdempetan dengan rumah lain. Maka menghadirkan taman kecil di dalam rumah, adalah salah satu langkah tempat membuat hidup anda dan keluarga menjadi lebih nyaman. 

Sudah menemukan desain rumah yang anda inginkan ? Memilih satu dari banyaknya desain yang ada memang membutuhkan pertimbangan matang. Silahkan pikirkan dengan cermat sesuai selera dan kebutuhan, supaya anda berhasil memperoleh rumah impian. Inspirasi di atas dapat dijadikan referensi, anda pun dapat mengkombinasikannya sesuai keinginan.


« back to news


Contact via Whatsapp