SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Ciri Rumah Bergaya Eropa yang Unik dan Elegan

Ada begitu banyak jenis gaya rumah yang bisa dipilih sesuai keinginan, salah satunya adalah gaya eropa klasik. 

Berikut beberapa ciri dan juga contoh dari bangunan rumah gaya Eropa yang bisa dijadikan referensi dekorasi rumah.

Ciri Rumah Bergaya Eropa

1. Fasad Datar

Dari depan, Anda bisa melihat rumah yang terinspirasi dari gaya Eropa. Bagian pertama adalah bagian depan rumah yang terlihat rata dan dilengkapi pagar agar tetap aman.

2. Halaman Luas dipenuhi Tanaman Hijau

Salah satu yang menjadi ciri khas rumah disana adalah memiliki luas halaman yang sangat besar dengan dilengkapi taman dengan pepohonan hijau yang bisa ditanam.

3. Menggunakan Batu Bata Merah

Rumah bergaya Eropa klasik biasanya dibiarkan begitu saja. Ketika Anda melihat rumah bata merah bergaya Eropa, Anda bisa mendapatkan kesan rumah yang sangat hangat.

4. Atap Segitiga Lancip

Eropa memiliki empat musim, sehingga tidak heran jika atap rumah bergaya Eropa berbentuk segitiga runcing yang menjulang tinggi untuk memudahkan pembersihan ketika musim salju tiba.

5. Memiliki Cerobong Asap

Ketika datang ke rumah bergaya klasik Eropa, cerobong asap sering digunakan membuang udara panas ke luar saat seseorang memanaskan ruangan.

Hal ini biasa dilakukan saat masuk musim dingin agar suhu tubuh tetap hangat dan tidak kedinginan.

6. Jendela Besar Berbentuk Persegi Panjang

Banyak rumah gaya Eropa memiliki jendela persegi panjang yang sangat lebar yang menjulang dari bagian bawah ke atas, sehingga tidak jarang ditemukan di tengah lantai bawah dan atas.

7. Desain Pintu Lebar

Pintu depan di Eropa lebarnya hampir sama dengan jendela. Memasuki rumah dengan pintu lebar membuat Anda serasa berada di dalam istana kerajaan pada masa Eropa Kuno.

8. Rumah Dengan Balkon

Ciri rumah bergaya Eropa yang tidak boleh dilewatkan adalah rumah memiliki balkon. Balkon ini biasanya terletak di lantai atas yang menghadap ke depan rumah.

9. Memiliki Desain Ornamen yang Unik

Rumah bergaya Eropa juga memiliki dekorasi unik dan rumit yang menjadi ciri khasnya. Banyak rumah bergaya Eropa memiliki tiang tinggi yang ujungnya dipahat menjadi bentuk unik.

10. Memiliki Lukisan Bergaya Eropa

Anda bisa menambahkan komponen kursi dan meja kayu klasik, tangga spiral kayu dan lampu gantung berbentuk lilin. Rumah tua khas Eropa memberikan kesan seperti istana.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Menata Kamar Agar Terlihat Indah Dan Rapi

Contoh Desain Rumah Bergaya Eropa

1. Rumah Putih Klasik

Contoh gaya desain pertama yaitu dengan menggunakan fasad datar serba putih yang dipadukan dengan kusen hitam untuk menambahkan kesan Gaya khas Eropa.

2. Rumah Gaya Eropa Sederhana

Pada jenis rumah gaya klasik sederhana ini biasanya dilengkapi dengan balkon berbagai ukuran mulai dari kecil sampai besar untuk menambahkan kesan keindahan dari rumah.

3. Rumah Fasad Batu Alam

Gaya rumah Eropa berikutnya yang bisa dijadikan referensi adalah dengan menambahkan batu alam pada bagian fasad rumah.

4. Rumah Dengan Pilar

Jika ingin rumah dengan kesan yang megah dan mewah maka bisa menambahkan pilar di bagian depan atau teras rumah sebagai ciri khas dari gaya rumah Eropa klasik.

5. Rumah Dengan Atap Kerucut

Gaya rumah ini pastinya sudah tidak asing dan banyak ditemukan di eropa. Anda bisa menambahkan elemen batu bata pada fasad untuk menonjolkan gaya Eropa klasik.

6. Desain Rumah Eropa Old World

Rumah desain Eropa gaya lama ini menampilkan desain yang kaya, pesona yang sejuk, dan fasilitas modern. Gaya eksterior yang memadukan Inggris dan Prancis dengan atap bergaris gelap.

7. Desain Rumah Eropa Modern Kontemporer

Pada desain rumah kontemporer ini tidak menonjolkan ornamen yang eye-catching dan sudah mulai memadukan antara gaya desain eropa modern dan klasik.

8. Desain European Country

Rumah pedesaan Eropa ini memiliki desain fasad yang seimbang dan megah serta tampak bagus dan atap yang curam.

Karena atapnya yang tinggi, rumah bisa memberikan tampilan yang unik.

9. Desain Rumah Eropa dengan Ornamen Unik

Desain yang satu ini sangat cocok diterapkan jika menggunakan fasad yang terbuat dari batu bata dan kemudian ditambahkan dengan ornamen berupa ukiran atau lainnya.

10. Greek Revival European House

Jenis desain rumah satu ini memiliki ciri khas berupa pilar yang megah dan besar. Selain di bagian teras dan luar ruangan, pilar ini bisa ditemukan pada bagian dalam rumah.

11. Rumah Eropa Era Gaya Victoria

Arsitektur Victorian pertama muncul pada masa pemerintahan Ratu Victoria. Rumah gaya Eropa ini dilengkapi dengan ciri batu dan kayu pada bagian interior dan juga eksteriornya.

Terdapat banyak desain rumah yang dijadikan inspirasi untuk membangun rumah dengan desain ala Eropa.

Beberapa ciri yang telah disebutkan diatas bisa dijadikan sebagai gambaran ketika membuat desain dengan gaya Eropa.

Meskipun terkesan sangat klasik, anda masih tetap bisa menambahkan berbagai ornamen yang memberikan kesan modern.


« back to news


Contact via Whatsapp