SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

6 Informasi Lengkap Kayu Mahoni, Bahan Populer Untuk Furniture

Kayu sebagai bahan konstruksi tidak pernah kehilangan popularitasnya. Kayu biasanya dibutuhkan sebagai bahan pendukung, konstruksi dan furniture. Bahan ini juga cocok dengan gaya arsitektur yang berbeda. Indonesia sendiri memiliki banyak jenis kayu yang digunakan dengan salah satunya mahoni. Berikut informasi lengkap terkait pengertian kayu mahoni.

Baca Juga: Ekonomis dan Awet,Ini 7 Karakteristik Kayu Merbau yang Berkualitas

1. Kayu Mahoni Berasal Dari

Mahoni tidak kalah populer dari kayu jati. Selain itu, memiliki diameter yang besar dan waktu panen yang relatif lebih awal. Kayu mahoni seperti namanya berasal dari pohon mahoni. Mahoni adalah jenis kayu yang banyak digunakan oleh pembuat lemari. Hal tersebut terjadi karena kayu ini dianggap berkualitas tinggi dan ekonomis seperti kayu jati. 

Kayu mahoni banyak digunakan di Indonesia khususnya di Pulau Jawa. Bahan ini biasanya diperoleh dari pohon mahoni yang berumur 15 tahun dan memiliki diameter kayu 15 cm. Dengan nama latin Swietenia mahagoni membuat Mahoni populer sebagai bahan furnitur karena waktu tanam yang awal dan harga yang murah jika dibandingkan dengan kayu jati.

Mahoni adalah salah satu jenis kayu yang paling populer untuk furniture di Indonesia. Karena pohon tunggal ini hidup di daerah tropis. Kayu mahoni tidak sekuat kayu jati. Namun kualitasnya masih bagus dan harganya murah, sehingga dianggap cocok sebagai pengganti kayu jati. Kayu mahoni sangat populer di Indonesia terutama di kawasan Pulau Jawa. 

Produk satu ini lebih populer dikenal sebagai bahan furnitur karena masa tanamnya singkat dan harganya tidak mahal. Mahoni juga lebih lembut saat disentuh daripada kayu lainnya, lebih mudah dibentuk, dan memiliki rona kemerahan. Ingin mengetahui lebih lanjut tentang ciri-ciri, kelebihan, kegunaan dan kekurangan kayu mahoni pada perabot rumah tangga.

2. Ciri Ciri dan Sifat Kayu Mahoni

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik untuk bisa mengetahui ciri dari mahoni. Jika anda ingin memberikan kesan warna yang sangat kuat terhadap kayu jenis ini maka bisa menggunakan bahan finishing yang terbuat dengan bahan water acrylic based. Dengan menggunakan bahan tersebut maka akan bisa menghasilkan tampilan alami.

Hanya dengan menggunakan water acrylic based akan membuat kayu jati mampu menampilkan wujud asli tanpa perlu tambahan sentuhan warna dari produk lainnya. Anda dapat lebih leluasa untuk menentukan tipe pilihan warna dari mahogany agar nantinya bisa menghasilkan warna tampilan yang unik dan menarik. pengaplikasian bisa dilakukan dengan pakai kuas atau disemprot.

Baca Juga: Awas Salah Pilih, Begini Ciri-Ciri Kayu Mahoni yang Bagus

3. Karakteristik Kayu Mahoni

Jika anda ingin memiliki sebuah furniture dengan bahan maoni, maka ketahui dulu ciri khas atau karakteristik yang dimilikinya. Kayu yang satu ini dikenal sebagai salah satu jenis kayu mewah yang dilengkapi dengan tekstur sedikit keras dengan pori pori kecil. Selain itu, anda juga akan menemukan seratnya yang begitu lurus sehingga membuatnya mudah diolah.

Dengan begitu maka hasil furnitur yang jadi akan memberikan kesan yang begitu estetik. Untuk jenis kayu ini, semakin lama warnanya akan semakin matang dan menarik. sehingga tanpa diberikan polesan warna atau chat, mahoni akan mampu bertahan dalam kurun waktu diatas 20 tahun dengan memberikan kesan warna merah hati yang pekat dan sangat indah.

Dengan kualitasnya yang sangat bagus dan mewah, membuatnya banyak dipilih untuk pembuatan berbagai jenis furniture mulai dari lemari, kursi dan bahkan pembuatan kerangka alat musik. Anda bisa mendapatkan produk kayu ini dengan harga yang lebih ekonomis dibandingkan kayu jati namun hasil yang diperoleh tidak memiliki perbedaan signifikan.

4. Manfaat Kayu Mahoni

Seperti yang diketahui bahwa jenis kayu mahoni ini bisa dibentuk menjadi berbagai jenis furniture seperti lemari, kursi, enda, tempat tidur dan sebagainya. Selain itu,, kayu ini juga seringkali dimanfaatkan untuk bahan dasar dari suatu kerajinan tangan seperti pembuatan pintu sampai dengan peti. Banyak yang suka menggunakan bahan satu ini untuk produk rumah tangga.

Mahoni memang dikenal sebagai salah satu kayu yang istimewa dan mampu memberikan banyak manfaat tidak heran jika produk satu ini digolongkan dalam jenis kayu mahal. Meskipun begitu, anda akan bisa mendapatkan kayu ini jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan membeli kayu jati. Bahkan kayu ini banyak digunakan di kawasan eropa dan amerika.

Tak hanya dapat dimanfaatkan sebagai furniture, anda bisa menggunakan bahan ini untuk bisa mengurangi polusi udara. Hal tersebut bisa terjadi karena kayu mahoni dapat menyerap berbagai jenis polutan di sekitarnya. Selain memberikan manfaat bagi lingkungan, buahnya juga dilengkapi dengan kandungan flavonoid dan saponin untuk melancarkan peredaran darah.

Baca Juga: Perbedaan Kayu Jati dan Mahoni yang Sebaiknya Dipahami

5. Kelebihan Kayu Mahoni

Tidak heran jika kayu ini menjadi sangat populer karena banyaknya manfaat yang bisa diberikan. Dilengkapi dengan sebuah serat yang lurus dan juga haus membuatnya terlihat sangat natural dan mewah untuk digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan furniture. Selain itu, untuk daya tahan penampang pohon mahoni juga terbilang relatif stabil.

Hal tersebut karena pohon yang satu ini tidak mudah mengalami penyusutan selama puluhan tahun. Karena itulah kayu ini menjadi salah satu kayu favorit para pengrajin. Anda bisa menemukan kandungan minyak sangat rendah sehingga membuat kayu ini dilapisi dengan cat duco tanpa membuat kayu ini menjadi kuning seperti yang terjadi pada kayu jati.

Namun anda jangan khawatir karena mahoni yang dikeringkan sepenuhnya tidak akan menguning. Keuntungan lainnya adalah karena harganya lebih murah dari kayu jati. Dengan harga murah, Anda bisa mendapatkan furniture berkualitas dan produk lainnya yang sesuai dengan kualitas kayu jati. Jadi jangan ragu untuk memilih produk mahoni untuk furniture.

Banyak jenis produk yang bisa dibuat dengan menggunakan bahan yang satu ini. Anda bisa membuat berbagai furniture rumah tangga sampai dengan kerangka gitar. Bahkan para seniman banyak yang memilih untuk memesan pembuatan gitar dengan menggunakan kayu mahoni. Hal tersebut karena harganya yang terbilang murah namun kualitas tidak murahan.

6. Kekurangan Kayu Mahoni

Pengeringan kayu mahoni membutuhkan proses yang sangat lama. Hal ini karena kayu ini kering memiliki kualitas unggul menyaingi kayu jati. Banyak proses yang diperlukan untuk menjaga kualitas kayu mahoni. Karena bahan mentah harus disimpan dengan benar dalam oven untuk waktu yang lama, bahan tersebut dicelupkan ke dalam larutan kapur barus dan diselesaikan dengan sangat presisi.

Dibalik semua kelebihan yang telah disebutkan, anda akan menemukan kekurangan dari kayu mahoni yaitu sangat mudah diserang hama sehingga akan sangat sulit menemukan pohon dengan usia yang matang. Dengan begitu maka akan membuat para petani rugi karena kayu yang dihasilkan rusak dan berlubang. Untuk itu, perhatikan area penyimpanan dari pohon ini.

Jika diperhatikan memang pohon mahoni ini memiliki keunggulan yang tidak jauh berbeda dengan pohon jati. Namun hal tersebut akan benar-benar terlihat ketika pohon mahoni sudah kering. Untuk membuatnya kering pastinya akan memakan waktu yang sangat lama dengan proses pengeringan ekstrak. Itulah yang membuat kayu mahoni lebih murah dari jati.


« back to news


Contact via Whatsapp