SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Ekonomis dan Awet,Ini 7 Karakteristik Kayu Merbau yang Berkualitas

Kayu merbau memang sudah tidak asing lagi di dunia desain interior. Bahan yang satu ini dianggap cocok digunakan sebagai material bangunan rumah, furniture, dan perabotan rumah tangga dengan kualitas yang baik. Bahkan karakteristik kayu merbau dinilai lebih awet dan terjangkau.

Asal Kayu Merbau

Sebelum mengenal lebih dekat bagaimana ciri khas dari kayu merbau, ada baiknya untuk mengenali terlebih dahulu asal dari kayu satu ini. 

Jenis kayu ini diolah dari pohon dengan jenis yang sama atau ipil. Pada dasarnya, kayu ini merupakan anggota suku Fabaceae yang banyak tumbuh subur di berbagai daerah seperti Kalimantan, Maluku, Sulawesi, dan Papua. 

Pohon yang satu ini dapat tumbuh hingga mencapai 50 meter. Selain itu, kayu merbau juga sering dikenal dengan sebutan kayu besi atau kayu ulin. 

Dengan karakteristiknya yang begitu kokoh dan keras, mampu digunakan sebagai fondasi awal konstruksi rumah ataupun pembangunan jembatan. 

Kelebihan Kayu Merbau

Ada berbagai kelebihan kayu merbau dibandingkan dengan jenis kayu lainnya, seperti:

1. Memiliki Tekstur yang Cenderung Lebih Kasar

Kayu merbau memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh kebanyakan jenis kayu kayu yang lainnya. Teksturnya yang cenderung kasar dengan serat lurus melintang, memberikan daya tarik yang unik. 

Tidak menutup kemungkinan, Anda akan menemukan jenis kayu merbau dengan tekstur yang tidak tetap atau abstrak.

2. Karakter Warna yang Kuat

Karakteristik kayu merbau memiliki corak warna kuning kecoklatan, coklat kehitaman, dan coklat kemerahan. 

Umumnya, warna-warna dari kayu merbau bisa dikatakan cenderung serupa dengan kayu jati, bahkan terkadang sekilas sangat mirip namun keduanya tetaplah berbeda. 

Hal inilah yang menyebabkan kayu merbau sering digunakan sebagai alternatif atau pengganti dari kayu jati.

Baca juga: Kenali Lebih Jauh Tentang Konsep Kontemporer Dalam Desain Interior

3. Tingkat Kekerasan yang Bagus

Alasan lain kenapa kayu ini begitu populer karena memiliki tingkat kekerasan yang kuat, sehingga kualitas tidak perlu diragukan lagi. 

Tidak heran jika cocok digunakan untuk berbagai macam keperluan, mulai dari bahan utama produksi lantai parket yang membutuhkan ketahanan luar biasa untuk menopang berat furniture ataupun orang banyak saat di pasang di dalam hunian.

4. Awet dan Tahan Lama

Salah satu alasan mengapa kayu merbau dipilih menjadi kayu berkualitas yaitu karena memiliki daya tahan tinggi dan awet untuk jangka panjang. 

Hal ini karena tingkat kekerasan kayu yang tergolong tinggi untuk jenis kayu di kelasnya. Dengan kata lain, karakteristik kayu merbau ini memiliki daya tahan yang bagus terhadap berbagai jenis kondisi cuaca apapun. 

Kelebihan lainnya yaitu jenis kayu ini juga memiliki bersifat anti jamur dan anti rayap. Dengan sifatnya yang begitu kuat, maka kayu merbau memiliki penggunaan yang lebih tahan lama. 

Apabila kayu ini diolah dengan teknik yang benar dengan pengeringan tertentu, maka potensi kerusakan jadi semakin sedikit. 

5. Harga yang Ekonomis 

Jika dibandingkan dengan kayu jati, kayu merbau memiliki harga yang lebih ekonomis. Tidak heran jika jenis kayu ini sangat cocok bagi penghuni rumah yang ingin menampilkan furniture berkelas. 

6. Tingkat Susut

Kayu ini memiliki tingkat susut yang cenderung kecil, sehingga tidak menyebabkan retak ketika digunakan material bangunan. 

Melalui proses pengeringan yang tepat, maka karakteristik kayu merbau ini memiliki kadar air yang sangat kecil dengan angka di bawah 15%, sehingga tidak akan mudah lapuk ataupun keropos.

7. Mudah Dibentuk 

Kelebihan dari sifat kayu merbau juga mudah dalam segi pengolahannya. Kayu ini mudah untuk digergaji dan diserut secara cepat dengan mesin amplas.

Setelah itu, kayu merbau akan di plitur untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. 

Baca juga: Mengenal Berbagai Macam Furniture dan Bagaimana Cara Memilihnya

Cara Memilih Kayu Merbau

Setelah mengetahui bagaimana karakteristik dari bahan yang satu ini, saatnya untuk menentukan pilihan terhadap kayu merbau. 

Anda bisa memilih produk kayu merbau dengan beberapa kriteria khusus, seperti memiliki daya tahan yang kuat, tingkat kekerasan kayu, dan juga berat kayunya.

Tidak hanya itu saja, struktur yang serasi juga menjadi salah satu karakteristik kayu merbau yang berkualitas. Serat kayu harus memiliki ciri khas yang lurus dan keras. 

Berkat adanya lingkaran kayu, hal tersebut bisa menjadi bukti bahwa pohon merbau cukup potensial untuk dibentuk dan dijadikan produk furniture.

Dengan memperhatikan beberapa aspek tersebut, maka Anda bisa mendapatkan kayu merbau yang berkualitas.

Bila Anda menginginkan custom furniture untuk hotel ataupun residential, Anda bisa menghubungi kami yang telah berpengalaman sejak tahun 1997 untuk menyediakan semua kebutuhan furniture modern dan berkelas di dalam dan luar negeri.

Lihat portofolio projek kami di sini.


« back to news


Contact via Whatsapp