SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

8 Ide Desain Rumah Klasik Modern Bernuansa Elegan dan Mewah

Selain berfungsi sebagai tempat tinggal dan melakukan berbagai aktivitas, rumah juga bisa dipersepsikan sebagai perlambangan identitas pemiliknya. 

Itulah kenapa ada banyak desain rumah yang berbeda sesuai kemauan pemiliknya. Salah satu yang populer yaitu desain rumah klasik modern. 

Ciri Rumah Desain Klasik Modern

Rumah dengan desain klasik modern banyak diminati oleh masyarakat sejak dulu sampai sekarang, meskipun desain rumah sendiri terus mengalami perubahan tren dari waktu ke waktu. 

Desain klasik modern memang mampu memberikan nuansa yang elegan dan mewah. Hingga model seperti itu tidak pernah ketinggalan zaman meski waktu berlalu.

Tidak heran apabila gaya tersebut tidak tampak termakan oleh usia dan tampak selalu menarik. Sampai saat ini, gaya desain ini pun kerap ditampilkan baik pada interior maupun eksterior rumah.

Adapun ciri khas dari rumah klasik sendiri yaitu bangunannya menggunakan pilar-pilar besar dan simetris, material bangunan tidak neko neko, mempunyai plafon tinggi, dan menggunakan jendela besar. 

Sementara, rumah dengan desain modern cenderung menonjolkan kesederhanaan dan minimalis, sehingga desain rumah klasik modern umumnya memiliki ciri keduanya. 

Rumah seperti ini mengutamakan kesederhanaan serta tidak menghilangkan garis-garis tegasnya. Warna yang digunakan umumnya yang memberikan kesan mewah, seperti putih biru, perpaduan warna emas, dan abu abu. 

Sementara di bagian interior menggunakan perabotan yang sederhana namun berkesan mewah. 

Baca juga: Mengintip Tema dan Desain Ruang Keluarga Mewah dan Nyaman

Ide Desain Model Rumah Klasik Modern

1. Gaya Eropa Klasik Modern

Desain rumah gaya Eropa klasik modern paling direkomendasikan apabila menyukai kemegahan. Karena rumah gaya Eropa umumnya memang identik dengan desain yang megah seperti sebuah kastil. 

Dengan sentuhan modern pada garis tegas yang diberikan di beberapa bagian, hunian tersebut pasti tampak sangat menarik.

2. Rumah Portugis Klasik

Jika kurang suka terhadap gaya Eropa klasik modern yang terlalu mencolok dengan kesan megahnya, rumah Portugis klasik bisa menjadi alternatif. 

Desain rumah klasik modern satu ini memang jauh lebih simpel serta tidak menampilkan banyak aksen aneh. 

Biasanya ditambahkan kusen aluminium dengan perpaduan warna gelap pada rumah untuk mempertegas kesan modern.

3. Rumah Klasik Mediterania

Rumah klasik mediterania umumnya terbagi menjadi dua, ala Italia dan ala Spanyol. 

Ciri khas dari rumah klasik mediterania ala Italia terletak pada penggunaan atapnya yang terbuat dari tanah liat. 

Warna yang digunakan rata-rata warm tone, seperti coklat dan jingga. 

Sementara mediterania ala Spanyol mengaplikasikan warna yang lebih cerah dengan desain bangunan sedikit lebih ramai.

4. American Classic Modern ‘Farmhouse’

Rumah bergaya farmhouse mempunyai berbagai keunikan karena desain bangunannya dianggap anti-mainstream

Dengan nuansa pedesaan Amerika yang kental ditambah bentuk pagar lucu, banyak orang tertarik menerapkan desain American classic modern farmhouse ini. 

Anda sendiri bisa lebih menonjolkan unsur klasiknya ataupun unsur modernnya sesuka hati sesuai selera.

5. Rumah Gaya Abad Pertengahan Modern

Desain rumah klasik modern yang tidak kalah peminat yaitu gaya abad pertengahan modern dengan menampilkan ciri khas dinding yang terbuat dari panel kayu. 

Kemudian aplikasikan warna gelap pada elemen dan kombinasikan bersama pintu kayu maple berwarna kemerahan supaya kesan abad pertengahan tidak hilang.

6. Klasik Eropa Ala Yunani

Rumah dengan gaya klasik Eropa ala Yunani identik dengan pilar penyangga besar yang biasa digunakan pada rumah rumah klasik pada umumnya. 

Selain digunakan untuk memperkuat konstruksi, pilar pilar besar tersebut bermanfaat untuk mempercantik rumah.

Ditambah dengan dua jendela besar simetris di bagian depan, rumah tersebut tampak memiliki eksterior yang begitu mewah dan megah.

Baca juga: 4 Inspirasi Tema Untuk Desain Kamar Tidur Mewah dan Elegan

7. Klasik Modern Bernuansa Putih Elegan

Putih menjadi warna yang identik pada rumah minimalis modern dan warna tersebut mampu menciptakan kesan elegan pada bangunan. 

Untuk memperkuat sentuhan klasik, biasanya rumah dengan gaya klasik modern seperti ini dibuat dengan empat pilar besar di bagian depan, sehingga nuansa elegan dan mewah justru semakin terasa. 

8. Klasik Bergaya Vintage

Pada era tahun 80 sampai 90-an, rumah klasik yang bergaya vintage terbilang cukup populer di daerah Amerika. 

Itu karena aksen tembok berbahan dasar batu alam dan perpaduan warna coklat pada hunian, membuatnya terlihat sangat unik. Anda pun bisa menerapkan desain rumah klasik modern tersebut saat ini karena keindahannya tidak dipengaruhi oleh trend.

Tertarik untuk mencoba salah satu desain rumah dengan gaya klasik modern seperti di atas? Anda bahkan bisa mengkombinasikan beberapa desain menjadi satu untuk membuat sesuatu yang unik namun tetap menarik.


« back to news


Contact via Whatsapp