SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Yuk, Kenali Perbedaan Apartemen Fully Furnished dan Unfurnished Secara Detail

Ketika membeli hunian idaman, seringkali Anda dihadapkan dengan penawaran apartemen furnished dan unfurnished. Kedua tipe apartemen tersebut memberikan perbedaan yang signifikan terhadap harga jual ataupun sewanya.

Apartemen Fully Furnished

Apartemen fully furnished atau lebih dikenal dengan apartemen dengan fasilitas lengkap. Baik itu, secara desain interior apartemen ataupun perlengkapan lainnya sudah terpenuhi semua. Mulai dari kitchen set, furniture, AC, sofa, TV, internet, kasur, dll. 

Tidak jarang, apartemen jenis yang satu ini cukup banyak dipilih. Keuntungan jenis apartemen ini juga lebih praktis karena bisa langsung ditempati.

Jika membawa banyak furniture, pengeluaran pun akan semakin meningkat karena harus membayar biaya pindahan angkut barang. 

Beruntungnya, furniture dan perabotan yang diisi di dalam apartemen fully furnished umumnya sudah dilengkapi dengan kebutuhan standar untuk tinggal di dalamnya. 

Tidak hanya pada properti apartemen saja, faktanya, saat ini perumahan sudah menawarkan unit fully furnished yang lengkap. 

Jadi, Anda hanya perlu membeli hunian yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda. Hal ini akan memudahkan anda agar cepat pindah karena ketersediaan furniture yang lengkap di dalamnya.

Apartemen Unfurnished

Berbeda dengan fully furnished, apartemen dengan klasifikasi unfurnished adalah jenis apartemen dengan yang tidak dilengkapi furniture ataupun perlengkapan apapun. 

Meskipun begitu, kelebihan dari jenis apartemen ini lebih fleksibel saat ingin mendekor ruang apartemen sesuai dengan selera dan gaya yang diinginkan.

Selain itu, Anda juga bisa membawa perabotan lama ke dalam apartemen ini. Perbedaan yang paling mendasar dari apartemen fully furnished dan unfurnished adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli perlengkapan furniture yang belum dimiliki. 

Bila Anda sudah ada, tentu tidak ada masalah bahkan cenderung lebih menguntungkan karena hanya perlu membawa semua perabotan lama ke apartemen dan juga biaya sewa ataupun beli apartemen cenderung lebih terjangkau.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Apartemen dan Hotel

Tips Memilih Apartemen Fully Furnished ataupun Unfurnished

Sebelum membeli apartemen, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam memilih apartemen untuk pemula. 

Jangan sampai salah pilih mengenali perbedaan apartemen fully furnished dan unfurnished. Berikut ini jitu sebelum menemukan hunian apartemen yang tepat. 

1. Memilih Lokasi yang Strategis dan Ideal

Sebelum memutuskan untuk memilih hunian seperti apartemen, aspek pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan letak apartemen tersebut. 

Pastikan untuk memilih lokasi strategis yang ada di kawasan bisnis, kawasan perindustrian maupun pusat pendidikan. Jangan lupa juga perhatikan aksesnya mudah atau tidak. 

2. Harga Sewa atau Beli Per Unit Apartemen

Bagi sebagian orang, tinggal di apartemen dianggap membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu,  jika Anda ingin mencari apartemen fully furnished, pastikan dahulu harga per unitnya apakah sesuai dengan anggaran yang anda miliki. 

Jika ingin lebih murah, Anda bisa mempertimbangkan apartemen unfurnished dengan catatan Anda sebaiknya sudah memiliki berbagai perlengkapan furniture atau perabotan rumah tangga seperti kasur, TV, kulkas, dsb agar biaya yang dikeluarkan bisa seminim mungkin.

3. Fasilitas Pendukung

Fasilitas pendukung di apartemen fully furnished terbilang lengkap. Mulai dari interior di dalamnya, berbagai macam perabot, dan masih banyak lagi. 

Selain itu, fasilitas pendukung lainnya juga lebih dekat dengan berbagai fasilitas publik seperti pusat perbelanjaan, lahan parkir, pusat olahraga dan masih banyak lagi. 

Semua aspek penting ini perlu Anda perhatikan bila ingin mendapatkan hunian yang terbaik. Jika tidak ingin repot, ada baiknya mencari apartemen yang lokasinya strategis dengan tempat Anda bekerja. 


« back to news


Contact via Whatsapp