SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

9 Jenis Apartemen dan Tipenya Masing-Masing

Ada begitu banyak jenis apartemen yang bisa menjadi pilihan dengan harga yang terjangkau. Apabila Anda berencana untuk tinggal di apartemen, sebaiknya Anda mengenali terlebih dahulu berbagai tipe apartemen yang biasa ditawarkan.

1. Apartemen Tipe Studio

Anda kemungkinan sudah familiar dengan tipe apartemen satu ini. Unit apartemen ini terdiri atas satu ruangan saja yang tidak mempunyai sekat, sehingga kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, sekaligus ruang kerja berada di satu ruangan besar yang umumnya memiliki luas 30 m2

Satu-satunya yang terpisah hanya kamar mandi saja. Sedangkan, bagian dapur biasanya dipisah dengan menambahkan partisi seperti meja. 

Jenis Apartemen Studio ini dinilai lebih praktis untuk ditempati seorang diri, khususnya mereka yang sedang bekerja dari luar kota.

Baca Juga:  Yuk Simak Tips Membuat Konsep Desain Apartemen Studio Estetik yang Nyaman

2. Apartemen Tipe Alcove

Jenis apartemen alcove sebenarnya masih setipe dengan apartemen studio. Hanya saja unit tipe ini memiliki half room yang dirancang dengan bentuk menyerupai huruf L. 

Tidak seperti apartemen studio yang tanpa sekat, tipe Alcove biasanya mempunyai minimal dua buah sekat ruangan.

Adanya sekat tersebut memungkinkan Anda untuk melakukan penataan ruangan yang jauh lebih baik. 

Misalnya, Anda bisa menempatkan kamar tidur di bagian tertentu supaya terpisah dengan ruangan lainnya. Selain sekat dan model ruangannya, tipe Alcove juga memiliki ruangan yang ukurannya sedikit lebih besar ketimbang tipe studio.

3. Apartemen Tipe Convertible

Lebih luas lagi, Anda bisa memilih jenis apartemen convertible. Unit ini mempunyai ukuran ruangan lebih besar dibandingkan tipe Alcove dan Studio, namun ditawarkan dengan harga yang lebih ekonomis dari apartemen tipe 1 kamar. 

Di dalamnya, Anda bisa menemukan dinding pemisah yang membuat Anda dapat menentukan fungsi masing-masing ruangan.

Bahkan, bagian atas dari dinding pemisah dapat dimanfaatkan untuk menyimpan barang barang. Biasanya partisi tersebut juga mempunyai rak-rak penyimpanan di bagian atasnya. 

4. Apartemen Tipe 1 Kamar

Apabila apartemen tipe studio, alcove, sampai convertible dinilai kurang mampu memberikan privasi karena minimnya sekat pada ruangan. 

Maka pilihan apartemen tipe 1 kamar ini . Unit tersebut cocok bagi anda yang ingin tinggal sendirian namun tetap menunjang privasi. 

Di dalamnya tersedia 1 kamar, dan beberapa ruang lain yang bisa dijadikan ruang tamu serta dapur.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Apartemen dan Hotel

5. Apartemen Tipe 2 Kamar

Bagi keluarga kecil, tipe apartemen 2 kamar adalah pilihan yang tepat. Karena unit ini umumnya terdiri atas 1 kamar tidur utama dan 1 kamar tidur untuk anak dengan ukuran lebih kecil. 

Meski begitu, ada juga apartemen tipe 2 kamar yang dirancang dengan ukuran kamar sama luasnya.

6. Apartemen Tipe 3 Kamar

Ukuran ruangannya sendiri cukup luas, di mana setiap kamar dapat memuat kasur dan lemari. Jenis apartemen yang satu ini memiliki dapur, ruang makan, dan ruang keluarga yang bisa ditempati oleh keluarga.

7. Apartemen Tipe Loft

Apartemen tipe loft juga bisa Anda temukan di kota-kota besar di Indonesia, meski kehadirannya memang masih cukup jarang. 

Unit apartemen ini mempunyai desain open plan, dengan langit-langit dan jendela yang dibuat lebih tinggi. 

Kemudian, ada tambahan lantai mezzanine yang mana bisa memanfaatkan bagian tersebut sebagai area tidur.

8. Apartemen Tipe Garden

Yang membuat jenis apartemen garden berbeda adalah pada bagian taman atau kebun, sesuai dengan namanya. 

Jadi, ketika memilih unit apartemen tipe garden, ada dua kemungkinan yang akan diperoleh, yakni apartemen yang dilengkapi dengan taman pribadi atau apartemen yang menghadap ke arah kebun.

Baca juga: Rekomendasi Interior Apartemen Mewah yang Elegan

9. Tipe Classic Six

Jenis apartemen tipe classic six sangat populer di Amerika dan Eropa, meski di Indonesia sendiri sepertinya sangat jarang ditemukan. 

Biasanya apartemen tipe ini menggunakan bangunan tua yang fondasi dan arsitekturnya masih kokoh. 

Di dalamnya terdapat 3 kamar dengan ukuran yang luas, dan dapur yang juga besar. Bahkan ukuran ruangan dari apartemen tipe classic six relatif lebih luas bila dibandingkan dengan unit lainnya dengan jumlah kamar tidur sama. 

Sehingga, jenis ini tentu mampu menawarkan keleluasaan bagi para penghuninya. Cocok bagi Anda yang tinggal bersama keluarga atau yang ingin tinggal dengan teman dalam satu atap yang sama.

Itulah berbagai tipe jenis apartemen yang bisa ditemui saat ini. Anda bisa memilih tipe apartemen berdasarkan kebutuhan dan budget yang dimiliki.


« back to news


Contact via Whatsapp