SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Mengenal 7 Ciri-Ciri Kayu Pinus yang Membuatnya Spesial

Sebenarnya selain kayu jati, ada banyak jenis kayu yang juga bisa difungsikan untuk membuat furniture seperti kayu pinus misalnya. 

Terdapat dua jenis yang menjadi kayu pinus yaitu pinus merkusii dan pinus radiata. 

Jenis yang pertama yakni pinus radiata, biasanya akan ditemukan di daerah Amerika Serikat, Spanyol Utara, dan juga Chili. 

Ciri kayu pinus radiata memiliki warna putih, kuning atau kecoklatan. Selain itu jenis kayu ini juga memiliki simpul yang melimpah pada kayunya. 

Yang kedua yaitu jenis pinus merkusii yang memiliki diameter hingga 1 meter dengan tinggi 25 sampai 45 meter. 

Seratnya lurus juga sama rata, jenis ini banyak ditemukan di Indonesia terutama di daerah Pulau Sumatera. 

Nah, bagi Anda yang ingin membangun rumah ataupun membuat furniture dengan kayu pinus, sebaiknya mengetahui ciri-ciri kayu pinus unggulan agar tidak salah pilih.

1. Kayu Pinus Memiliki Warna yang Lebih Terang

Kayu pinus biasanya mudah dikenali karena memiliki warna krem, sehingga terlihat lebih terang dibandingkan jenis kayu lainnya yang cenderung berwarna gelap seperti kecokelatan dan juga cenderung merah. 

2. Teksturnya Kayunya Lebih Padat dan Terlihat Jelas

Bisa dikatakan jika kayu pinus termasuk kayu terbaik dalam hal teksturnya. Tekstur kayunya terlihat begitu jelas sekalipun masih berupa papan kayu. 

Berbeda dengan jenis lainnya yang harus masuk dalam proses amplas agar teksturnya terlihat. Ciri khas kayu pinus ini membuatnya sangat mudah dikenali dan juga menjadi lebih istimewa.

Baca juga: Mengenal Berbagai Macam Furniture dan Bagaimana Cara Memilihnya

3. Kayu Pinus Lebih Ringan dan Lunak

Banyak yang menjadikan kayu pinus sebagai pilihan sebagai bahan untuk membuat furniture sifatnya yang lunak sehingga mudah dibentuk. Selain itu, kayu pinus juga lebih ringan dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. 

4. Memiliki Corak Alami yang Unik

Dalam bentuk gelondongan, mata pada kayu sebenarnya sudah akan terlihat. Motif pada matanya ini justru menjadi keunikan tersendiri bila sudah selesai membuat furniture. 

5. Memiliki Kualitas yang Baik

Kayu pinus memiliki daya tahan yang kuat, sehingga sangat awet bila digunakan untuk jangka panjang. 

Biasanya, jenis kayu ini bisa dijadikan perabotan rumah tangga mulai dari meja, kursi, lemari, ataupun yang lainnya.

Mebel yang terbuat dari kayu pinus bisa bertahan lama dan juga memiliki antishock. Ketika terjadi benturan kerusakan bisa diminimalisir, sehingga produk tidak mudah rusak. 

6. Harga Lebih Terjangkau

Dengan keunggulan dan kualitasnya, kayu pinus termasuk jenis kayu berkualitas dengan harga yang relatif terjangkau. 

Selain itu, pohon pinus juga bisa tumbuh lebih cepat dibandingkan jenis pohon lainnya. Harga satu kayu gelondong kayu pinus sekitar Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta per meter kubik. Lebih murah dibandingkan dengan kayu jati.

7. Mudah Diproses

Tanpa harus melakukan proses yang banyak, serat dalam pinus bisa akan langsung terlihat. Belum lagi kayu pinus yang lunak akan membuatnya semakin mudah dibentuk. 

Bobotnya yang ringan juga akan memudahkan dalam pemindahan barang. Para pengrajin tidak membutuhkan waktu yang lama untuk proses, bahkan finishingnya juga lebih cepat.

Baca juga: Mengenal Berbagai Jenis Lemari Pakaian

Tips Memilih Kayu Pinus untuk Furniture

Jika Anda berniat untuk menggunakan kayu pinus sebagai bahan untuk membuat perabotan, maka Anda harus memilih kayu yang kualitas tinggi. 

Anda bisa melihat dari karakteristiknya, mulai dari tekstur kayu pinus sampai dengan jenis kayu pinus yang akan digunakan.

Jangan terlalu melihat dari segi warnanya, karena biasanya warna kayu pinus bisa berbeda tergantung dari lokasi tumbuhnya pohon pinus.

Indikator yang lebih kuat yaitu dengan melihat serat kayu yang dimilikinya apakah lurus atau tidak. Jika lurus, maka kayu pinus tersebut bagus untuk dijadikan bahan dasar pembuatan produk furniture.

Untuk kepadatan kayu, akan ditempatkan diantara 500 kg setiap meter kubik dengan kelembaban 12%. Perkiraan kepadatan kayu tersebut menjadi salah satu ciri kayu pinus yang berkualitas tinggi. 

Walaupun termasuk dalam kategori lunak, tetapi ada juga jenis kayu pinus yang sedikit keras yaitu jenis kayu pinus oregon. 

Kayu pinus di Indonesia sendiri memang mudah untuk ditemukan dan bila dijadikan sebagai furniture memiliki nilai estetika tersendiri dari corak alaminya.

Apabila Anda sedang mencari produk furniture yang terbuat dari bahan kualitas premium, Saniharto dapat membantu Anda mewujudkannya. 

Kami memiliki berbagai jenis produk high end furniture yang bisa digunakan untuk melengkapi kamar tidur, ruang keluarga, ruang makan untuk hunian apartemen, rumah, ataupun hotel Anda.

Yuk, lihat semua koleksi produk furniture dari brand ternama yang kami hadirkan khusus untuk para pelanggan kami. 


« back to news


Contact via Whatsapp