SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Mengenal Jenis Jenis Bed di Hotel dan Ukurannya, Jangan Sampai Salah Pesan!

Ketika menginap di hotel, biasanya tersedia berbagai tipe kamar yang dapat dipilih oleh tamu. Di mana tiap tipe kamar tersebut umumnya punya pelayanan yang berbeda sampai jenis kasur yang berbeda. 

Pada kesempatan kali kita akan mencoba menjelaskan jenis-jenis bed di hotel dan ukurannya, perhatikan agar Anda tidak salah pilih saat menginap dan mendapat sesuai kebutuhan.

1. Ukuran Single Bed 

Bagi Anda yang traveling dan menginap di hotel seorang diri, bisa memilih jenis kasur single bed. Sebab, single bed mempunyai ukuran yang memang didesain untuk satu orang. 

Di Indonesia sendiri, single bed biasanya memiliki ukuran sekitar 100x200 cm atau 90x200 cm, namun bisa juga lebih besar. 

Dalam prakteknya, biasanya kasur ini dipilih untuk anak usia SD sampai SMA. Meski juga tidak menutup kemungkinan digunakan sebagai tempat tidur untuk orang dewasa. 

Pada dasarnya, ukuran kasur 100x200 cm sekalipun akan terasa sempit saat diisi 2 orang, sehingga jika sedang bepergian berdua sebaiknya pesan 2 kamar atau pilih kamar yang menyediakan 2 single bed.

Secara umum, penginapan atau hotel yang menawarkan single bed ini direkomendasikan untuk backpacker yang bepergian seorang diri lantaran harganya lebih terjangkau. 

Selain itu aktivitas yang banyak membuat seorang backpacker jarang berada di kamar sehingga memilih kamar yang kecil dan murah menjadi pilihan. 

Baca Juga: 4 Inspirasi Tema Untuk Desain Kamar Tidur Mewah dan Elegan

2. Ukuran Twin Bed 

Jenis bed di hotel berikutnya yang sering dipesan oleh orang adalah twin bed room. Jenis ini sangat direkomendasikan untuk 2 rekan kerja yang sedang dinas bersama atau 2 teman yang sedang berlibur dan ingin beristirahat setelah puas berkeliling tempat wisata. 

Twin bed sendiri sebenarnya mempunyai ukuran kasur yang sama dengan single bed. Hanya saja jumlahnya ada 2, sehingga bisa dibilang bahwa twin bed ini adalah 2 buah single bed terpisah. 

Jadi satu kasur twin bed masing-masing tetap memiliki ukuran antara 90x200 cm atau 100x200 cm, yang hanya bisa digunakan untuk satu orang. 

Namun, Karena di dalam kamar terdapat 2 buah kasur, maka fasilitas di kamar hotel tersebut juga biasanya mengalami peningkatan dibanding yang single bed yang mana secara tak langsung harganya pun menjadi lebih mahal.

3. Ukuran Double Bed 

Banyak orang yang sering salah kaprah antara twin bed dan double bed. Di mana ada saja para tamu yang menyangka bahwa double bed artinya kasur di dalam kamar ada 2.

Padahal yang benar adalah jika twin bed adalah 2 buah kasur single terpisah dalam satu ruangan, sementara double bed ini artinya hanya ada 1 buah kasur di dalam ruangan.

Ukuran double bed sendiri sedikit lebih besar bila dibandingkan dengan single bed. Adapun ukuran dari double bed biasanya adalah 120x200 cm. 

Jenis double bed ini sendiri umumnya memang direkomendasikan tamu yang menginginkan sebuah kasur untuk dua orang namun tidak terlalu besar. Semisal untuk sepasang suami istri atau orangtua dan seorang anak.

4. Ukuran King Size 

Bagi keluarga atau pasangan yang ingin merasakan tidur lebih lega selama liburan, disarankan untuk memilih ukuran king size

Jenis kasur king size mempunyai ukuran sekitar 180x200 cm dan biasanya digunakan di suite room. Tentunya fasilitas kamar hotel dengan kasur king size biasanya sudah sangat mumpuni. 

5. Ukuran Super King Size 

Super king size adalah jenis kasur dengan ukuran paling besar yang biasanya ditawarkan oleh pihak hotel.

Dengan ukuran bed king size yang sekitar 200 x 200 cm, tentunya sudah dapat menunjang kebutuhan dan kualitas tidur menjadi lebih baik. 

Di hotel, biasanya super king size digunakan pada kamar yang bertipe family room karena memang bisa digunakan hingga 4 orang. 

Meski begitu, jenis bed di hotel dan ukurannya ini bisa juga di pesan untuk seorang diri apabila Anda ingin merasakan sensasi tidur layaknya raja.

6. Ukuran Ekstra Bed 

Selain jenis kasur di atas, di hotel ada juga yang namanya Ekstra bed. Sesuai dengan namanya, ekstra bed adalah kasur tambahan yang bisa dipesan jika kasur yang ada di kamar dianggap masih kurang. 

Kamar yang menyediakan ekstra bed direkomendasikan untuk tamu hotel yang memang datang bersama teman atau keluarga. Keuntungan dari ekstra bed adalah biaya yang lebih terjangkau dibanding harus memesan kamar yang baru.

Sebagai contoh saat Anda datang bersama dengan istri dan tiga anak. Ukuran king size tentu akan terasa sempit, namun jika harus upgrade kamar atau memesan satu kamar lagi tentu akan memakan biaya yang besar. Di sinilah ekstra bed bisa jadi solusi agar tetap bisa tidur dengan nyaman. 

Umumnya, Ukuran ekstra bed hampir sama dengan kasur tunggal. Perbedaanya adalah pada ekstra bed Anda hanya akan mendapat bed saja tanpa ada ranjang bagian bawah atau dengan kata lain tidur di bawah.

7. Ukuran Baby Cot 

Bagi pasangan suami istri yang mempunyai bayi, namun merasa tempat tidur yang disediakan terlalu sempit mungkin baby cot ini bisa menjadi solusi. 

Baby cot merupakan keranjang bayi yang mampu mencegah si kecil jatuh dari tempat tidur. Khususnya untuk bayi yang sedang aktif aktifnya. Namun, sayangnya tidak semua hotel yang menyediakan fasilitas ini. Jadi sebaiknya tanya terlebih dahulu saat memesan.

Itulah beberapa jenis kasur yang umumnya ada di hotel. Masing masing mempunyai ukuran yang berbeda antara satu sama lain, sehingga pastikan Anda tidak salah memilih lagi terutama saat harus memutuskan twin bed atau double bed.  


« back to news


Contact via Whatsapp