SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Inspirasi Desain Garasi Mobil Mewah dengan Gaya Estetik

Punya Mobil mewah tidak lengkap rasanya jika tidak memperhatikan desain garasi mobil pada hunian. Jadikan kendaraan Anda lebih bergaya dan menjadikan mobil sebagai pajangan yang indah dengan membangun garasi mewah yang terlihat rapi dan bergaya.

Memiliki Garasi tidak harus hanya berupa ruangan di depan rumah yang bisa ditutup dengan pintu geser atau angkat. Anda bisa membuat model garasi mobil mewah yang mengutamakan fungsi dan menjadikan seluruh area rumah terlihat lebih bersih dan nyaman. Ingin tau lebih lanjut? Simak tips inspirasi desain garasi mobil mewah berikut ini.

Garasi Mobil Menyatu atau Terpisah dengan Rumah

Garasi bisa diartikan sebagai tempat yang perlu dipersiapkan sebelum memiliki kendaraan pribadi. Jangan sampai anda menggunakan akses jalanan umum untuk memarkir kendaraan. Hal tersebut pastinya akan merugikan kepentingan banyak pengguna jalan. Oleh karena itu, keberadaan lahan yang digunakan untuk garasi ini sangat penting untuk dipertimbangkan.

Bahkan sebelum menyiapkan garasi, Anda harus mempertimbangkan beberapa poin agar tidak salah langkah. Jangan sampai penggunaan garasi menjadi tidak nyaman, atau masuk ke dalam mobil menjadi sulit karena letaknya yang kurang tepat. Beberapa adalah tips membangun garasi yang bisa teman-teman pelajari sebelum membangun garasi.

Tips pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan menetapkan ingin membuat garasi yang menyatu dengan rumah ataupun terpisah. Jika anda memiliki lahan yang sesuai untuk bisa membuat garasi yang menyatu dengan rumah maka bisa memilih opsi ini. Namun jika tidak, maka anda bisa memilih garasi terpisah untuk bisa lebih menyesuaikan dengan luas lahan yang dibutuhkan dalam membuat garasi.

Akses Garasi Mobil dari dan ke Jalan Utama

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan yaitu berkaitan dengan akses garasi menuju jalan utama. Pastikan keberadaan garasi ini tidak mengganggu tampilan atau aktivitas yang dilakukan di rumah. Itulah mengapa lokasi garasi menjadi salah satu bagian terpenting yang perlu diperhatikan agar tidak mengganggu tampilan estetika dari rumah dan menghalangi akses jalan utama.

Lokasi Ideal Garasi Mobil

Penempatan lokasi ini akan menjadi salah satu poin penentu kesuksesan dalam membuat garasi mobil mewah. Jika Anda memberikan lokasi yang salah, maka akan terjadi hal-hal yang tidak menyenangkan, misalnya mobil sulit masuk atau rumah terlihat sempit. Oleh sebab itu, anda harus bisa menciptakan garasi yang meski dengan modifikasi kecil bisa terlihat lebih luas.

Tempat yang baik untuk garasi yaitu di mana terdapat sedikit ruang untuk ventilasi garasi. Tujuannya pasti guna sirkulasi udara bisa berjalan dengan lancar dan garasi tidak mudah lembab. Selain itu, garasi dibuat setinggi mungkin di atas jalan raya sehingga tidak ada genangan air saat sedang mencuci mobilnya dan bahkan saat menaruhnya di garasi.

Ukuran Garasi Mobil yang Ideal

Setelah mendapatkan lokasi tempat yang cocok, saatnya mulai menghitung luasnya apakah cukup untuk meletakkan mobil. Hal tersebut karena lokasinya yang bagus, terkadang dibatasi oleh ukuran plot. Jika tanahnya tidak cukup, teman-teman bisa memikirkan tempat lain yang memungkinkan untuk menyesuaikan dengan ukuran dari kendaraan pribadi.

Luas rata-rata garasi dengan ukuran kecil yaitu berada di 2,4 x 4,8 meter persegi. Sedangkan mobil yang berukuran cukup besar membutuhkan lahan rata-rata 3 x 6 meter persegi. Jika rumah teman tergolong cottage dengan lahan terbatas maka bisa untuk memilih membangun garasi model terbuka atau dengan bergabung pada aula dan tanpa pagar.

Garasi Mobil Multifungsi

Selain digunakan untuk mengamankan kendaraan, anda juga bisa menciptakan garasi yang multi fungsi. Salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu dengan menjadikan garasi mobil ini sebagai tempat untuk servis motor pribadi. anda bisa menambahkan beberapa aksesoris untuk meletakkan berbagai perkakas yang dibutuhkan untuk servis kendaraan yang lebih nyaman.

Baca Juga: Inspirasi Ruang Keluarga Minimalis Untuk Tampil Kekinian Dan Tetap Maksimal

Aspek Estetis Garasi Mewah

Membuat garasi dengan desain terbuka bukanlah ide bagus. Idealnya, setiap garasi memiliki atap untuk bisa melindungi kendaraan dari terik matahari dan hujan. Selain itu, kendaraan yang sering terkena panas atau hujan umumnya akan bisa merusak warna cat mobil. Dengan begitu anda harus sering melakukan servis kendaraan untuk pemulihan warna mobil.

Untuk menambah aspek estetisnya, anda bisa mulai mencari informasi dan bertanya tentang pembuatan dan pemilihan bahan atap yang cocok untuk digunakan bersama dengan ahlinya. Bentuk atap ply paling bagus tapi harganya juga terbilang kurang ramah kantong. Sebagai alternatifnya, anda bisa memilih jenis UPVC, Spandek, Galvalum atau Polycarbonate.

Material yang disebutkan diatas memiliki harga yang lebih terjangkau namun tetap bisa memberikan kesan garasi mobil mewah. Pemilihan material lantai untuk garasi tidak bisa sembarangan. Lantai tidak boleh licin karena ban mobil bisa terpeleset. Gunakan lantai berbahan granit atau lantai dengan pori-pori kecil. Lantai granit lebih disukai karena mudah dibersihkan dan tidak mudah kotor.

Desain Garasi

Banyak yang mengira bahwa membuat garasi sama dengan proses membuat rumah. Hal yang perlu disesuaikan hanyalah desainnya agar terlihat lebih menyatu. Jika Anda ingin membangun garasi yang bagus, lakukan proses terbaik untuk membangun garasi yang sesuai dengan desain seluruh rumah agar bisa mengeluarkan kesan yang mewah dan elegan.

Desain yang akan digunakan perlu dicocokkan mulai dari pemilihan warnanya, pencahayaan garasi, hingga atap yang digunakan. Selain itu, bentuk garasi serta elemen lainnya perlu dimodifikasi dan disesuaikan dengan desain dekorasi rumah. Anda bisa mempertimbangkannya dengan mengumpulkan referensi dari internet dan menggabungkannya dengan desain rumah.

Pilih Model Pintu

Pemilihan material dan desain pintu pagar yang baik tentu akan menambah daya tarik garasi. Anda dapat memilih dari berbagai bahan pintu termasuk kayu, baja, aluminium dan komposit. Model pintu yang bisa dipilih adalah pintu kereta atau geser, pintu modern, dan pintu standar. Pintu geser memberi garasi Anda tampilan klasik dan alami yang lebih kuat.

Dekorasi Garasi

Langkah terakhir yang bisa dilakukan untuk bisa menciptakan garasi yang mewah yaitu dengan memperhatikan dekorasi dengan menambahkan ornamen yang menarik. meskipun fungsi utama dari garasi ini untuk menyimpan kendaraan, namun anda tetap perlu memperhatikan dan menambahkan aksesoris tambahan untuk memberi kesan ruangan yang bersih dan rapi.

Aksesoris yang dibutuhkan yaitu dengan menambahkan lampu LED agar garasi terlihat lebih luas dan memudahkan parkir kendaraan. Selanjutnya tambahkan gantungan atau rak yang dapat digunakan untuk meletakkan alat pembersih yang diperlukan di garasi seperti perkakas dan lainnya. Anda juga perlu penambahan peralatan yang berkaitan dengan keamanan.

Salah satunya yaitu dengan meletakkan CCTV atau sistem alarm pintu yang bisa terhubung ke dalam rumah. Membangun garasi mobil mewah memang membutuhkan usaha dan pertimbangan yang ketat. Tujuannya adalah untuk bisa menciptakan kenyamanan dan keamanan untuk kendaraan yang digunakan sebagai mobilitas aktivitas sehari hari.

Melengkapi Dengan Furniture Pendukung

Pengaturan garasi mewah memerlukan kombinasi dari fungsi dan gaya untuk menciptakan ruang yang praktis dan estetis menarik. Beberapa pilihan yang perlu dipertimbangkan saat menata garasi mewah meliputi:

  • Lemari dan penyimpanan berkualitas tinggi: Ini dapat disesuaikan untuk sesuai dengan kebutuhan garasi dan dapat mencakup fitur seperti rak yang dapat ditarik keluar, cahaya yang terpasang, dan mekanisme kunci untuk keamanan tambahan.
  • Kursi dan Sofa Mewah: Dapat digunakan sebagai tempat menunggu atau bersantai.
  • Lantai berkualitas tinggi: Material yang tahan lama dan mudah dibersihkan seperti epoxy atau beton polos dapat menambah tampilan yang halus dan modern pada garasi.
  • Kontrol iklim: Sistem kontrol iklim seperti AC atau pendingin dapat membantu untuk menjaga kenyamanan garasi sepanjang tahun dan juga membantu melindungi kendaraan yang disimpan di dalam dari kerusakan yang disebabkan oleh suhu.
  • Pencahayaan: Pencahayaan berkualitas tinggi dapat memberikan cahaya yang tepat untuk bekerja pada kendaraan atau untuk menampilkan koleksi mobil mewah.
  • Automotive lifts: Automotive lifts dapat diinstal untuk memudahkan perawatan dan perbaikan kendaraan.
  • Hiburan: Sistem suara, TV, atau konsol game dapat menyediakan ruang untuk beristirahat dan menikmati waktu di garasi.
  • Detailing mobil: Peralatan detailing profesional seperti pressure washer, mesin cuci mobil, dan stasiun detailing dapat ditambahkan untuk menjaga kondisi kendaraan tetap optimal.

Pada dasarnya, tujuan dari pengaturan garasi mewah adalah untuk menciptakan ruang yang fungsional dan estetis menarik, sambil juga mencerminkan gaya dan selera pemilik.

Fungsi pembuatan garasi memang ditujukan untuk bisa memarkir kendaraan secara lebih aman dan nyaman. Namun saat ini, fungsi garasi tidak hanya digunakan untuk kendaraan saja tetapi dapat digunakan sebagai tempat berkumpul, seperti nonton bersama, party bersama orang-orang terdekat, dan aktivitas bersama lainnya. Sehingga, pemilihan dan penempatan furniture yang tepat sangat diperlukan.

Untuk bisa menambahkan kesan kemewahan, anda bisa menambahkannya dengan menggunakan beberapa aksesoris tambahan dan juga desain ruangan yang elegan. Gunakan tips di atas untuk mendapatkan desain garasi yang terbaik dan konsultasikan kebutuhan Anda dalam mewujudkan impian memiliki rumah mewah yang terkonsep dengan baik melalui furniture maupun desain interior bersama Saniharto.


« back to news


Contact via Whatsapp