SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Headboard : Simak Ulasan Lebih Dalam

Memiliki kamar yang estetik merupakan impian semua orang, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat tampilan kamar lebih menarik adalah menambahkan headboard. Jenis bahan yang bisa digunakan sebagai headboard sangat beragam. Desiannya pun bisa Anda sesuaikan dengan desain ruangan. Berbicara soal headboard, yuk simak apa headboard disini!

Baca Juga: Ide Dekorasi Kamar Minimalis Berikut Bikin Kamar Kamu Makin Cantik, Yuk Lihat Tipsnya

Apa Itu Headboard

Headboard merupakan bahan yang bisa Anda gunakan untuk memberikan nilai estetika pada sebuah rumah. Letaknya berada di bagian belakang tempat tidur. Bagian tersebut tetap terpasang menjadi satu dengan tempat tidur, lebih tepatnya di bagian kepala. Di indonesia, headboard lebih sering dikenal dengan nama sandaran Kasur. 

Secara fungsional, sandaran Kasur dapat memberikan kesan mewah. Ada baiknya jika Anda memilih model yang estetis sehingga keberadaannya dapat meningkatkan tampilan kamar. Dari sekian banyaknya design, maka tipe yang sederhana atau mi imalsi masih menjadi andalan. Kendati demikian, Anda bisa pilih yang sesuai dengan kebutuhan kamar. 

Rasanya tidak banyak orang yang sadar jika headboard dapat membuat tidur menjadi nyaman. Mengapa demikian? Karen abgain tersebut dapat Anda manfaatkan sebagai tempat sandaran duduk ketika berada di Kasur. Bagian kepala Anda tidak akan terantuk tembok secara langsung. Apalagi bahan yang digunakan sebagai headboard umumnya cukup empuk. 

Manfaat Headboard

1. Sebagai Proteksi Tembok

Salah satu manfaat dengan menggunakan headboard adalah untuk memproteksi tembok. Umumnya, tembok yang menempel dengan tempat tidur lebih rawna lembab karena bersinggungan langsung dengan kain. Tentu akan merepotkan jika Anda harus menjemur Kasur setiap hari. Namun jika hal ini tidak dilakukan, maka tembok rentan terkena jamur. 

2. Menjadi Sandaran Saat Duduk Di Kasur

Manfaat lain yang dimiliki oleh headboard adalah sebagai sandaran saat Anda sedang duduk di atas kasur. Umumnya, Anda akan merasa terganggu dengan kerasnya tembok yang langsung bersinggungan dengan kelapa dan punggung. Namun dengan adanya headboard, maka Anda bisa langsung duduk dengan nyaman karena ada sandaran yang lembut. 

3. Menjadi Penahan Bantal

Ketika Anda sedang tidur, tentu tidak nyaman jika bantal tiba tiba jatuh. Dengan adanya headboard, maka insiden jatuhnya bantal dapat diminimalisir. Banyak tidak akan jatuh ke kolong kasur sehingga tidak kaan kotor. Namun sebelum itu, pastikan jika headboard dipasang menempel dengan kasur agar tidak ada celah diantara keduanya. 

4. Membuat Suhu Ruangan Lebih 

Menggunakan sandaran kepala akan membuat Anda lebih nyaman saat tidur karena tidak terganggu dengan suhu yang terlalu dingin di malam hari. Hal semacam ini terjadi karena headboard akan membuat kasur memiliki jarak dengan tembok. Alasan tersebut akan membuat suhu tempat Anda berbaring lebih stabil dan tidak terpengaruh langsung dengan suhu lingkungan. 

Keberadaan sandarac kasur akan lebih terasa manfaatnya, saat Anda menggunakan air conditioner. AC kerap kali menjadi sangat dingin di malam hari, sehingga menyebabkan lantai dan tembok menjadi seperti es. Kasur yang tidak memiliki sandaran akan langsung mengalami kontak dengan tembok. Kondisi tersebut akan membuat kasur menjadi dingin dan Anda rentan mengalami masuk angin.

 

Baca Juga: Yuk Simak Tips Terbaik untuk Dekor Kamar Tidur Lebih Nyaman

Jenis-Jenis Headboard

1. Headboard Kulit

Headboard Kulit

Bahan pertama yang bisa Anda gunakan untuk membuat sandaran kasur adalah bahan kulit. Hanan tersebut dapat memberikan kesan mahal dan eksklusif pada tampilan kamar. Keberadaannya seolah menjadi simbol kenyamanan dan kehangatan. Pilihan warna kulit yang sering dipakai adalah coklat, cream, abu abu, dan hitam. 

2. Headboard Kayu

Headboard Kayu

Bahan kedua yang tidak kalah populer sebagai sandaran kasur adalah kayu. Bahan tersebut banyak dipilih karena memberikan kesan hangat di dalam kamar. Warnanya yang coklat juga mudah dipadukan dengan berbagai desain kamar sehingga bukan menjadi masalah yang besar. Hanya saja, Anda harus mencari kayu yang awet dan tidak mudah keropos. 

3. Headboard Upholstered

Headboard Upholstered

Dibandingkan dengan material yang lain, mungkin upholstered adalah yang paling jarang Anda dengar. Sandaran yang menggunakan bahan upholstered artinya adalah terbuat dari material berlapis kain. Kebanyakan sandaran kasur terbuat dari bahan tersebut karena lebih terjangkau dan memiliki pilihan warna atau corak yang beragam. 

Contoh Design Headboard

1. KAMU Bed 

Kamu bed merupakan produk sandaran kasur yang desainnya netra berwarna putih. Deian ini cocok untuk Anda yang ingin tampilan kamar terlihat minimalis dan elegan. Material yang digunakan adalah kain sehingga sandaran terasa empuk. Bagian tepinya terbuat dari besi sehingga terlihat kokoh dan tidak mudah rusak. 

2. CINTA Bed

Headboard kedua yang tidak kalah menarik untuk Anda miliki adalah Cinta Bed yang satu ini bukan sekedar sandaran kasur biasa, karena bagian tiangnya terkoneksi dengan sisi sisi kasur. Setiap kali dari kasur memiliki besar yang memanjang ke atas sehingga terbentuk frame. Tipe kasur seperti ini cocok bagi Anda yang kamarnya berdesain minimalis namun tidak ingin terlihat membosankan. 

3. KHATA Bed

Sandaran kasur yang tidak kalah menarik adalah Khatna. Produk yang satu ini memiliki tepian yang terbuat dari kayu sehingga terlihat kokoh dan mewah. Bagian belakangnya pun demikian, sehingga produk bisa terpasang dengan kokoh. Produk ini ditawarkan dalam dua pilihan ukuran, yaitu ada yang berukuran panjang 2 meter dan ada juga yang hanya 1 meter.

4. NEVEH Bed

NEVEH adalah produk unggulan dari Saniharto yang tidak kalah menarik untuk Anda miliki. Bagian ujung dari sandaran tidak terlihat runcing sehingga memiliki variasi yang jarang terlihat di pasaran. Ujung ini dibuat dengan desain yang tumpul sehingga juga lebih aman untuk Anda yang memiliki anak kecil. 

5. LEALE Bed

LEALE dikenali dengan produk yang cocok untuk kamar yang berdesain hangat. Kesan yang mereka tampilkan sangat klasik, karena produk terbuat dari bahan kayu solid. Produk terlihat sangat kokoh dan cocok untuk kamar yang didominasi dengan ornamen kayu. Namun kembali lagi, keputusan untuk memilih item ini tergantung preferensi Anda sebagai pembeli. 

Cara Membersihkan Headboard

Cara membersihkan headboard ternyata ada langkah langkahnya. Langkah pertama adalah dengan melepas bagian sandaran dan bilas dengan air. Cara tersebut bisa Anda gunakan jika materialnya adalah kulit atau kayu. Namun jika bahannay adalah kain, maka rasnaya lebih cocock dnegan memakai cvacum cleaner, terlebih jika Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan proses penjemuran. 

Dari berbagai informasi yang telah disebutkan sebelumnya, terlihat bahwa sandaran kasur atau headboard menjadi salah satu bagian penting yang selalu ada di dalam kamar. Mereka bisa memiliki banyak fungsi, sekaligus menambah kesan artistic. Penting bagi Anda untuk tidak asal pilih mengingat keberadaannya yang kerap menjadi bintang di dalam kamar.


« back to news


Contact via Whatsapp