SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Inspirasi Desain Kamar Tingkat Mewah

 

Desain kamar tingkat sekilas terdengar seperti kamar anak yang kurang menarik. Namun dengan pilihan furniture dan desain yang baik, desain kamar tingkat mewah pun bisa jadi sesuatu yang begitu indah. Bahkan, konsep ini pun bisa diterapkan untuk kamar dewasa, anak, atau untuk ruang gabungan. Tapi seperti apa ide yang bagus untuk hunian mewah? Simak inspirasi berikut. 

Baca Juga: 4 Inspirasi Tema Untuk Desain Kamar Tidur Mewah dan Elegan

Tips Membuat Kamar Tingkat Mewah

Menghasilkan sebuah ruangan yang unik dengan sentuhan mewah tentu perlu trik tersendiri. Belum lagi jika konsepnya adalah kamar tingkat, yang berarti menggunakan sebuah perabot tempat tidur spesial. Agar kedua ide tersebut membaur sempurna (mewah dan kamar bertingkat), maka pastikan untuk cek tips dekorasi dan interior desain berikut. 

A. Gunakan Cat Tembok yang Sesuai 

Warna cat tembok tak hanya memberi kesan, namun juga membantu membuat nilai dan suasana di dalam ruangan. Tak sedikit kamar mewah yang menggunakan warna kalem dan sesuai dengan konsep atau tampilan ruang. Sebut saja warna cream, monoton, minimalis, hingga elegan. Warna elegan ini pun bisa didapat dari warna coklat muda, putih, dan emas. 

Kesesuaian warna ini membantu memberi kesan desain kamar tingkat mewah yang lebih terstruktur. Terutama jika Anda dapat menyesuaikan dengan perabotan seperti kamar tidur atau kasur tingkat. Warna yang sesuai atau senada ini pun membantu tampilan yang lebih menyatu. Sehingga tampilan kasur bertingkat yang unik pun tak tampak out of place atau tidak nyambung. 

B. Pilih Lemari Mewah

Lemari mewah pakaian tidak harus besar. Yang terpenting adalah berguna dan memiliki estetika berkualitas tinggi. Mewah pun bisa tampil dengan berbagai cara, seperti warna, ukuran, hingga material. Salah satu desain yang sering ditemukan untuk hunian mewah adalah lemari tanam, menggunakan pintu geser, berkesan elegan, memiliki banyak ruang, atau cermin besar. 

C. Pilih Tempat tidur Tingkat 

Namanya saja desain kamar tingkat, maka perlu tempat tidur tingkat untuk melengkapi konsep. Memilih tempat tidur bertingkat pun tidak sembarangan. Pastikan tema atau desainnya sesuai dengan ukuran kamar, kebutuhan, dan juga tampilannya. Tak hanya itu, pastikan juga kasur atau tempat tidur tersebut kuat untuk penghuninya. 

Hal ini karena tempat tidur tingkat cenderung memiliki dimensi dan model yang unik. Ada desain tradisional dengan bahan kayu, desain dengan bagian bawah untuk ruang kerja, atau tampilan modern berpenampilan minimalis. Perhatikan juga keselarasan desain kamar tingkat mewah dengan tema. Jangan sampai modelnya tampak aneh di mata. 

D. Singkirkan Barang yang Tidak Terpakai 

Tips yang satu ini sangat berguna untuk membantu kamar tampil lebih bersih, minimalis, dan juga mewah. Manfaatnya pun beragam, mulai dari meningkatkan kualitas tidur serta menambah estetika ruangan tersebut. Bayangkan saja jika semua produk berkualitas tinggi, mewah, dan mahal justru tertutupi barang tak penting, maka ruangan pun akan tampak kumuh. 

E. Gunakan Perabot Multifungsi 

Perabot multifungsi tak hanya membantu memberi kegunaan ganda, tapi bisa juga jadi solusi pintar untuk ruangan kecil, minimalis, namun tampak mewah. Opsinya pun beragam. Anda dapat menggunakan bedside table dengan fungsi ganda sebagai ruang penyimpanan. Lemari dengan full mirror, meja serbaguna, sofa dengan penyimpanan rahasia, dan lain sebagainya. 

Inspirasi Desain Kamar Tingkat Mewah 

A. Kamar Tingkat dengan Lemari Kecil 

Tak sedikit pemilik rumah yang menggunakan kamar tingkat karena terbatasnya ruangan. Alhasil, perabotan lainnya pun perlu disesuaikan. Termasuk penggunaan lemari kecil, yang mana bisa didesain secara custom. Seperti tempat tidur tingkat dengan separuh area untuk lemari kecil, kasur di bawah dan atas, serta meja serbaguna sebagai pelengkap untuk penataan ruang yang lebih efisien. 

B. Tempat Tidur Tingkat dengan Ruang Kerja 

Desain kamar tingkat yang cukup digemari adalah tambahan ruang kerja. Biasanya ide ini dibuat dengan model custom sepenuhnya, sehingga beberapa sudut ruang atau area dapat difungsikan sebagai ruang kerja. Untuk desain mewah, trik yang digunakan dapat berupa pemilihan elemen berkualitas seperti kayu dan metal. 

Namun, desain mewah pun bisa didapat dari model penataan yang pintar. Seperti tempat tidur melayang atau tempat tidur tingkat dengan bagian bawah difungsikan sebagai ruang kerja. Perlu pertimbangan dan pengukuran yang baik sehingga kedua fungsi area bekerja maksimal. Namun jika area masih luas, ruang kerja pun dapat diletakkan pada suatu sudut kamar saja. 

C. Tempat Tidur Tingkat Mezzanine

Salah satu solusi dan ide terbaik untuk ruangan mewah serta modern adalah mezzanine. Mezzanine sendiri diartikan sebagai desain atau konsep interior dengan pembuatan ruang tambahan yang terletak di antara plafon dan lantai. Pada dasarnya, pemilik ruangan akan membuat tingkat tambahan di dalam ruang meski tanpa menggunakan kasur tingkat. 

Ide desain kamar tingkat mewah ini bisa dikatakan cukup kompleks, karena membutuhkan ruangan dengan ketinggian yang baik. Jika tidak, maka mezzanine akan tampak sempit dan tidak berfungsi maksimal. Tingkat tambahan tersebut seringkali dijadikan ruang tidur. Sedangkan bagian bawahnya digunakan untuk area lain seperti tempat belajar hingga ruang makan atau ruang baca. 

Agar ruangan masih memiliki konsep mewah, pertimbangkan penggunaan bahan dan desain yang baik. Jangan paksakan konsep dan membuat tingkat menggunakan desain yang kurang dipertimbangkan. Pilih juga bahan yang terbaik, warna minimalis atau senada. Bisa juga didukung dengan perabot custom untuk menyesuaikan ruang, sehingga kamar berfungsi maksimal. 

D. Kamar Tingkat dengan Ruang Santai 

Salah satu kreasi desain kamar tingkat adalah untuk ruang santai. Ruang santai ini bisa hadir dalam berbagai fungsi, seperti ruang baca, ruang televisi, bermain game, atau tempat bermain anak. Yang penting adalah membuatnya nyaman. Tingkatnya pun tidak harus tinggi. Tambahkan beberapa furniture santai seperti sofa, karpet, meja kopi, dan lain sebagainya. 

E. Kamar Tingkat Feminim 

Kamar tidur feminim identik dengan warna dan desain yang cocok untuk kaum hawa. Caranya pun beragam, mulai dari penggunaan warna feminin seperti pink, biru muda, warna pastel, dan lain sebagainya. Agar kamar masih tetap mewah, pertimbangkan kolaborasi warna dan perabot. Kurangi barang tidak penting, dan maksimalkan dengan produk berkualitas dan sesuai selera.  

F. Kamar Tingkat dengan Rak Baju di Bawah 

Tak semua desain kamar tingkat mewah harus full dengan kasur. Kreasi desain terbaiknya adalah menggunakan area bawah untuk rak baju. Gunakan lemari mewah atau desain berkelas agar sesuai konsep. Karena lokasi di bawah, Anda pun bisa memaksimalkan ruang. Tambahkan cermin full body, desain berwarna senada, dan juga bahan terbaik, sehingga kamar pun lebih berkesan.  

Bisa dikatakan, konsep mewah untuk sebuah ruang atau kamar tidur tingkat sudah tidak lagi dianggap aneh. Banyak sekali cara, tips, dan inspirasi yang bisa Anda coba. Bahkan, opsi ide yang tersedia pun semakin meluas dengan desain tema, pemilihan perabot, hingga cara menata yang pintar. Agar berhasil menghasilkan desain tersebut, cek saniharto.com untuk produk furniture terbaiknya.


« back to news


Contact via Whatsapp