SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Tips Menciptakan Ruang Tamu Minimalis untuk solusi Hunian Dengan Luas Terbatas

Ruang tamu adalah salah satu ruangan yang penting di dalam hunian. Ruang tempat menjamu tamu dan kerabat ini bisa dikatakan sebagai cerminan rumah secara umum. Ingin punya ruang tamu minimalis impian Anda? Yuk kenali dan ikuti beberapa cara membuat ruang tamu yang terasa nyaman walaupun dengan luas ruangan yang terbatas berikut ini.

Baca juga: Contoh dan Tips Dekorasi Ruang Tamu Mewah Terbaik

Rekomendasi Ruang Tamu Minimalis 

Memiliki ruang tamu yang terbatas? Jangan dulu khawatir. Saat ini banyak sekali ide kreatif yang akan membuat hunian Anda tetap terlihat nyaman dan lega. Desain minimalis akan cocok digunakan untuk berbagai macam jenis hunian. Termasuk membuat ruang tamu Anda menjadi lebih lega. Yuk lihat beragam ide dekorasi ruang tamu dengan nuansa minimalis berikut. 

A. Warna Hijau Terasa Alami

Bila Anda termasuk penyuka dekorasi alami yang terkesan natural, maka pilihan dekorasi dengan warna-warna hijau bisa menjadi pilihan. Alih alih menggunakan warna hijau yang terang, Anda bisa memilih warna hijau pastel yang terlihat kalem. Warna dinding hijau pastel ini akan tetap terlihat segar bila Anda pasukan dengan berbagai macam ornamen tanaman hias misalnya.

 

Walaupun ruang tamu Anda ingin mengusung tema minimalis, namun warna hijau pastel ini bisa jadi ide yang baru. Namun penggunaan warna hijau ini juga harus dipilih dengan baik agar tidak malah membuat ruangan malah tampak lebih ramai dan sesak. Anda juga bisa menyesuaikan warna furniture dengan warna netral lain untuk menyeimbangkan warna dekorasi.

B. Tema Industrial

Tema dekorasi ruang tamu minimalis bergaya industrial memang sedang banyak dilirik saat ini. Gaya industrial ini akan membuat kesan ruangan Anda tampak seperti bangunan yang belum selesai. Gaya ini memang unik namun patut untuk Anda coba karena kesan minimalis akan lebih terasa bila Anda menggunakan gaya interior satu ini.

 

Tema industrial akan banyak menggunakan bahan kayu dan besi agar terkesan lebih modern. Selain itu, tema dekorasi industrial ini akan didominasi warna netral seperti hitam atau abu-abu. Warna ini menjadi salah satu warna wajib untuk melengkapi gaya interior industrial. Namun Anda juga bisa memberi sedikit sentuhan warna lain yang senada di dalam ruang tamu.

C. Konsep Desain Open Space

Punya hunian yang tidak terlalu luas, membuat Anda akan dituntut untuk berpikir kreatif. Memanfaatkan ruangan secara maksimal sangat disarankan untuk membuat ruangan multifungsi. Salah satunya adalah ruang tamu. Bila hunian Anda tidak punya ruang yang banyak dan pencahayaan yang cukup, maka Anda juga bisa memanfaatkan teras depan untuk disulap menjadi ruang tamu.

 

Konsep ruang tamu open space ini belakangan juga sangat diminati banyak keluarga di perkotaan. Anda bisa memilih dekorasi ruangan ruang tamu terbuka dan memilih bahan yang tahan terhadap perubahan cuaca seperti kayu atau besi. Desain ruang tamu yang terbuka ini bisa Anda tata menghadap taman agar suasana menjadi lebih nyaman.

D. Serba Kayu Terasa Natural

Bahan kayu memang tidak pernah salah dipilih untuk melengkapi berbagai macam konsep dekorasi ruangan. Furniture berbahan kayu yang berwarna coklat alami akan masuk pada desain ruang tamu minimalis dan akan memberikan kesan hangat bagi penilik maupun tamu yang berkunjung. Sehingga bila Anda bingung memilih furniture yang tepat maka pilihan bahan kayu adalah pilihan yang aman dan cocok di semua desain interior. 

E. Konsep Hitam Putih

Warna hitam putih adalah warna aman favorit banyak orang. Pilihan warna hitam putih ini akan membuat ruang tamu Anda tampak lebih elegan namun tetap terkesan minimalis. Anda bisa memilih tema hitam putih ini untuk membuat ruang tamu yang nyaman dengan pilihan interior ruang tamu yang sesuai dengan temanya. Menggunakan cat dinding putih akan lebih baik memberikan kesan luas dan gunakan interior berwarna hitam maupun putih yang akan menambah kesan elegan pada konsep hitam putih Anda.

F. Menyatukan Dengan Ruang Keluarga

Dikarenakan lahan yang terbatas, Anda dapat menyatukan ruang tamu dengan ruang keluarga. Tambahkan kursi atau sofa ruang tamu minimalis beserta bantal sofa, taruh tanaman hias di sudut ruang, tutupi lantai dengan karpet yang nyaman dan cocok untuk menyambut tamu yang berkunjung ke rumah maupun digunakan dalam aktifitas keluarga seharian.

Tips Menciptakan Ruang Tamu Minimalis 

Setelah tahu beberapa ide dekorasi ruang tamu dengan gaya minimalis diatas, Anda juga harus tahu beberapa tips menata ruang tamu berikut. Tips ini akan membuat Anda lebih bisa menyesuaikan luas ruang tamu dengan pilihan desain yang akan digunakan. Jangan sampai desain yang dipilih malah membuat ruang tamu Anda terasa sempit dan tidak nyaman. 

A. Furniture yang Pas dengan Luas Ruangan

Untuk menyiasati ruang sempit, salah satu tips untuk menciptakan dekorasi ruangan dengan tema minimalis adalah dengan memilih furniture yang sesuai. Ruangan yang terbatas tentu harus mempertimbangkan ukuran perabot ruang tamu yang digunakan. Jangan sampai ukuran yang Anda pilih terlalu besar dan tidak sesuai dengan ukuran ruang tamu dan malah akan membuatnya sesak. 

B. Gunakan Warna Cat Tembok yang Terang agar Terasa Luas

Selain pemilihan furniture yang tepat, hal lainnya yang penting untuk Anda perhatikan adalah pemilihan warna cat dinding. Mengapa hal ini penting? Pilihan cat warna dinding ini akan mempengaruhi luas ruangan. Disarankan untuk memilih warna-warna netral yang terang untuk membuat ilusi ruang tamu minimalis terlihat lebih luas dan memberikan kesan mewah.

C. Gunakan Furniture yang Multifungsi

Tips dan solusi untuk mengatasi ruangan yang terbatas adalah menggunakan furniture multifungsi. Salah satunya misalnya saja desain meja tamu yang jadi satu dengan tempat penyimpanan. Bagian kolong meja akan bisa disulap menjadi lemari atau tempat penyimpanan lainnya yang akan membuat ruang tamu Anda bisa lebih praktis. 

D. Optimalkan Fungsi Dinding

Ruang tamu dengan luas terbatas akan lebih disarankan untuk lebih memaksimalkan tinggi ruangan daripada lebarnya. Daripada Anda memilih lemari dengan lebar yang besar maka Anda lebih baik menggunakan lemari yang tinggi memanjang. Sehingga ruang penyimpanan bisa Anda maksimalkan agar ruangan lebih nyaman dan tetap tampak lega. 

E. Pajang Kolase Foto 

Jangan menganggap bahwa punya ruangan yang kecil maka tidak bisa membuat Anda berkreasi. Anda bisa memanfaatkan ruang di dinding yang terbuka. Bila Anda ingin memasang kolase foto dengan bingkai, maka Anda bisa melakukannya di bagian dinding yang kosong atau diatas meja sebagai hiasan yang akan mempermanis ruang tamu minimalis Anda. 

F. Letakan Karpet

Tips lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mendekorasi ruang tamu agar tampak minimalis adalah dengan menggunakan karpet. Jangan takut membuat ruang tamu menjadi sesak dengan menggunakan karpet. Anda bisa memilih jenis dan motif karpet yang netral dengan ukuran yang tidak terlalu besar. 

G. Tanaman dan Perabot yang Natural

Memberikan ornamen pot tanaman hias dapat Anda gunakan untuk mendekorasi ruang tamu minimalis. Bila Anda suka dengan tanaman hias yang akan membuat kesan segar di dalam ruangan, maka Anda bisa memilih pot bunga yang berukuran kecil. Pilihan warna pot bunga yang netral dan sesuai dengan tema dekorasi ruangan. Anda juga dapat meletakan tanaman bias di sudut ruang untuk membuat ruangan menjadi lebih cantik.

 

Beragam perabotan ruang tamu dan memberikan kesan nyaman bisa Anda dapatkan di www.saniharto.com. Anda bisa segera mengunjungi website resminya dan dapatkan penawaran produk terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda. Kualitas yang terjamin baik akan membuat ruang tamu Anda lebih estetik dan nyaman.


« back to news


Contact via Whatsapp