SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Ingin Punya Ruang Tamu Mewah? Yuk Ikuti Tips Berikut

 

Ruang tamu adalah salah satu ruangan yang penting di dalam hunian. Ruang tempat menjamu tamu dan kerabat ini bisa dikatakan sebagai cerminan rumah secara umum. Ingin punya ruang tamu mewah impian anda? Yuk kenali dan ikuti beberapa cara membuat ruang tamu yang terasa nyaman namun terkesan elegan dan mewah berikut ini.

Baca Juga: Contoh dan Tips Dekorasi Ruang Tamu Mewah Terbaik

Fungsi Ruang Tamu

Sesuai dengan namanya, ruang tamu berfungsi untuk menerima tamu dari luar rumah. Tamu yang datang akan tetap disambut dengan baik namun tidak akan sampai masuk ke dalam ruang pribadi di dalam rumah lainnya. Sehingga penataan ruang tamu yang nyaman akan memberikan kesan rumah anda ramah namun tetap estetik. 

Apa Saja Isi Ruang Tamu Mewah? 

A. Meja Tamu

Untuk membuat kesan ruang tamu yang nyaman, tentu saja ada beberapa barang wajib yang harus ada di dalamnya. Salah satunya adalah meja tamu yang akan berfungsi sebagai tempat meletakkan sajian minuman dan makanan ringan untuk tamu. Banyak pilihan desain meja tamu yang bisa anda pilih sesuai dengan tema dekorasi interior ruang tamu masing masing. 

Salah satu jenis meja tamu dengan bahan dasar kayu yang dilengkapi dengan bahan lain seperti kaca, akan membuat lengkap Ruang Tamu Mewah anda tampak lebih nyaman dan elegan. 

B. Kursi Tamu

Tidak lengkap rasanya bila ruang tamu anda tidak dilengkapi dengan kursi tamu dengan berbagai macam ukuran. Kursi tamu ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat duduk saja namun juga akan berfungsi sebagai pelengkap estetika. Banyak jenis dan ukuran kursi tamu yang bisa anda pilih sesuai dengan konsep dekorasi ruangan. 

Ruangan tamu biasanya akan lebih banyak menggunakan desain minimalis. Hal ini biasanya akan digunakan untuk melengkapi ruang tamu yang punya ukuran yang tidak terlalu luas dalam hunian yang terbatas. Namun juga tidak jarang ruang tamu dengan ukuran yang lebih luas menggunakan pilihan desain furniture yang lebih bermotif.  

C. Kabinet

Kabinet juga salah satu furniture yang biasanya ada di dalam ruang tamu. Tidak hanya sebagai furniture untuk tempat penyimpanan barang, namun adanya kabinet ini juga akan bisa mengisi ruangan yang kosong agar tampak lebih estetik. Kabinet dengan bahan dasar kayu akan menjadi pilihan yang tepat dan aman untuk berbagai jenis tema dekorasi. 

Banyak pilihan desain kabinet yang tersedia dengan berbagai ukuran. Ukuran kabinet tersebut bisa anda sesuaikan dengan luas ruang tamu anda masing masing. Hindari memilih kabinet dengan ukuran yang terlalu besar yang akan memenuhi ruang tamu dengan ukuran yang terbatas. Anda bisa menggunakan kabinet kayu dengan kaki tinggi yang cantik misalnya. 

D. Hiasan Dinding

Selain berbagai macam perabotan fungsional yang ada di Ruang Tamu Mewah, hiasan dinding juga bisa anda pilih untuk melengkapinya. Hiasan dinding ini sifatnya tidak wajib, namun bila digunakan akan menjadi pemanis ruang tamu sekaligus akan membuat kesan hunian anda lebih cantik di mata tamu yang akan berkunjung nantinya. 

Hiasan dinding yang anda gunakan juga hendaknya tidak terlalu berlebihan yang malah akan membuat ruangan tampak lebih sesak. Untuk membuat ruangan tampak luas, anda bisa menempatkan kaca di salah satu dindingnya untuk memberikan efek pandangan lebih luas. 

E. Ornamen Lainnya  

Bila anda mempunyai ruang tamu dengan ukuran cukup besar dan luas, maka tidak ada salahnya juga bila menambahkan beberapa ornamen lainnya selain berbagai macam perabotan diatas. Ornamen lainnya tersebut bisa anda atur baik dipajang di dinding maupun ditempatkan di atas furniture pilihan anda. 

Misalnya saja seperti vas bunga yang akan cantik bila diletakkan di tengah meja tamu. Atau bila anda ingin vas bunga yang berukuran lebih besar, maka anda bisa memajangnya di salah satu sudut ruangan. Anda bisa memilih ornamen yang sesuai dan bermain dengan warna yang cantik agar ruang tamu terlihat lebih cantik namun tetap nyaman. 

Tips Membuat Ruang Tamu Mewah

A. Sesuaikan Interior dengan Ruang Tamu

Bila anda ingin punya Ruang Tamu Mewah maka anda bisa mulai dengan memilih jenis tema desain interior yang sesuai. Banyak pilihan desain interior yang bisa anda pilih dan disesuaikan dengan ukuran ruang tamu. Namun bila anda masih bingung menentukan tema desain interior yang tepat, maka desain minimalis bisa menjadi pilihan yang aman. 

Desain minimalis saat ini sedang banyak diminati khususnya di kawasan perkotaan. Desain minimalis ini banyak digunakan untuk hunian yang mempunyai luas yang terbatas. Namun desain minimalis yang cantik dan terkesan rapi ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk ruang tamu hunian yang lebih luas lho. 

B. Sesuaikan Pencahayaan ruang

    - Pencahayaan Alami

Tips berikutnya yang bisa anda gunakan untuk membuat ruang tamu anda tampak lebih cantik dan nyaman adalah dengan memperhatikan tingkat pencahayaannya. Bila anda ingin ruang tamu tampak lebih natural dan alami, maka anda bisa menempatkan cahaya yang menghadap ke halaman dengan ukuran besar agar cahaya alami masuk membuat ruang tamu lebih terang. 

    - Pencahayaan Lampu

Namun bila ruang tamu yang anda miliki tidak memungkinkan untuk ditempatkan jendela dengan ukuran yang besar, maka anda bisa memilih untuk memberikan pencahayaan buatan yaitu dengan lampu. Pilihan lampu yang terangnya pas sesuai dengan ukuran ruangan. Jangan terlalu terang yang akan membuat silau atau bahkan terlalu redup yang mengganggu. 

C. Akses dan Space yang mudah

Selain penting untuk memperhatikan desain Ruang Tamu Mewah yang anda inginkan. Hal lainnya yang tidak kalah penting untuk anda perhatikan untuk membuat ruang tamu anda lebih nyaman adalah akses atau space yang mudah. Menempatkan perabotan yang cantik memang penting menambah estetik, namun jangan lupakan ruang geraknya. 

Sisakan ruang gerak yang sesuai dan nyaman agar pemilik rumah dan tamu bisa berjalan. Jangan tempatkan perabotan dengan ukuran yang terlalu besar di ruang tamu yang ukurannya terbatas. Anda bisa mempertimbangkan ukuran ruang tamu saat memilih perabotan yang sesuai untuk ditempatkan di dalamnya. 

D. Sesuaikan Budget

Tipa lainnya yang tidak kalah penting adalah dalam hal anggaran. Bijaklah memilih jenis furniture yang sesuai dengan anggaran anda. Banyak jenis furniture untuk melengkapi Ruang Tamu Mewah anda dengan harga yang terjangkau namun kualitasnya terbaik. Anda bisa memilih bahan furniture yang cocok namun tetap membuat nyaman penggunanya. 

Beragam perabotan ruang tamu mewah dan memberikan kesan nyaman bisa anda dapatkan di Saniharto.com  Anda bisa segera mengunjungi website resmi kami dan dapatkan penawaran produk terbaik sesuai dengan kebutuhan anda. Kualitas yang terjamin baik akan membuat ruang tamu anda lebih estetik. 


« back to news


Contact via Whatsapp