SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

9 Inspirasi Desain Kamar Loteng yang Nyaman dan Mudah Diterapkan

Loteng rumah seringkali menjadi ruang yang terabaikan atau dimanfaatkan sebagai gudang di rumah. Padahal jika ditata dengan baik, loteng bisa disulap menjadi kamar tidur tambahan yang nyaman. Sehingga anda memiliki lebih banyak ruangan untuk digunakan bersama keluarga. Berikut inspirasi desain kamar loteng super nyaman dan mudah diterapkan yang bisa anda coba.

 

Baca Juga: Jadikan Hunian Makin Nyaman, Begini Cara Mendekorasi Rumah

Inspirasi Desain untuk Kamar Loteng

1. Kamar Loteng Klasik

Jika anda sering menonton film film western, pasti pernah melihat beberapa rumah memiliki loteng yang dijadikan sebagai kamar. Biasanya desainnya hampir sama dan kesannya sedikit jadul dengan penggunaan ranjang besi dan berbagai perabot dari kayu. Meskipun sedikit jadul, namun kamar seperti ini mampu memberikan nuansa yang hangat.

Anda pun bisa menambahkan dekorasi dengan penggunaan gorden semi transparan untuk memperkuat kesan nyaman di dalamnya. Apabila kurang nyaman dengan ranjang besi, ranjang kayu tentu dapat menjadi alternatif yang pas. Dominasi kayu di dalam kamar membuat kesan klasiknya semakin menonjol. Bisa juga memberikan sentuhan tone yang lebih modern sebagai variasi.

2. Kamar Loteng Sederhana

Desain loteng sederhana cocok diusung apabila ruangan loteng yang berukuran terbatas. Tidak perlu menghadirkan banyak furniture, cukup memuat tempat tidur, bantal, dan karpet saja. Bahkan tidak ada meja ataupun lemari yang ditambahkan. Tujuannya adalah supaya kamar tetap terlihat luas dan nyaman sebagai ruang bersantai dan tempat beristirahat.

Biasanya kamar seperti ini disediakan apabila ada tamu yang datang untuk menginap. Karena mereka tidak membutuhkan furniture seperti lemari. Akan tetapi, digunakan untuk keperluan pribadi juga tidak masalah. Misalnya untuk kamar anak, sehingga lemari milik si kecil dapat ditempatkan bersama perabotannya yang lain di ruang berbeda. Seperti mainan, perlengkapan sekolah, dan lain lain. 

3. Kamar Loteng Serba Putih

Penggunaan cat berwarna putih akan membantu ruangan tampak lebih luas. Bukan hanya itu saja, namun warna putih juga memberikan kesan yang bersih dan lega. Sangat berbeda dari kesan loteng pada umumnya yang identik dengan pengap, berdebu, kerap menjadi sarang laba laba, bahkan hewan hewan lainnya.

Karena warna putih mampu memantulkan cahaya, kamar pun akan terasa lebih terang. Jangan lupa sesuaikan pencahayaan dari lampu sesuai kebutuhan supaya tidak tidak terlalu terang. Untuk perabotnya, anda bisa mengkombinasikannya dengan furniture yang cenderung ramping supaya tidak membuat ruangan terasa sesak.

4. Kamar Loteng Serba Kayu

Dominasi elemen kayu membuat desain kamar loteng satu ini mirip dengan kamar loteng klasik. Namun kesannya bisa tidak terkesan jadul tergantung perabot yang anda gunakan. Anda bisa menggunakan rangka kasur kayu, kabinet, rak penyimpanan, lemari dan interior lainnya yang terbuat dari kayu di dalam kamar.

Dewasa ini, sejumlah perabotan dari kayu tersebut mempunyai banyak variasi model. Sehingga anda dapat memilih yang memiliki model kekinian apabila ingin membuat kamar tampil lebih modern. Bisa juga dengan melengkapi bagian atas kasur dengan atap kaca besar. Kemudian pasang tirai di depannya supaya lebih nyaman. Ini akan membuat kamar lebih menarik, seperti bukan di bawah atap.

5. Kamar Loteng Industrial

Berikutnya, anda bisa menerapkan desain kamar industrial untuk loteng. Layaknya desain industrial pada kamar biasa, kamar loteng industrial memiliki ciri khas pada perpaduan semen dan bata ekspos yang eksentrik sekaligus estetik. Sehingga secara sekilas desain ini memang tidak tampak berbeda dari kamar pada umumnya.

Hanya saja bagian dinding atasnya tampak miring mengikuti bentuk atap. Jadi apabila ingin membawa lemari yang ukurannya cukup besar, sebaiknya dipertimbangkan kembali. Atau anda bisa meletakkannya di area yang memiliki jarak atap dan lantai lebih besar. Dengan begitu, kamar loteng pun akan terasa tetap nyaman dan tidak terlalu penuh sesak.

6. Kamar Loteng Minimalis

Desain kamar loteng minimalis kurang lebih hampir sama dengan kamar loteng sederhana. Karena umumnya hanya berisikan tempat tidur dan meja kecil. Tidak banyak perabotan yang dimasukkan di sini. Sebab dikhawatirkan akan membuat ruangan terasa penuh dan sesak dan tidak banyak ruang untuk bergerak, sehingga membuatnya menjadi kurang nyaman.

Desain seperti ini cocok diterapkan apabila anda mempunyai rumah minimalis. Dengan begitu, kamar di loteng pun akan tetap terasa nyaman layaknya kamar utama. Jika perlu, anda bisa menggunakan tempat tidur dan meja kecil yang memiliki warna senada dengan lantai dan atap. Meski sedikit monoton, tapi ini membuat ruangan terasa lebih luas. Bagus jika menjadikan loteng menjadi area kamar tidur tamu, untuk anak, bermain dan berkumpul.

7. Kamar Loteng 2 Tempat Tidur

Siapa bilang kamar loteng harus selalu sempit ? Rumah yang memiliki atap lebar sangat mungkin memiliki ruangan loteng yang cukup luas. Sehingga ruangan seperti ini memungkinkan anda menempatkan dua tempat tidur sekaligus. Tentu desain seperti ini justru sangat menguntungkan karena anda dapat memaksimalkan penggunaan lahan.

Bagi rumah tangga yang memiliki dua anak kecil, desain kamar loteng ini sangat patut dicoba. Selain dapat digunakan untuk anak, kamar loteng 2 tempat tidur juga bagus ditujukan untuk para tamu. Misalnya ketika tamu yang menginap lebih dari satu orang. Supaya makin nyaman, kasur dapat diletakkan di ujung loteng yang ketinggiannya paling rendah supaya tidak perlu terlalu sering menunduk.

8. Kamar Loteng untuk Bersantai

Tidak harus selalu dijadikan sebagai kamar untuk tidur, loteng juga dapat dimanfaatkan sebagai ruangan untuk bersantai. Anda dapat menempatkan kasur untuk bersantai, karpet, sofa, dan beberapa perabotan lainnya supaya lebih nyaman. Jika memang tidak memungkinkan menambah banyak perabot sekaligus, maka sofa dan televisi saja sudah cukup.

Kedua furniture tersebut sudah lebih dari cukup untuk melengkapi kamar loteng yang dijadikan sebagai tempat bersantai bersama keluarga. Anda pun bisa membuat tempat duduk gantung sebagai tambahan kursi. Ini akan membantu meningkatkan kapasitas tanpa membuat kamar terasa sempit. Jangan lupa perhatikan sirkulasi udara dengan menambahkan jendela kecil supaya tetap nyaman.

9. Kamar Loteng untuk Bekerja

Selain digunakan sebagai ruang bersantai, desain kamar loteng dapat dijadikan sebagai ruang untuk bekerja. Terutama jika anda termasuk orang yang sering bekerja di rumah alias work from home. Loteng akan menjadi tempat favorit yang pas, karena anda tidak terganggu oleh anggota keluarga yang lain.

Supaya waktu bekerja di rumah terasa nyaman, anda bisa menambahkan meja dan kursi, tempat duduk bersantai yang nyaman, sampai tempat duduk gantung jika perlu. Jadi anda tidak akan pernah bosan ketika bekerja di loteng. Dapat pula menghadirkan sofa bed, jadi apabila anda lelah bekerja bisa bersantai sejenak di atasnya.

Punya loteng di rumah yang tidak terpakai ? Yuk coba renovasi loteng anda dengan inspirasi desain kamar loteng di atas. Selain dapat dimanfaatkan sebagai kamar tambahan untuk anak atau tamu, kamar loteng bisa digunakan sebagai tempat bersantai sampai tempat untuk bekerja. Dengan desain dan tata letak yang tepat, ruangan ini akan terasa sangat nyaman.


« back to news


Contact via Whatsapp