SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Mau Punya Teras Belakang Rumah Mewah ? Yuk Intip Inspirasi Desainnya Berikut!

Apabila masih punya sisa lahan di belakang rumah yang tidak tahu akan difungsikan untuk ruangan apa, sebaiknya manfaatkan sebagai teras terbuka untuk bersantai bersama keluarga. Posisinya yang bersifat privat tentu menjadi area yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bercengkrama dengan orang tersayang. Kalau mau punya teras belakang rumah mewah, berikut desain yang bisa dicoba.

Baca Juga: Bahan Favorit Untuk Furniture, Yuk Intip Ciri-Ciri Kayu Jati yang Berkualitas

1. Teras Belakang dengan Gazebo

Teras Belakang dengan Gazebo

Gazebo atau dikenal pula dengan istilah mini paviliun atau saung, merupakan pondok yang berfungsi untuk berteduh maupun sekadar duduk santai. Biasanya gazebo ini ditempatkan di sebuah taman. Jadi anda pun dapat membuat gazebo di area teras belakang rumah untuk menunjang waktu bersantai bersama keluarga.

Khususnya jika teras di belakang rumah yang anda miliki bersifat terbuka dan tidak dinaungi oleh atap. Sehingga keberadaan gazebo dapat dimanfaatkan sebagai tempat berteduh dari panas maupun hujan ketika anda sedang menghabiskan waktu di sana. Supaya semakin nyaman dan teras dapat disulap menjadi tempat yang asyik untuk berkumpul, anda bisa menghiasi gazebo tersebut.

Misalnya dengan melengkapi gazebo dengan bantal dudukan yang empuk. Jadi ketika duduk di gazebo yang terbuat dari kayu akan tetap terasa nyaman. Kesannya juga lebih hangat, ketimbang duduk langsung menyentuh permukaan kayu. Anda juga bisa menghadirkan bantal sofa sebagai sandaran untuk tambahan kenyamanan.

Apabila mengharapkan teras belakang rumah mewah ala resort di Bali atau Lombok, selanjutnya anda bisa menciptakan taman yang penuh tanaman tropis. Seperti lidah mertua, kaktus, kamboja, marigold, bougenville, dan lain sebagainya yang cocok ditanam di rumah. Sekeliling gazebo yang penuh dengan tanaman seperti ini akan membuat suasana asri, sejuk, dan terkesan alami. 

2. Teras Belakang untuk Bersantai

Ada banyak desain yang bisa dicoba untuk menciptakan teras belakang yang nyaman sebagai tempat bersantai. Mulai dari model teras minimalis dan modern sampai ala pedesaan bisa diterapkan sesuai selera masing masing. Dimana setiap desainnya punya keunggulan dan daya tarik tersendiri. Sebagai contoh, anda bisa menerapkan tips berikut untuk menciptakan desain yang apik pada teras belakang rumah.

A. Dipadukan dengan Interior

Pertama, anda bisa memadukan desain teras belakang rumah dengan interior. Konsep teras seperti ini berbatasan langsung dengan ruang makan. Jadi antara teras dan ruang makan dibiarkan terbuka atau tidak digunakan penyekat. Sehingga anda dan keluarga tercinta dapat menikmati hidangan di atas meja, sambil menikmati suasana sejuk yang berasal dari taman.

Adapun keunggulan dari desain teras yang berbatasan langsung dengan ruang makan ini adalah mampu memberikan kesan yang luas. Mengingat bahwa tidak ada sekat yang menghalangi keterbatasan ruang. Dan untuk mempercantik teras belakang rumah mewah, anda bisa menata dapur sedemikian rupa menggunakan kitchen island serta menambahkan bunga bunga cantik yang berjajar rapi.

B. Penempatan Sofa yang Sesuai

Jika tidak memungkinkan membangun gazebo di teras belakang rumah, anda bisa mencoba menempatkan sofa di sana. Sehingga furniture tersebut dapat difungsikan sebagai tempat duduk bersantai di teras. Dan penggunaan sofa bisa diterapkan pada berbagai gaya desain teras belakang rumah untuk bersantai, baik itu gaya minimalis modern maupun ala pedesaan sekalipun.

Apabila anda termasuk orang yang gemar menghias rumah ketika mengisi waktu luang, penempatan sofa yang sesuai bahkan dapat dijadikan sebagai ajang menguji kreativitas. Misalnya anda bisa menambahkan bantal bantal sofa cantik untuk memeriahkan area tersebut, dan menciptakan kesan yang nyaman dan hangat. Namun pastikan sofa berada di spot yang aman supaya tidak mudah rusak.

3. Teras Belakang Nuansa Alam

Teras Belakang Nuansa Alam

Sebagai area yang terbuka, teras belakang rumah untuk bersantai sangat cocok mengusung nuansa alam. Udara sejuk dan pemandangan asri pastinya akan menemani waktu bersantai anda supaya makin menyenangkan. Bahkan dapat dipastikan anda betah berlama lama di di teras apabila berhasil membawakan nuansa alam yang menyenangkan tersebut.

Salah satu caranya yaitu dengan membuat taman di area belakang rumah. Dimana ada banyak konsep taman yang bisa anda terapkan di sini. Contohnya teras belakang rumah mewah modern dengan taman desain vertikal. Taman berkonsep vertikal tersebut memanfaatkan sisi dinding sehingga tidak banyak memakan tempat. Jadi suasana semakin asri tanpa membuat area teras terasa sempit.

Baca Juga: Awas Salah Pilih, Begini Ciri-Ciri Kayu Mahoni yang Bagus

4. Teras Belakang dengan Ayunan

Teras Belakang dengan Ayunan

Apabila anda tinggal dengan anak anak di rumah, coba pertimbangkan membuat teras belakang dengan ayunan. Ayunan akan membuat anak betah berada di rumah. Anda bisa duduk menikmati waktu bersantai sambil menemani si kecil bermain ayunan. Bahkan jika anda hanya tinggal bersama pasangan sekalipun, tidak ada salahnya menghadirkan ayunan.

Ayunan kayu dengan ruang yang cukup untuk dua orang dapat menjadi tempat romantis menghabiskan waktu dengan orang tercinta. Terlebih jika teras belakang dibuat seperti taman kecil. Anda dan pasangan bisa duduk di atas ayunan sambil menikmati pemandangan taman yang cantik, ditemani udara sejuk nan asri berkat banyaknya tanaman yang ada.

Bentuk ayunan sendiri sangat bervariasi, sehingga dapat anda sesuaikan dengan selera. Selain ayunan untuk anak anak dan ayunan kayu, ada juga ayunan yang terbuat dari besi dengan dudukan empuk. Atau anda juga bisa membuat ayunan sendiri yang digantung di pohon. Namun pastikan pohon cukup besar dan kuat untuk menahan beban ayunan, termasuk ketika anda sedang menaikinya.

5. Teras Belakang Rumah dengan Atap

Teras belakang rumah mewah dengan atap adalah pilihan tepat supaya berbagai perabot yang anda letakkan di area tersebut tidak mudah rusak. Misalnya anda meletakkan sofa di teras belakang sebagai tempat duduk. Adanya atap akan menghalau hujan dan sinar matahari agar tidak langsung mengenai sofa. Sehingga sofa akan lebih awet dan tidak mudah rusak.

Dan kanopi untuk menaungi area teras belakang rumah ada banyak sekali macamnya. Jenis yang anda pilih ini nantinya akan mempengaruhi kesan taman secara keseluruhan. Pada rumah minimalis modern, atap kaca transparan kini tengah populer dijadikan sebagai pilihan. 

Kaca transparan membuat anda terlindung dari hujan namun tetap memungkinkan cahaya matahari dengan mudah masuk ke dalam rumah. Sehingga area teras belakang akan terlihat lebih cerah dan lega. Apabila anda tinggal di perumahan yang letaknya berdempetan dengan rumah lain, jenis atap kaca seperti ini sangat cocok karena membuat suasana lebih hidup.

Selain itu, bisa juga menggunakan kanopi teralis dengan kawat kawat bergelombang. Kawat bergelombang tersebut dapat dijadikan sebagai media tumbuh tanaman rambat, yang selain mempercantik dan menyejukkan area sekitar, bermanfaat pula untuk menghalau panas. Sehingga desain teras belakang rumah mewah seperti ini akan membuat suasana selalu sejuk dan segar.

Kurangnya lahan terbuka di perkotaan memang membuat masyarakat kini banyak memilih membuat taman sendiri di rumah. Jadi apabila anda mempunyai sisa lahan di halaman belakang, anda bisa menjadikannya sebagai taman supaya hunian terasa lebih sejuk. Inspirasi desain di atas dapat dipertimbangkan supaya teras belakang rumah semakin cantik dan nyaman untuk bersantai.


« back to news


Contact via Whatsapp