SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

7 Desain Dapur Minimalis yang Sederhana dan Nyaman, Tetap Terkesan Mewah!

Dapur adalah salah satu ruangan esensial di sebuah hunian. Sehingga penting untuk mendesainnya sedemikian rupa supaya anda lebih nyaman ketika harus mengolah makanan. Dan ruangan dengan luas terbatas tidak menjadi halangan di sini. Sebab kini desain dapur minimalis justru menjadi primadona. Berikut desain yang dapat anda coba, meskipun sederhana namun tetap terkesan mewah.

Baca Juga: Lebih Indah dan Rapi, Ini 9 Inspirasi Desain Kitchen Set Mewah

1. Dapur Minimalis Monokrom

Dapur Minimalis Monokrom

Monokrom berarti menggunakan warna tunggal atau satu warna. Gaya ini bisa anda terapkan pada dapur minimalis, karena penggunaan warna tunggal akan membuat ruangan menjadi lebih sederhana. Misalnya anda bisa menggunakan warna putih untuk mendominasi ruangan.

Itu akan membuat ruangan terlihat sederhana namun tetap terkesan mewah, bersih, dan tentunya lega, menyiasati ukuran luas ruangan yang terbatas. Anda dapat mengaplikasikan warna putih pada dinding, lantai, dan beberapa furniture seperti meja dan kursi makan. Jika khawatir penggunaan warna putih membuat dapur menjadi lebih gampang kotor, bisa juga mencoba menerapkan warna hitam.

Anda dapat memadukan dua warna netral tersebut untuk menciptakan kesan yang ideal pada ruangan. Pada area yang sering dipakai untuk memasak, silahkan gunakan warna hitam supaya membersihkannya lebih mudah. Sementara sisanya dapat mengaplikasikan warna putih. 

2. Dapur Minimalis dengan Meja dan Kursi Bar

Dapur Minimalis dengan Meja dan Kursi Bar

Untuk desain dapur minimalis yang digabung dengan area makan, tidak ada salahnya menggunakan meja dan kursi bar. Desain seperti ini bisa dibilang sebagai salah satu yang paling populer diterapkan di rumah minimalis. Sebab penggunaan meja dan kursi bar tidak membutuhkan banyak ruang.

Sehingga dapur anda pun akan terasa lebih luas dan lega meskipun ukuran sebenarnya cukup terbatas. Supaya makin hemat ruang, anda dapat mencoba gaya mini bar elegan yang menyatu dengan model kitchen set minimalis mewah. Konsep ini sangat cocok untuk keluarga kecil atau bagi pasangan yang baru menikah.

Sebab anda bisa duduk di kursi sambil memperhatikan pasangan sedang memasak, ala ala open kitchen di restoran restoran. Dan setelah makanan siap dihidangkan, tidak perlu repot membawa dan menatanya di meja makan. Mengingat bahwa mini bar telah dibuat menyatu dengan kitchen set.

Akan tetapi pastikan material yang dipilih kuat dan kokoh untuk pembuatan mini bar. Sebab mini bar yang menyatu dengan kitchen set berarti mengharuskan anda meletakkan banyak barang di sana, baik peralatan masak maupun peralatan makan. Secara umum, direkomendasikan menggunakan meja bar dengan marmer yang memiliki daya tahan tinggi sekaligus tampilannya elegan.

3. Dapur Minimalis Serba Kayu

Dapur Minimalis Serba Kayu

Anda bisa menghadirkan desain dapur minimalis dengan nuansa rustic menggunakan material kayu. Dominasi warna cokelat kayu pada desain dapur akan menampilkan kesan yang hangat pada ruangan. Untuk menghadirkan suasana seperti itu, anda bisa menggunakan peralatan dapur berbahan kayu, meja kayu, sampai rak kayu.

Supaya komposisi warnanya lebih ideal, warna cokelat kayu tersebut sebaiknya dikombinasikan dengan warna putih. Karena warna putih bersifat netral maka tidak masalah. Justru keberadaannya membuat cokelat kayu tampil menonjol dengan baik. Dimana warna putih ini misalnya dapat diaplikasikan pada dinding dan lantai ruangan.

Lebih cantik lagi, anda bisa menambahkan hiasan bunga kering untuk memperkental gaya rustic yang diterapkan. Sebaiknya bunga kering yang dipilih punya warna earth tone sehingga nuansanya masih sama. Bunga kering tersebut bisa dimasukkan ke dalam vas kemudian diletakkan di atas meja atau digantung di dindingnya.

4. Dapur Minimalis Bentuk L

Dapur Minimalis Bentuk L

Dapur minimalis bentuk L banyak dipilih oleh masyarakat modern. Pasalnya desain ini mampu memaksimalkan ruang dan menawarkan area penyimpanan yang lebih banyak. Bahkan secara visual tampilannya terlihat elegan dan manis. Sehingga dapat dipastikan bahwa waktu memasak anda akan terasa makin menyenangkan.

Apalagi bentuknya yang menyerupai huruf L memungkinkan anda untuk menambahkan kitchen island atau kabinet dan meja multifungsi, mengingat bahwa penempatannya tidak akan dibatasi oleh adanya lemari. Kalaupun tidak ingin menggunakan kitchen island, anda bisa menggantinya dengan meja atau area tempat duduk lainnya sebagai alternatif.

Selain menarik dan fungsional, desain dapur minimalis bentuk L membuat ruangan terlihat lebih luas. Karena gaya ini hanya memanfaatkan dua sisi dinding yang bahkan tidak sepanjang dindingnya. Itulah kenapa kesannya dapur akan terasa lebih lebar dan luas serta tidak sumpek.

5. Dapur Minimalis Bentuk U

Dapur Minimalis Bentuk U

Selain dapur minimalis bentuk L, ada juga bentuk menyerupai huruf U yang tidak kalah populer diterapkan oleh masyarakat saat ini. Model seperti ini dipilih lantaran mampu menawarkan sejumlah manfaat dan keuntungan bagi pemilik rumah. Salah satunya dapur bentuk U membuat anda lebih mudah untuk bergerak.

Terutama jika anda menerapkan sistem kitchen work triangle yang efisien. Yaitu sistem dimana seseorang dapat dengan mudah dan cepat bergerak menuju kompor, wastafel, dan kulkas. Jadi ketiga elemen dapur tersebut diletakkan secara strategis supaya perpindahan dari dan menuju ke ketiganya dapat dilakukan secara mudah serta cepat.

Dimana sistem kitchen work triangle yang efisien seperti itu bisa anda terapkan dengan mudah pada dapur minimalis bentuk U. Misalnya anda bisa meletakkan kulkas pada sisi kanan dapur, kemudian kompor di sisi kiri dapur, sementara wastafel ditempatkan pada bagian tengah dapur.

6. Dapur Minimalis Gaya Industrial

Dapur Minimalis Gaya Industrial

Dapur minimalis gaya industrial belakangan digemari oleh para pasangan muda yang baru menikah. Sebab penerapan gaya desain tersebut sangat mudah, apalagi desain dapur minimalis ini tidak membutuhkan banyak dekorasi di dalamnya. Sebagai bagian dari interior, anda cukup menggunakan furniture berwarna hitam dengan dinding batu bata merah.

Kemudian untuk memberikan sentuhan mewah pada dapur, anda bisa memakai perabot dengan elemen metal. Ditambah dengan marmer hitam sebagai material kitchen set supaya kesannya semakin elegan. Karena marmer sendiri memang termasuk jenis batu alam yang menjadi simbol kemewahan, dengan sifat yang kuat dan kokoh.

7. Dapur Minimalis Konsep Abu – Abu

Dapur Minimalis Konsep Abu – Abu

Abu abu merupakan warna netral, sehingga menjadi pilihan yang tepat untuk konsep desain rumah minimalis. Anda pun tentu dapat menerapkan warna tersebut untuk dapur di rumah. Apalagi warna yang monoton seperti ini tampak sangat serasi ketika dipadukan dengan perabotan yang terbuat dari stainless steel, contohnya seperti kompor.

Jadi penggunaannya pada area dapur memang menjadi ide yang bagus. Anda bisa mengaplikasikan warna tersebut pada bagian kabinet atas dan bawah. Memberikannya kesan yang modern dan tidak gampang kotor pada ruangan. Desain dapur minimalis seperti ini bisa juga dikombinasikan dengan warna putih pada furniture lainnya supaya lebih menarik.

Dan agar penggunaan ruangan lebih efisien, jangan lupa penataan furniture diperhatikan dengan cermat. Termasuk pula elemen lainnya seperti pencahayaan alami, misalnya dengan membuat jendela cukup besar atau skylight yang menjadi jalur masuknya sinar matahari dari luar ruangan.

Karena dapur adalah area yang penting di dalam rumah, maka desainnya harus dipikirkan dengan matang. Anda bisa mencoba salah satu di atas atau bahkan berkreasi sendiri sesuai selera dan kebutuhan masing masing. Dengan begitu, dapur akan menjadi ruangan yang nyaman untuk kegiatan memasak maupun menyantap hidangan bersama keluarga.


« back to news


Contact via Whatsapp