SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

5 Ide Desain Rumah Minimalis Modern yang Sederhana dan Mudah Ditiru

Desain rumah minimalis saat ini menjadi favorit sebagian besar masyarakat. Alasannya yaitu karena desain tersebut mampu menampilkan visual yang menarik, meskipun diterapkan pada lahan terbatas.

Dan semakin ke sini, desain rumah minimalis modern terus berkembang dan mengalami banyak inovasi. Berikut beberapa ide desain terbaru yang sederhana dan mudah untuk Anda tiru.

Baca Juga: 9 Jenis Apartemen dan Tipenya Masing-Masing

A. Rumah Minimalis Modern Bernuansa Putih

Rumah Minimalis Modern Bernuansa Putih

Putih merupakan warna netral yang dapat memperlihatkan secara jelas gaya minimalis pada hunian Anda. Bahkan warna putih ini memang begitu identik dengan desain rumah minimalis itu sendiri.

Sebab putih mengesankan bersih, luas, dan lega. Sehingga Anda bisa menggunakannya baik sebagai cat eksterior rumah maupun interior.

Untuk mempermanisnya, Anda juga dapat menggunakan batu alam yang warnanya tidak terang pada sebagian dinding dan tiang rumah.

Kombinasi batu alam yang berwarna gelap dengan cat dinding warna putih akan menciptakan harmonisasi yang menarik dipandang. Contohnya desain rumah modern bernuansa putih gaya skandinavia.

Ide desain rumah minimalis modern gaya skandinavia patut untuk Anda coba. Rumah yang identik dengan penerapan warna putih hampir di seluruh ruangannya ini, mampu memberi kesan luas.

Jadi meskipun Anda membangun rumah pada lahan terbatas, maka tidak masalah dan gaya skandinavia bisa diterapkan.

Umumnya, rumah gaya skandinavia seperti ini menampilkan banyak jendela besar supaya cahaya alami bisa masuk dengan mudah ke dalam rumah. Sehingga suasana ruangan pun terasa lebih hangat dan nyaman.

Pemanfaatan cahaya alami yang maksimal ini menjadi salah satu bentuk memperhatikan kelestarian alam, sesuai karakter masyarakat Skandinavia.

B. Rumah Minimalis Modern Bernuansa Kayu

Rumah Minimalis Modern Bernuansa Kayu

Ada banyak material yang dapat digunakan sebagai bahan utama membangun rumah minimalis modern. Salah satunya yaitu kayu, yang merupakan elemen alam sehingga mampu memberikan kesan natural pada hunian.

Kesan natural yang diciptakan dari penggunaan material kayu membuat rumah tinggal terasa lebih hidup, sejuk, dan nuansanya hangat.

Tidak heran apabila saat ini pun banyak orang yang mengandalkan kayu sebagai material utama bangunan rumah mereka. Terlebih jika desain yang diusung benar benar mampu menonjolkan hal tersebut.

Misalnya Anda bisa menambahkan jendela besar untuk menunjang sirkulasi udara sekaligus sebagai akses masuk cahaya.

Sehingga ruangan pun menjadi lebih sejuk dan semakin meningkatkan kesan natural yang ada. Atau bisa juga menerapkan rumah minimalis gaya Jepang yang furniturenya memang khas menggunakan bahan alam seperti kayu dan bambu. Budaya Jepang sendiri identik dengan kesan yang minimalis dan rapi.

Sehingga konsep rumahnya sering dilirik oleh negara negara lain dan mengaplikasikannya pada hunian masing masing. Anda pun dapat mencobanya untuk memperoleh kesan serupa.

Supaya lebih kental layaknya gaya Jepang, ornamen ornamen khas Jepang juga dapat ditempatkan di dalam ruangan sebagai elemen dekorasi interior.

C. Rumah Minimalis Modern dengan Taman

Rumah Minimalis Modern dengan Taman

Keberadaan taman di rumah punya banyak sekali manfaat. Sehingga ide desain rumah minimalis modern ini sudah populer sejak dulu sampai sekarang.

Selain menambah nilai estetika, taman yang berisikan tanaman hidup akan membuat lingkungan terasa lebih asri. Berbagai tanaman yang ada juga dapat berperan sebagai pemasok oksigen untuk pemilik rumah.

Ada banyak sekali denah yang bisa Anda coba apabila ingin memiliki rumah gaya minimalis dengan taman. Bahkan rumah satu lantai pun tetap bisa menghadirkan unsur taman ini.

Namun jika lahannya cukup terbatas, maka Anda harus puas dengan dua kamar saja. Meski hanya dua kamar, itu sudah cukup mengakomodasi kebutuhan keluarga kecil.

Untuk denahnya, ruangan depan dekat pintu masuk dapat dijadikan sebagai ruang tamu seperti pada umumnya.

Kemudian untuk ruangan di bagian belakang bisa difungsikan sebagai kamar tidur dan kamar mandi. Sementara tamannya sendiri dapat diletakkan di bagian belakang rumah.

Atau Anda bisa juga kamar mandi diletakkan tidak jauh dari ruang tamu, sementara di bagian belakang dekat kamar digunakan untuk dapur. Jadi dapur akan berada dekat dengan taman.

Sehingga Anda bisa membuat jendela besar yang langsung mengarah ke taman, supaya waktu memasak lebih menyenangkan dan asap yang dihasilkan dari proses memasak bisa langsung mengarah ke luar.

D. Rumah Minimalis Modern Bergaya Mewah

Rumah Minimalis Modern Bergaya Mewah

Inspirasi desain rumah minimalis modern berikutnya bisa menggunakan gaya yang mewah. Sederhana tapi mewah, apakah bisa ? Tentu bisa.

Dengan rancangan desain yang tepat, Anda bisa membuat hunian yang terlihat sederhana namun tetap terkesan mewah. Desain seperti ini bagus diterapkan pada rumah tipe 54 ke atas.

Sebab kebanyakan tipe seperti ini dihuni oleh kelas menengah ke atas dan lebih banyak ditempatkan di cluster mewah. Karena luasnya pun terbilang cukup mumpuni, maka rumah tipe 54 cenderung lebih mudah dibangun.

Jadi Anda tidak perlu sungkan apabila memiliki banyak ide kreatif, langsung saja konsultasikan dengan arsitek dan desainer interior untuk memperoleh desain impian.

Dimana Anda bisa menggunakan atap limas atau atap perisai supaya lebih memperlihatkan kesan mewah pada rumah tinggal.

Di bagian depan rumah bisa ditambahkan lampu berwarna kuning untuk menciptakan kesan yang hangat sekaligus elegan. Apalagi umumnya hunian tipe 54 di perumahan dibuat tanpa pagar.

Sehingga orang yang lewat pun bisa melihat dengan jelas suasana elegan dan mewah pada rumah. Namun sebagai gantinya, banyak yang menggunakan tanaman hias untuk pembatas rumah yang membatasi lahan parkir mobil dan pekarangan. Dan adanya tanaman hias ini justru bisa mempercantik desain rumah minimalis modern Anda.

E. Rumah Minimalis Modern dengan Kolam Renang

Rumah Minimalis Modern dengan Kolam Renang

Banyak orang yang mendambakan memiliki kolam renang pribadi di rumah, sehingga mereka tidak perlu pergi ke kolam renang umum ketika ingin berenang.

Jika Anda salah satunya, membangun kolam renang mini di sisa lahan rumah dapat dipertimbangkan. Bahkan Anda dapat menciptakan kolam renang pribadi pada desain rumah minimalis 1 lantai.

Meskipun ukuran kolam renangnya mungkin tidak akan terlalu besar, namun untuk penggunaan pribadi tentu masih sangat tercukupi.

Anda pun dapat memadukannya dengan menghadirkan jendela jendela besar dan penggunaan kaca pada pintunya. Sehingga hunian akan menampilkan gaya seperti villa.

Model desain seperti itu akan membawa Anda ke masa masa liburan. Sehingga rumah tinggal seperti ini pastinya akan selalu dirindukan ketika Anda punya banyak aktivitas di luar rumah.

Bahkan ketika akhir pekan tiba, Anda akan merasa lebih betah berlama lama di rumah ketimbang jalan jalan ke luar. 

Dengan desain rumah minimalis modern seperti itu, quality time bersama keluarga akan lebih terasa kehangatannya.

Apabila dirasa keberadaan kolam renang membuat lahan menjadi sempit, Anda bisa memperluasnya ke atas alias membuat rumah 2 lantai. Karena rumah 2 lantai tipe 45 dan 36 pun sudah sangat cukup untuk keluarga kecil.

Ketika menerapkan desain rumah minimalis yang tepat, keterbatasan lahan bukan lagi masalah besar. Karena hunian akan tetap terasa nyaman dan tampak cantik secara visual.

Apalagi ada opsi memperbanyak ruangan dengan membuatnya menjadi rumah tingkat. Sehingga Anda tidak perlu khawatir tidak punya banyak ruang di rumah.


« back to news


Contact via Whatsapp