SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Bingung Menentukan Desain Rumah Mewah? Berikut Ide Desain Inspirasi Terbaru

Salah satu faktor yang penting untuk membangun hunian impian Anda mempunyai ide desain yang tepat. Dengan desain yang tepat maka hunian tak hanya terlihat estetik namun nyaman digunakan. Ingin membangun rumah mewah namun bingung menentukan desain yang tepat?  Berikut adalah ide desain rumah mewah yang bisa jadi referensi Anda.

Baca Juga: Bikin Nyaman, Ini 7 Rekomendasi Desain Ruang Makan Mewah

Beberapa Inspirasi Desain Rumah Mewah

1. Rumah Mewah Klasik

Rumah Mewah Klasik

Rumah mewah tak harus mempunyai lahan yang luas dengan bangunan besar dan megah. Namun salah satu kunci hunian terlihat mewah adalah dari pilihan desain interior dan eksteriornya. Salah satu ide desain yang banyak digunakan adalah desain klasik yang masih digemari hingga kini.

Desain klasik ini akan banyak menggunakan aksen kayu dengan banyak pilihan perabotan vintage di dalamnya. Desain hunian klasik ini akan membuat hunian Anda akan terlihat lebih tradisional namun tetap punya sentuhan modern dan mewah yang terasa. Anda juga bisa menambahkan penggunaan batu di bagian eksterior untuk mewujudkan desain ini. 

2. Rumah Mewah Modern

Rumah Mewah Modern

Pilihan rekomendasi desain rumah mewah berikutnya adalah desain mewah yang modern. Desain modern selalu erat kaitannya dengan desain minimalis yang kekinian. Banyak sekali hunian yang menerapkan desain minimalis modern ini sebagai solusi membuat hunian tetap cantik walaupun mempunyai luas yang terbatas.

Namun ide desain mewah yang bergaya modern satu ini juga bisa Anda terapkan untuk hunian berkesan mewah impian Anda. Pilihan desain minimalis yang banyak menggunakan perabotan yang tampak simple ini akan membuat hunian Anda tampak lebih modern. Anda bisa menggunakan sentuhan warna putih untuk melengkapi desain ini.

3. Rumah Mewah Elegan

Rumah Mewah Elegan

Ide desain lainnya yang tak kalah banyak digunakan adalah desain mewah yang elegan. Kesan elegan ini biasanya akan mengadaptasi desain hunian bergaya Eropa. Desain bergaya Eropa ini akan membuat Anda membutuhkan banyak hiasan atau dekorasi besar yang punya kesan Eropa yang kental seperti lukisan dan ukiran lainnya.

Rumah mewah bergaya Eropa yang elegan ini juga biasanya akan dilengkapi dengan adanya halaman yang luas. Halaman ini bisa Anda hias menjadi taman yang cantik ataupun kolam ikan yang estetik. Anda juga bisa memanfaatkan halaman belakang yang tersisa untuk membuat kolam renang yang nyaman untuk anggota keluarga.

4. Rumah Mewah Serba Kaca

Rumah Mewah Serba Kaca

Pilihan desain rumah mewah lain yang kekinian namun tetap akan membuat hunian Anda terkesan mewah adalah pilihan bahan kaca. Bahan material kaca ini akan membuat hunian Anda lebih terlihat modern namun tetap mewah dan elegan. Anda bisa membuat banyak jendela besar yang terbuat dari bahan kaca.

Adanya jendela berukuran besar ini akan menambah estetika hunian Anda. Tak hanya itu, namun adanya jendela kaca besar ini akan membuat sirkulasi udara dan sinar matahari di dalam rumah akan lebih terjaga dengan baik. Sehingga tak hanya memenuhi kebutuhan estetika namun juga fungsional.

5. Rumah Mewah Serba Kayu

Rumah Mewah Serba Kayu

Kayu adalah salah satu bahan material yang paling banyak digunakan untuk membangun rumah. Baik rumah mewah maupun hunian dengan luas terbatas akan bisa menggunakan bahan satu ini. Kayu adalah salah satu bahan material yang mudah dibentuk menjadi banyak desain yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Sehingga banyak orang memilih menggunakan bahan kayu untuk bangunan rumahnya. Bahan ini tak hanya cantik dan membuat sedikit sentuhan klasik, namun bahan kayu yang berkualitas juga akan tahan lama digunakan. Warna bahan kayu yang coklat alami ini juga mudah bila Anda kombinasikan dengan warna bahan lainnya.

Baca Juga: 4 Pilihan Desain Keramik Ruang Tamu Mewah untuk Nuansa Elegan

Desain Rumah Mewah Berdasarkan Tata Ruangnya

1. Dengan Teras dan Balkon yang Luas

Salah satu ciri khas rumah mewah yang banyak digunakan adalah punya balkon yang luas dan nyaman. Selain punya halaman yang luas, namun hunian dengan kesan mewah juga akan bisa Anda wujudkan dengan memberi balkon di bagian lantai atas. Balkon ini akan berfungsi untuk ruangan tambahan atau juga berfungsi sebagai pelengkap estetika.

Sehingga bila Anda mempunyai ide untuk mewujudkan hunian besar dan mewah, maka menempatkan balkon di ruangan ruangan tertentu akan menambah kesan rumah elegan. Dari area balkon atau teras ini Anda bisa menikmati pemandangan sore hari atau malam hari yang lebih tenang namun tetap private.

Salah satu tips untuk membangun balkon yang tepat adalah dengan menghadapkan balkon ke arah halaman. Halaman, taman atau kolam renang bisa jadi latar pemandangan balkon atau teras yang cantik. Sehingga Anda bisa lebih betah berlama lama nongkrong cantik di daerah balkon ini baik sendiri atau bersama keluarga.

2. Ruangan yang Banyak

Hunian mewah dan besar tentu akan identik dengan banyaknya ruangan di dalamnya. Banyak juga orang yang menggunakan konsep hunian dengan ruangan yang banyak ini di dalam rumahnya. Hal ini bertujuan untuk membuat hunian Anda lebih nyaman digunakan untuk beraktivitas sehari hari.

Terlebih bila Anda mempunyai anggota keluarga yang banyak atau sering bekerja di rumah. Desain rumah mewah dengan banyak ruangan ini akan membuat ruangan lebih fungsional namun juga akan memberikan kesan private karena adanya sekat yang jelas antar ruangan. Jumlah ruangannya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan hunian dan anggota keluarga. 

3. Konsep Terbuka

Konsep hunain terbuka ini sudah mulai banyak digunakan di Indonesia. Konsep hunian terbuka ini awalnya banyak digunakan untuk bangunan villa yang disesuaikan dengan kebutuhan desain interiornya. Dengan menggunakan konsep hunian yang terbuka, maka Anda tidak akan menggunakan banyak sekat atau banyak pintu di dalamnya.

Selain itu, desain hunian yang terbuka ini banyak yang menggunakan konsep alami dengan banyak dekorasi tanaman hidup disekitarnya. Salah satu ruangan terbuka yang biasa digunakan adalah pada bagian dapur dan ruang makan. Tanpa sekat, dapur dan ruang makan ini akan langsung menghadap ke halaman yang asri dengan suasana yang tenang.

4. Konsep Tertutup

Siapa bilang hunian mewah yang besar dan tertutup tidak bisa estetik? Tentu saja bisa. Hunian dengan model tertutup ini memang sengaja dibangun untuk Anda yang membutuhkan privasi dan ingin menciptakan hunian dengan konsep yang tenang. Konsep hunian tertutup ini akan tetap cantik dan estetik dengan pilihan ide desain yang tepat.

Konsep desain rumah mewah yang tertutup ini bisa dimulai dengan penggunaan pagar yang tinggi yang akan menutupi hampir setengah tinggi bangunan rumah. Namun agar tidak terlihat sesak dan masih lega dan nyaman digunakan, Anda bisa memilih menggunakan ide desain minimalis dengan pilihan perabotan yang tepat.

Itulah sekilas tentang beberapa pilihan konsep hunian mewah yang bisa Anda gunakan. Hunian mewah dengan lahan yang luas tentu akan membutuhkan ide dan konsep yang tepat untuk mengolahnya. Tak hanya hunian yang terbatas saja yang membutuhkan konsep dekorasi namun juga untuk hunian dengan luas yang besar juga akan membutuhkan konsep yang tepat.


« back to news


Contact via Whatsapp