SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Mengenal Konsep Bohemian Pada Hunian yang Unik dan Cantik

Bereksperimen dengan interior rumah memang selalu menarik dengan bonus suasana rumah yang lebih nyaman.

Tidak jarang ada yang menggabungkan beberapa konsep sekaligus untuk hadirkan gaya yang berbeda.

Konsep Bohemian bisa Anda jadikan sebagai alternatif, apalagi konsep ini memiliki ciri khas yang unik yang siap membuat rumah makin cantik.

A. Sejarah Desain Bohemian

Sebelum Anda mengenal lebih dalam tentang Bohemian Style, rasanya kurang lengkap jika tidak mengetahui sejarahnya. Bagi orang awam gaya untuk rumah satu ini terbilang berantakan.

Tetapi bagi orang orang yang memiliki selera seni tinggi, gaya Bohemian cocok dengan jiwa bebas mereka. Perpaduan warna serta komponen yang bertabrakan menjadi keunikannya.

Bohemian Style sendiri merupakan jenis desain interior yang memadukan beberapa unsur dari vintage, etnik dan Hippie.

Istilah Bohemian sendiri memang disematkan untuk orang yang hidup bebas mengembara di sekitar pertengahan 1800 an. Seiring berjalannya waktu, istilah Bohemian akan identik dengan istilah gipsi.

Gipsi adalah istilah yang digunakan untuk orang yang melarikan diri dari aturan yang begitu kaku di daerah Bohemia Eropa Tengah.

Lantaran melarikan diri mereka akan hidup nomaden dan memiliki jiwa yang bebas.

Selain digunakan untuk rumah, Konsep Bohemian juga bisa digunakan di dunia fashion. Pada desain interior, konsep ini akan menampilkan kesan santai, bergaya bebas dan juga nyentrik.

Baca Juga: 5 Ide Desain Ruang Tamu Mewah yang Wajib Dicoba, Cantik dan Nyaman!

B. Karakteristik Konsep Bohemian

1. Lebih Sederhana

Jika Anda ingin menghadirkan tampilan yang mewah, maka konsep interior ini tidak akan cocok untuk Anda. Karena poin yang ditonjolkan memang bukanlah mewan juga modern.

Melainkan konsep artistik dengan menggunakan barang sederhana dan jauh dari kesan yang mahal.

Anda tentu tidak membutuhkan furniture yang mahal karena bisa menggunakan barang sederhana.

Bahkan gaya Bohemian banyak menggunakan barang bekas antik atau furniture dari kayu. Selain itu juga identik dengan kesan messy yang tidak megah.

Kunci utamanya memang ketidakteraturan dan membiarkan barang barang berserakan di dalam rumah. Kendati demikian justru menghasilkan paduan yang begitu unik yang berbeda.

2. Desain Interior Dengan Warna yang Mencolok

Selain sengaja dibuat berantakan, warna yang digunakan pada interior satu ini juga berani.

Konsep Bohemian bisa menggunakan warna - warna yang mencolok dan membuat Bohemian Nya semakin kental.

Tidak jarang warna uniknya saling bertabrakan sehingga kesan ramainya bisa ditonjolkan. Dalam satu ruangan bisa ada banyak warna berbeda.

Misalnya penggunaan wallpaper dengan motif warna merah tua, kemudian dipadukan dengan sofa merah yang tonenya berbeda dengan wallpapernya.

Ditambahkan dengan karpet bercorak yang warnanya berani dan bertabrakan. Nuansa artistik memang akan sangat terasa pada konsep interior yang satu ini.

3. Memiliki Banyak Ruang Terbuka Sebagai Pencahayaan Alami

Bukan hanya suka mencampurkan warna, karakteristik yang berikutnya terletak pada pencahayaan alaminya.

Gaya Bohemian akan memasang jendela jendela besar, kemudian dinding kaca serta skylight agar cahaya alami bisa masuk ke rumah.

Nantinya rumah akan terlihat lebih natural selain itu gaya bohemiannya juga bisa ditonjolkan.

Pencahayaan alami tidak hanya membuat rumah menjadi lebih terang. Tetapi Anda juga bisa menghemat energi, ketika siang hari Anda tidak perlu cahaya tambahan.

Cahaya matahari akan masuk melalui jendela kaca yang digunakan.

Untuk cahaya buatan, biasanya menggunakan lampu berwarna dengan bentuknya yang unik seperti lentera atau kandil.

4. Terdapat Tanaman Hijau

Mendekorasi dalam rumah bukan hanya menggunakan aksesoris yang  unik. Beberapa juga akan memberikan tanaman hijau sehingga rumah akan lebih alami.

Jika Anda ingin menggunakan tanaman, maka pastikan memilih yang mudah dirawat.

Tanaman tersebut juga sebaiknya bisa efektif mengusir nyamuk. Pilihan tanaman seperti sirih gading, sansevieria hingga peace lily bisa jadi pilihan.

Baca Juga: Kenali Lebih Jauh Tentang Konsep Kontemporer Dalam Desain Interior

4. Menggunakan Paduan Warna dan Pola Unik

Warna saja sepertinya tidak akan cukup untuk menggambarkan keunikan dari Bohemian Style. Anda akan menemukan pola pola yang juga unik, biasanya ditemukan pada penggunaan kain yang bermotif.

Kain ini akan dijadikan sebagai aksesoris untuk menutupi furniture sehingga lebih berwarna.

Pola unik ini bisa ditemukan pada sarung bantal ataupun aksen kecil seperti karpet. Bisa juga menggunakan motif tribal untuk taplak meja yang sangat pas bergabung dengan aksen kayu.

Untuk memudahkan Anda mengusung konsep ini, ada baiknya menggunakan cat dinding dengan warna netral.

5. Furniture Gaya Vintage

Tidak ketinggalan karakter dari Konsep Bohemian juga terlihat dari penggunaan furniturenya yang vintage. Kesannya tidak hanya berwarna tetapi juga antik serta lawas tetapi nyaman.

Furniture sederhana ini bisa dari berbagai zaman sehingga ciri khas Bohemiannya semakin terasa. Gabungkan juga dengan tekstur serta aksen warna yang cantik.

Anda yang sudah bosan dengan tampilan rumah yang itu itu saja, bisa menjadikan gaya Bohemian sebagai pilihan. Terutama jika ingin rumah yang lebih berwarna tetapi tetap indah dipandang mata.

Anda perlu memanfaatkan corak, tekstur hingga warna yang akan mengisi rumah menjadi lebih artistik.

Jika Anda membutuhkan ide atau inspirasi untuk furniture didalam rumah, agar terlihat lebih unik dan cantik bisa kunjungi galeri SANIHARTO terdekat.


« back to news


Contact via Whatsapp