SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Mengenal Jenis-Jenis Rumah dan Beragam Bentuknya

Tempat tinggal termasuk salah satu kebutuhan penting yang harus dipikirkan. BIla Anda berencana untuk membeli tempat tinggal, sebaiknya mengetahui berbagai jenis hunian yang bisa dipertimbangkan. 

Masing-masingnya memiliki perbedaan, baik dari bentuk sampai dengan materialnya. Berikut ini berbagai jenis rumah berdasarkan fungsinya.

1. Rumah Tapak

Jenis yang pertama yakni rumah tapak di mana rumah tapak akan terpisah dengan rumah lainnya. 

Bangunannya juga akan langsung berdiri di atas tanah. Karena tanah yang semakin mahal, saat ini jarang rumah tapak karena yang berdempetan. 

Hingga akhirnya kata rumah tapak ditujukan untuk rumah yang dibangun langsung di atas tanah dengan kepemilikan tunggal.

2. Town House

Berikutnya yakni Town House yang merupakan komplek perumahan serta memiliki unit terbatas. Beberapa juga menyebutnya sebagai apartemen dengan bentuk horizontal. 

Dalam kompleks hunian ini, penghuninya akan dimanjakan dengan banyak fasilitas umum. Sementara untuk bentuk rumahnya tidak jauh berbeda dengan yang lain.

3. Cluster

Cluster juga menjadi jenis rumah lainnya yang berada di komplek perumahan. Biasanya di dalamnya akan dibagi dalam beberapa kawasan atau sub komplek. 

Pada sub komplek akan tersedia fasilitas umum yang digunakan bersama. Selain itu ciri dari jenis-jenis rumah satu ini memiliki pagar tinggi.

4. Rumah Tunggal

Rumah Tunggal di masa lalu memang begitu mudah untuk ditemukan karena banyaknya lahan. Kini hunian tunggal ditujukan pada tempat peristirahat dan masih eksis hingga saat ini. 

Anda bisa menyebut villa, cottage, mansion ataupun bungalow untuk jenis ini. Biasanya berada di kawasan pegunungan atau pantai.

5. Rumah Kopel

Bangunan rumah jenis ini saling berhimpitan, terlihat seperti satu rumah. Padahal sebenarnya dua rumah yang digabung menjadi satu. 

Dipisahkan dengan satu dinding dengan ukuran yang imbang. Anda bisa menemukannya di daerah Bandung atau Garut yang menjadi peninggalan Belanda.

Baca juga: 11 Jenis Marmer yang Cocok Digunakan untuk Interior Rumah

6. Apartemen

Bangunan bertingkat dan di dalamnya ada banyak ruang bisa disebut Apartemen. Mirip dengan hotel tetapi dijadikan sebagai hunian jangka panjang. 

Ada beberapa jenis apartemen yang dijadikan hunian, mulai dari tipe studio, 1 kamar, 2 kamar sampai dengan kondominium. Di dalamnya juga dilengkapi berbagai fasilitas.

7. Kondominium

Sebagian juga menyebutnya sebagai condotel atau kondominium hotel yang merupakan jenis dari apartemen. 

Keberadaannya banyak ditemukan di Amerika dan menjadi milik perorangan. Barulah di awal 2000-an sudah banyak ditemukan di kota besar. hunian mewah ini bisa dijadikan pilihan.

8. Rumah Susun

Seperti namanya, rumah susun merupakan jenis jenis rumah di Indonesia yang mirip apartemen tapi lebih sederhana. 

Dijadikan sebagai alternatif untuk mengatasi keterbatasan lahan dan banyak ditemukan di kota besar. 

Tentu saja ditinggali oleh banyak kepala keluarga dengan ruangan yang ukurannya sama.

9. Rumah Toko

Rumah toko lebih akrab dikenal ruko bagi masyarakat Indonesia. termasuk properti yang memiliki dua fungsi, bisa dijadikan sebagai tempat bisnis juga untuk tempat tinggal. 

Umumnya dibangun lebih dari dua tingkat, dengan lantai satu sebagai toko sisanya sebagai rumah. 

10. Rumah Kantor

Tidak jauh berbeda dengan rumah toko, rumah kantor juga memiliki dua fungsi. Untuk bagian bawah dijadikan sebagai aktivitas perkantoran, dan lantai lainnya untuk tempat tinggal. Biasanya yang meninggali para staf kantor bukan pemilik kantor.

11. Kosan

Kosan biasanya akan menjadi pilihan ekonomis. Untuk model kos-kosan, biasanya akan disediakan dalam keadaan unfurnished.

Jadi, untuk kebutuhan furniture dan perlengkapan lainnya disediakan oleh orang yang tinggal dalam kosan tersebut.

Namun, ada juga jenis kosan yang sudah fully furnished, biasanya kosan ini termasuk jenis premium dengan harga yang relatif lebih mahal. 

Namun, saat Anda memutuskan untuk tinggal disini semua perlengkapannya sudah ada bahkan memiliki fasilitas lain seperti lounge room, kolam renang kecil, hingga tempat kumpul yang ada di lantai paling atas.

12. Kontrakan

Jika kosan disewakan setiap kamar, maka Kontrakan disewakan satu unit rumah. 

Bisa menjadi pilihan para perantau yang membutuhkan privasi, atau bisa juga ditinggali oleh keluarga kecil. 

Apabila ada kerusakan ketika mengontrak, maka anda yang bertanggung jawab membetulkan.

13. Transit Oriented Development

Jenis rumah yang berikutnya yakni Transit Oriented Development atau TOD yang merupakan hunian yang terintegrasi dengan transportasi umum. 

Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat masa kini dan bentuknya seperti apartemen.

Baca juga: Manfaat Kayu Pinus, Salah Satunya Sebagai Material Perabot Rumah Tangga!

14. Rumah Lelang

Jika pernah mendengar rumah lelang, maka ditujukan untuk rumah yang pembayarannya tidak lunas. 

Kemudian pihak bank menyitanya dan menjualnya dengan cara lelang. Bisa menjadi alternatif untuk anda yang ingin memiliki rumah dengan harga yang terjangkau dengan cara mengikuti pelelangan.

15. Small Office Home Office (SOHO)

Small Office Home Office disingkat SOHO yakni hunian vertikal yang mirip apartemen tetapi sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas kantor.

Dengan SOHO maka akan lebih meminimalisir mobilisasi, bisa langsung bekerja dan tinggal sekaligus. Biasanya di daerah dengan jumlah masyarakat usia produktif tinggi.

16. Rumah Subsidi

Upaya pemerintah untuk memeratakan kepemilikan rumah dilakukan dengan memberikan subsidi. Menjadi opsi untuk anda yang ingin rumah dengan lebih terjangkau. 

Hanya saja biasanya jenis jenis rumah ini ada di kawasan yang masih belum berkembang. Ternyata ada banyak jenis rumah yang bisa anda temukan di Indonesia. 

Anda bisa memilih hunian yang sesuai budget dan kebutuhan Anda. Jadi, jangan sampai salah pilih, ya!


« back to news


Contact via Whatsapp