SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Kelebihan dan Kekurangan Panel Dinding Kayu

Panel dinding kayu menjadi salah satu opsi bagi anda yang ingin membuat tampilan rumah menjadi terkesan lebih alami dan hangat. Wall panel ini adalah solusi yang patut dipertimbangkan apabila anda malas mengecat ulang dinding tiap tahun. Sehingga dinding pun akan tetap terlihat menarik dan artistik.

Apa Itu Panel Dinding ?

Memiliki pengaruh yang besar terhadap tampilan rumah, apa sebenarnya panel dinding itu sendiri ? Panel dinding atau wall panel adalah lembaran papan dengan struktur dan motif tertentu. Memasang panel dinding ini dapat menjadi cara untuk menutupi cat yang memudar, adanya lubang di dinding, kerusakan pada dinding, hingga lapisan semen yang rontok.

Sehingga pemasangannya akan membantu meningkatkan estetika ruangan di dalam rumah. Bentuknya yang secara umum dirancang berupa 3D, membuat dinding anda akan tampak lebih bervolume dan menarik. Ketebalan tiap lembarnya sendiri bervariasi, mulai dari 8 mm hingga 15 mm. Bahkan anda bisa memperoleh lebih dari itu jika memesannya secara custom.

Karena saat ini sudah banyak tersedia panel dinding yang bisa custom, maka anda pun dapat menyesuaikannya dengan gaya hunian masing masing. Baik itu rumah mengusung desain minimalis, sederhana, modern, maupun Japanese Scandinavian alias Japandi, pemasangan wall panel cocok untuk semua tema.

Kelebihan Panel Dinding Kayu

Panel dinding kayu banyak dijadikan pilihan oleh masyarakat, dan tentunya hal tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya panel dinding ini mempunyai sejumlah kelebihan yang mampu ditawarkan. Salah satunya yaitu unsur seni dan artistiknya yang membuat tembong menjadi lebih mendominasi ruangan.

Contohnya bisa dilihat pada rumah joglo yang hampir 80% materialnya dibuat dari bahan kayu, termasuk bagian dinding. Pengaplikasiannya bukan hanya artistik, namun mampu berkontribusi dalam melestarikan kebudayaan. Di samping itu, penggunaan panel dinding dari material kayu akan menghadirkan suasana yang natural dan hangat di dalam rumah.

Tidak berhenti sampai di situ, panel dinding ini juga membuat proses pembangunan menjadi lebih cepat. Kenapa ? Karena dinding kayu telah dibentuk sedemikian rupa bahkan sebelum dipasang. Jadi langsung mengikuti rancangan dari desain awalnya, tidak seperti dinding semen atau bata yang disusun mengikuti pola. Ditambah lagi, panel kayu termasuk ramah lingkungan.

Kekurangan Panel Dinding Kayu

Meskipun punya banyak kelebihan, bukan berarti panel dinding dari kayu tidak mempunyai kekurangan. Anda pun perlu mengetahui kekurangannya sebagai bahan pertimbangan, sekaligus mencari cara untuk menyiasati kekurangan tersebut. Adapun salah satunya yaitu proses instalasi panel ini jauh lebih rumit di awal.

Baik dari bagaimana dinding berdiri hingga sistem kuncinya harus diperhatikan secara cermat. Baru kemudian panel dinding kayu bisa dipasang lebih cepat karena sudah siap pakai. Supaya pemasangannya tepat, tentu anda harus mencari jasa yang tepat dan profesional untuk kebutuhan pemasangan tersebut.

Kemudian ada risiko kebakaran yang lebih tinggi untuk penggunaan material kayu. Karena kayu akan lebih mudah terbakar ketika bersinggungan dengan api, dan itu merupakan sifat dasar dari kayu. Meskipun begitu, sebenarnya risiko ini dapat diminimalisir dengan cara tidak menempatkan barang yang mudah terbakar di dekat api.

Contoh Panel Dinding Kayu

Panel Dinding Kayu Outdoor

Menggunakan panel tembok kayu outdoor akan membantu mengubah tampilan luar dari rumah anda. Sehingga eksterior rumah pun tidak akan terlihat polos dan membosankan. Dalam hal ini, terdapat banyak model desain yang dapat dijadikan pilihan. Namun yang harus diberi perhatian lebih adalah bahannya, mengingat bahwa panel dinding ini akan diaplikasikan di bagian luar rumah.

Misalnya panel dinding dari bahan decking kayu yang umumnya sering diaplikasikan untuk lantai outdoor. Biasanya bahan decking kayu acap kali digunakan di area luar ruangan, seperti rooftop, taman, halaman, hingga pinggiran kolam renang. Anda pun dapat memanfaatkannya sebagai panel dinding untuk mempercantik tampilan rumah.

Panel Dinding Kayu Ruang Tamu

panel dinding kayu ruang tamu

Karena ruang tamu adalah tempat anda menyambut orang dari luar rumah, maka panel dinding kayu untuk ruangan ini harus memperhatikan estetika. Misalnya anda dapat menggunakan pola herringbone, sehingga tidak perlu repot menambahkan kembali dekorasi berupa hiasan dinding.

Dilihat dari tampilannya, pola herringbone menunjukkan rupa yang cantik dan mampu memberikan kesan hangat pada ruangan. Pola herringbone sendiri berbentuk persegi panjang atau jajaran genjang yang secara teratur membentuk pola zig zag. Pola ini bisa anda aplikasikan jika bosan dengan pola biasa yang mainstream.

Panel Dinding Klasik

panel dinding klasik

Jika lebih suka gaya klasik, coba pilih jenis panel kayu berwarna gelap yang motifnya lebih sederhana. Bisa juga dengan menggunakan corak campuran, sehingga anda tidak perlu repot memikirkan tata letak ketika mengaplikasikannya. Pasangkan saja tiap unit secara acak, maka tampilannya pun bisa lebih artsy ketika diperhatikan.

Panel Dinding dengan Struktur Menonjol

panel dinding struktur menonjol

Panel dinding dengan struktur menonjol terbilang cukup diminati karena membuat tampilan rumah menjadi lebih artistik. Struktur kayu yang menonjol juga mampu membuat kesannya lebih natural dan hidup. Apabila anda mengkombinasikannya dengan tanaman hias dan ornamen batu, maka anda akan memperoleh ruangan yang menarik dan lebih asri.

Panel Dinding dengan Model Anyaman

panel dinding dengan model anyaman

Bentuk lain yang boleh dicoba yaitu panel dinding kayu dengan model anyaman. Unik dan kreatif adalah kata yang tepat untuk menggambarkan gaya panel dinding tersebut. Desain panel tersebut cukup tricky, lantaran terdapat lembar kayu yang dipotong menjadi bentuk persegi dan kayu horizontal yang digunakan. Sehingga pemasangannya membutuhkan tenaga profesional.

Panel Dinding Bergaya Rustic

panel dinding bergaya rustic Mau yang terkesan lebih alami ? Coba panel dinding berbahan kayu yang bergaya rustic. Model ini cocok pula diaplikasikan pada hunian yang bergaya industrial. Anda dapat memilih panel dinding dari kayu yang berbentuk bulat. Kemudian aplikasikan setiap unitnya secara abstrak supaya lebih artistik.

Tips Merawat Panel Dinding Kayu

Jika tidak dirawat dengan baik, panel dinding akan memberikan kesan kusam dan muncul bercak bercak, alih alih tampilan yang cantik serta artistik seperti yang diharapkan. Oleh karena itu, anda sebagai pemilik rumah harus melakukan perawatan secara rutin dan berkala guna menjaga tampilan cantik rumah.

Untuk panel dinding berbahan kayu, pastikan anda membersihkannya dari debu yang menempel secara rutin. Tidak lupa bagian sudut dinding kayu juga harus dibersihkan dari debu dan sarang laba laba. Cara membersihkannya bisa menggunakan kemoceng, lap atau serbet yang kering, atau alat pembersih yang lembut lainnya.

Sebaiknya jangan menggunakan lap basah untuk membersihkan, karena panel dinding kayu lama kelamaan bisa lapuk jika sering terkena air. Apabila terkena percikan air, maka sebaiknya segera dikeringkan dengan lap bersih. Anda pun dapat melakukan pemolesan secara berkala untuk menjaga kelembapan dinding. Selain itu, hindari memasang paku pada dinding agar tidak membekas dan berlubang.

Tertarik menggunakan panel dinding berbahan kayu ? Ada banyak desain dan model yang bisa anda terapkan ketika menggunakan panel dinding tersebut. Selama anda melakukan perawatan yang tepat, maka dinding kayu akan mampu memberikan tampilan yang cantik dan menarik dalam waktu lama. 

Hubungi Tim Konsultan dari Saniharto untuk informasi seputar penjualan produk dan pemesanan panel dinding kayu terbaik disini.


« back to news


Contact via Whatsapp