SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

6 Tips Desain Kolam Renang Rumah Mewah Dengan Kesan Elegan

Lahan kosong di rumah tidak hanya bisa dijadikan sebagai taman namun juga bisa dijadikan kolam renang. Ingin punya kolam renang di rumah namun bingung memilih desain yang tepat? Berikut adalah pilihan 6 tips desain kolam renang rumah mewah yang akan membuat hunian kamu tampak lebih elegan. 

Tips Mempersiapkan Membuat Kolam Renang

1. Pertimbangkan Ukuran Kolam Renang

Membuat kolam renang di rumah akan membuat hunian anda tampak lebih mewah dan elegan. Namun untuk membangun kolam renang ini juga membutuhkan perhitungan yang matang dan tidak bisa asal saja. Salah satu hal yang bisa menjadi pertimbangan adalah dengan mempertimbangkan ukuran kolam renang yang akan dibangun. 

Kamu bisa membuat kolam renang yang sesuai dengan sisa halaman rumah kamu. Jangan membuat kolam yang ukurannya terlalu luas dan malah akan tidak tampak estetik. Kamu bisa mempertimbangkan jumlah pengguna kolam renang dalam rumah dan mempertimbangkan anggaran pembangunannya. 

2. Pertimbangkan Kedalaman Kolam Renang

Hal berikutnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah tentang ke dalam kolam renang. Kolam renang yang digunakan untuk anak kecil misalnya, akan sesuai bila mempunyai kedalaman sekitar 0,5 hingga 1 meter. Sedangkan untuk kolam renang untuk orang dewasa rata rata kedalaman kolam renang adalah sekitar 1,4 hingga 2 meter. 

Namun kamu juga bisa menggabungkan kedalaman kolam tersebut sehingga kolam renang rumah mewah akan bisa digunakan untuk anak anak ataupun untuk orang dewasa. Kamu bisa membuat kolam yang dibagi menjadi dua jenis kedalaman yang berbeda. Selain itu kamu juga bisa menambahkan tanjalan di dalam kolam untuk memisahkan kedalamannya. 

3. Pertimbangkan Sistem Sirkulasi Air

Hal lain yang tidak kalah penting dalam membuat kolam renang adalah memilih sistem sirkulasi air kolam renang. Hal ini penting karena Ketika air kolam digunakan tentu akan ada air kolam yang tumpah keluar sehingga harus dipertimbangkan bagaimana cara efisien untuk membuat air kolam renang tetap terisi penuh. 

Ada dua sistem sirkulasi air kolam yang banyak digunakan yaitu skimmer dan overflow. Sistem skimmer sesuai digunakan untuk kolam renang yang berukuran kecil. Sedangkan sistem overflow akan cocok digunakan untuk kolam renang lebih besar karena ada gutter atau saluran air di sekeliling kolam.

4. Pertimbangkan Jenis Pelapis Internal Kolam

Selain pertimbangan diatas, ada satu hal lain yang tidak boleh dilewatkan yaitu pelapis dalam kolam renang. Bahan pelapis kolam renang yang umum digunakan adalah keramik. Bahan ini dinilai paling sesuai dan efisien karena pemasangannya yang mudah, namun harganya juga masih terjangkau.

Selain itu, pemasangan keramik di dalam lapisan dinding kolam renang rumah mewah akan membuat kolam renang kamu tampak lebih mewah dan elegan. Bahan keramik ini juga lebih mudah dibersihkan, sehingga kamu tidak perlu khawatir akan terlalu sering membersihkan kolam renang kamu dirumah.

Tips Desain Kolam Renang Mewah

Mendesain kolam renang tidak terbatas, bagaimana Anda menentukan desain kolam renangnya saja. Namun aspek exterior yang perlu diperhatikan untuk menunjang keindahan kolam renang yang sudah Anda rancang.

Aspek-aspek yang perlu diperhatikan antara lain dapat berupa bagunanan tambahan seperti gazebo, furniture outdoor, pencahayaan di malam hari, hiasan dan taman hias untuk mempercantik tampilan area kolam renang rumah Anda.

1. Kolam Renang Mewah dengan Gazebo

kolam renang mewah dengan gazebo

Desain kolam renang modern saat ini memang lebih beragam daripada desain kolam renang dahulu yang terkesan monoton. Banyak ornamen yang bisa kamu gunakan untuk membuat kolam renang kamu di rumah tampak semakin berwarna. Selain itu ornamen yang digunakan ini juga bisa kamu pilih yang fungsional dan tidak hanya pelengkap estetika.

Salah satu ornamen yang bisa kamu pilih adalah dengan menggunakan gazebo. Gazebo atau pondok kecil yang terbuat dari bahan kayu ini bisa jadi pilihan ornamen yang akan membuat kolam renang kamu tampak elegan. Gazebo ini juga bisa kamu jadikan sebagai tempat bersantai sambil menikmati makanan setelah Lelah berenang.

2. Kursi Santai Kolam Renang

kursi santai kolam renang

Selain gazebo, kamu juga bisa memilih kursi santai yang bisa dipasang di bagian pinggir kolam. Banyak desain kursi santai yang bisa kamu gunakan untuk melengkapi desain kolam renang kamu agar terlihat lebih nyaman namun tidak berlebihan. Kamu bisa memilih kursi santai dengan ukuran yang sesuai dengan kolam renang kamu.

Selain itu, kamu juga bisa memilih kursi santai dengan jumlah yang disesuaikan dengan luas pinggir kolam. Bila Jenis Kolam Renang di Rumah kamu berukuran cukup luas kamu bisa menambahkan kuris santai sekitar 4 kursi dengan memberikan jarak yang cukup. Namun bila kolam renang kamu minimalis, 2 kuris santai sudah cukup memberikan kesan cozy.

3. Kursi Taman Outdoor

kursi taman outdoor

Selain kursi santai, kamu juga bisa menggunakan kursi taman outdoor di pinggir kolam renang, Kursi taman seperti ini memang akan banyak digunakan di taman atau halaman depan dan belakang rumah. Namun juga akan cocok bila digunakan dipinggir kolam renang. Kamu juga bisa memadukan antara kolam renang dan taman disampingnya.

Bila halaman rumah kamu terbatas, maka kamu juga bisa lho menggunakan desain kolam renang dengan pinggiran taman yang cantik. Kamu bisa menempatkan satu set kursi taman outdoor yang akan membuat kolam renang kamu makin estetik dan juga terlihat asri karena ada taman yang dibangun di sampingnya.

4. Air Mancur dan Patung

Kamu tentu sudah banyak melihat taman atau kolam ikan yang menggunakan air mancur atau patung untuk ornamennya. Ornamen air mancur atau patung ini akan membuat taman tersebut tampak lebih mewah dan elegan bukan? Kedua ornamen ini juga bisa lho kamu gunakan untuk hiasan pada kolam renang.

Bila kamu punya ukuran Jenis Kolam Renang di Rumah yang cukup luas maka memilih ornamen air mancur dan patung ini akan menjadi pilihan yang tepat. Kamu bisa memilih ukuran air mancur dan patung yang tepat untuk kolam renang kamu. Hindari memilih ukuran yang terlalu besar dan malah akan menutupi keindahan kolam renang.

5. Lampu LED Underwater

Desain kolam renang modern saat ini memang lebih beragam dan punya banyak pilihan ornamen cantik. Salah satunya adalah dengan memasang lampu LED yang ada di bawah kolam renang. Lampu LED underwater akan membuat kolam renang kamu menjadi lebih cantik dan tampak lebih elegan.

Lampu LED underwater ini akan menyala di malam hari sehingga akan memberikan kesan unik di kolam renang kamu. Kamu bisa memilih warna cahaya kesukaan kamu dan tidak hanya cahaya putih saja. Bila daerah sekitar kolam renang ini dijadikan sebagai lokasi pesta, tentu akan menambah semaraknya.

6. Menghias Taman Sekitar

Seperti yang sempat disebutkan sebelumnya, bahwa ide membuat Jenis Kolam Renang di Rumah bisa juga disatukan dengan ide membuat taman di sekitarnya. Kolam renang kamu dirumah akan menjadi semakin cantik dan rindang bila dipadukan dengan taman yang dibangun di sekeliling kolam renang dengan pilihan tanaman dan bunga yang indah. Selain masuk ke dalam kolam renang, anggota keluarga anda juga dapat bermain-main di area taman.

Itulah beberapa pilihan desain dan tips untuk membuat desain kolam renang dengan baik di rumah. Desain kolam renang yang dipikirkan dengan baik akan mempengaruhi kualitasnya. Sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk melakukan perbaikan kolam renang dalam waktu yang lama dan bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Bingung mendekorasi kolam renang di rumah mewah Anda? Konsultasikan dengan tim Saniharto seputar furniture yang cocok untuk menghiasi kolam renang mu. Custom Outdoor Furniture Mewah Berkualitas sekarang juga!


« back to news


Contact via Whatsapp