SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Inspirasi Desain Ruang Kerja Minimalis di Rumah

Seiring dengan banyaknya aktivitas kerja dari rumah sekarang, maka banyak orang ingin membuat ruangan kerja di rumah dengan suasana yang nyaman. Salah satu konsep yang banyak digunakan adalah ruangan minimalis. Bila anda ingin memiliki ruang kerja yang minimalis di rumah dengan desain yang nyaman, yuk simak beberapa inspirasi desain ruang kerja minimalis.

Apa itu Ruang Kerja

Ruangan kerja adalah ruangan khusus yang dibuat untuk tempat bekerja agar terasa nyaman. Ruangan kerja tidak hanya berada di kantor namun juga bisa anda bawa ke dalam rumah. Hal ini karena sudah banyak orang yang melakukan pekerjaan dari rumah saja. Sehingga akan ruangan khusus untuk bekerja akan banyak dibutuhkan saat ini.

Ruangan yang digunakan untuk bekerja ini tidak harus dalam ruangan yang luas. Namun anda juga bisa memanfaatkan ruangan kosong dengan luas terbatas dan disulap menjadi ruangan kerja yang nyaman. Ruangan kerja ini akan bisa menggunakan konsep ruangan minimalis yang membuat anda nyaman berada disana dalam waktu yang lama.

Fungsi Ruang Kerja

Seperti Namanya, ruangan kerja akan berfungsi sebagai ruangan untuk bekerja di rumah. Ruangan ini akan diberikan beberapa sentuhan desain yang akan membuat anda betah berlama lama bekerja dalam ruangan. Furniture dan alat elektronik yang digunakan juga akan membantu memperlancar kegiatan bekerja anda di rumah.

4 Hal yang Perlu diperhatikan Untuk Membuat Ruang Kerja

ruang kerja minimalis

1. Tentukan Tema

Bila anda ingin membuat ruang kerja minimalis di rumah, maka Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah menentukan tema. Desain ruangan kerja akan bisa anda tentukan sesuai dengan keinginan anda masing masing namun tetap mempertimbangkan kondisi luas ruangan yang digunakan.

Misalnya saka anda bisa menggunakan tema minimalis, modern atau tema ruangan industrial yang kekinian. Kedua konsep ruangan tersebut akan membuat ruangan kerja anda lebih terasa nyaman dengan tidak banyak perabotan yang digunakan. Konsep ini juga akan membuat kesan ruangan luas terbatas lebih terlihat lega.

2. Perhatikan Pencahayaan

Selain menentukan tema ruangan yang akan digunakan. Anda juga harus lebih memperhatikan jenis pencahayaan yang akan dilakukan. Jenis cahaya yang akan lebih baik digunakan adalah cahaya putih yang punya terang yang cukup. Untuk melengkapi ruangan kerja, maka tidak disarankan untuk menggunakan cahaya kuning yang redup.

Hal ini bertujuan untuk membuat anda lebih nyaman melakukan pekerjaan karena mata anda akan lebih nyaman. Namun bila anda akan menggunakan lampu yang redup, maka akan berpotensi membuat mata cepat Lelah. Hal ini akan menurunkan tingkat produktivitas pekerjaan anda. Jadi, anda harus memilih cahaya yang pas untuk ruangan kerja anda.

3. Pilih Perabot Serbaguna

Hal lainnya yang perlu diperhatikan saat membuat ruang kerja minimalis yang nyaman dirumah adalah dengan memilih perabotan yang tepat. Bila ruangan kerja dirumah anda cukup terbatas, maka pemilihan jenis perabotan ini akan sangat menentukan apakah ruangan tersebut bisa nyaman digunakan atau tidak.

Bila anda mengusung konsep ruangan yang minimalis, maka pilihan perabotan yang sesuai harus dilakukan. Anda bisa memilih jenis perabotan yang tidak menggunakan banyak ukiran dan lebih memilih perabotan warna polos misalnya. Selain itu, anda juga bisa memilih perabotan yang sesuai dengan ukuran ruangan dan jangan terlalu besar.

4. Penyimpanan yang Fungsional

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menghemat ruangan kerja yang terbatas adalah dengan memanfaatkan jenis perabotan multifungsi. Perabotan yang akan digunakan ini biasanya akan mempunyai tidak hanya satu namun bisa digunakan berbagai kebutuhan lainnya. Sehingga dengan perabotan multifungsi ini akan menghemat banyak tempat.

Salah satu contohnya adalah seperti penggunaan sofa yang juga bisa berfungsi sebagai lemari penyimpanan di bawahnya. Atau mungkin anda bisa menggunakan jenis meja portable yang bisa dilipat bila tidak dibutuhkan, sehingga anda akan bisa menghemat banyak luas ruangan saat tidak digunakan untuk bekerja. Namun setidaknya untuk tempat penyimpanan, minimal sertakan rak buku untuk menemani meja kerja agar ruangan terlihat rapi.

Desain Ruang Kerja Minimalis

1. Ruang Kerja di Sudut Ruangan

ruang kerja di sudut ruangan

Bila anda ingin punya ruang kerja minimalis di rumah maka anda bisa memilih beberapa ide desain yang bisa digunakan dengan praktis dan tidak makan tempat. Salah satu ide desain ruangan kerja yang bisa anda gunakan adalah ruangan kerja di sudut. Ruangan kerja jenis ini akan menjadi solusi untuk anda yang tidak punya ruangan khusus untuk bekerja.

Bila anda tidak mempunyai satu ruangan kosong yang tidak digunakan, anda juga bisa membuat sudut ruangan bekerja di kamar atau di tempat lainnya di sudut rumah. Kamu bisa menyulap bagian sudut rumah tersebut menjadi ruangan kerja yang nyaman. Walaupun tidak banyak perabotan yang digunakan namun tetap akan terasa nyaman.

2. Ruang Kerja Minimalis dalam Keluarga

ruang kerja minimalis dalam keluarga

Desain ruang kerja berikutnya yang bisa anda gunakan adalah ruangan kerja dengan desain minimalis di dalam rumah keluarga. Bila rumah yang anda tempati saat ini punya satu ruangan yang tidak terpakai namun bukan ruangan kamar, maka anda bisa menggunakan ide desain ruangan kerja satu ini yang tidak akan makan tempat.

Mengapa tidak makan tempat? Hal ini akan berkaitan dengan konsep ruangan kerja minimalis yang akan diusung. Konsep minimalis ini akan membuat ruangan anda tampak lebih luas walaupun lokasinya terbatas. Anda bisa menggunakan warna cat dinding polos dengan perabotan yang senada.

3. Ruang Kerja di Kamar Tidur

ruang kerja di kamar tidur

Desain ruang kerja minimalis berikutnya yang bisa anda buat dirumah adalah desain ruang kerja yang berada di kamar tidur. Ruangan kerja yang menyatu atau berada di dalam kamar tidur ini akan membuat akses anda lebih mudah ke dalam ruang kerja bila dibutuhkan. Sehingga pilihan ruangan kerja berikut lebih banyak dipilih.

Desain ruangan kerja di dalam kamar timur ini akan membuat anda lebih berfikir tentang desainnya. Namun untuk membuatnya sederhana, anda bisa menyesuaikan saja desain ruangan kerja anda dengan konsep kamar tidurnya. Sehingga anda akan bisa mendapatkan tema ruangan yang senada dengan kamar tidur.

Tips Menciptakan Ruang Kerja Minimalis yang Nyaman

Gaya hunian minimalis memang sedang banyak digemari saat ini. Bila anda tertarik dengan desain minimalis satu ini, maka anda bisa menggunakan pilihan warna netral yang polos. Selain pilihan warna yang membuat ilusi ruangan lebih cerah ini, anda juga bisa memilih perabotan minimalis dengan kaki yang tinggi.

Perabotan seperti kursi, meja, dan ranjang ini akan lebih baik bila mempunyai kaki. Sehingga ruang kerja minimalis akan mempunyai ilusi lebih luas namun juga akan lebih mudah dibersihkan. Walaupun desain ruangan ini minimalis, namun bila anda ingin memajang beberapa ornamen lucu, anda bisa melakukannya.

Itulah sekilas tentang konsep ruangan kerja yang bisa anda terapkan di hunian anda. Konsep ruangan kerja tersebut akan nyaman dengan konsep minimalis. Konsep ini juga akan cocok untuk membuat ruangan anda tampak lebih lega bahkan bila menggunakan luas ruangan yang terbatas sekalipun.


« back to news


Contact via Whatsapp