SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Tips Membuat Model Kanopi Rumah Mewah yang Estetik

Menambah estetika eksterior rumah selalu dapat ditingkatkan dengan tambahan dekorasi yang estetik. Salah satu komponen dekorasi yang bisa ditambahkan yaitu berupa kanopi rumah mewah dengan gaya modern. Anda akan bisa menemukan banyak model kanopi yang bisa digunakan. Yuk simak pengertian dari Kanopi hingga inspirasi bentuk yang bisa dicontoh.

Apa Itu Kanopi Rumah?

Kanopi umumnya diartikan sebagai suatu komponen bahan tahan cuaca yang mampu memberikan perlindungan terhadap benda berharga yang ada di luar ruangan atau taman rumah. Kanopi yang digunakan dalam dunia arsitektur dapat diartikan sebagai atap yang digunakan untuk melindungi bagian luar ruangan dari hujan dan teriknya matahari.

Kanopi yang dikembangkan sekarang banyak digunakan di garasi dan di balkon rumah, kantor, dan bangunan lainnya. Hal tersebut karena kanopi juga bisa memberi kesan teduh dan tidak terasa hangat, yang juga mempengaruhi ruang lain di rumah, rumah sakit, kafe, dan lainnya. Selain itu, Canopy kini banyak digunakan di tempat parkir waterfront dan juga di setiap halte bus.

Selain fungsinya sebagai pelindung, keberadaan kanopi merupakan bagian tak terpisahkan dari keindahan desain bangunan. Dan sekarang ada berbagai model dan jenis kanopi. Oleh karena itu, bahan yang digunakan untuk membuat kanopi pun mulai beragam sehingga memudahkan pemilihan sesuai selera dan kebutuhan, misalnya clapboard (kayu), kain, dan fiber semen.

Manfaat Kanopi di Rumah

1. Sebagai Media Pelindung

Manfaat pertama yang bisa dirasakan saat memilih menggunakan kanopi rumah mewah yaitu bisa memberikan perlindungan pada teras rumah atau garasi agar tidak terkena sinar matahari secara langsung maupun basah terkena hujan. Selain itu kanopi juga bisa menjadi penghalang benda yang jatuh dari ketinggian yang bisa merusak mobil dan lainnya.

Penggunaan kanopi ini juga dapat memberikan kesan halaman rumah atau garasi terlihat lebih rapi dan bersih. Memasang kanopi di garasi atau taman luar ruangan dapat melindungi barang-barang berharga di taman dan mencegahnya tertusuk oleh sinar matahari langsung bahkan hujan, menjaga warna objek tetap baik dan menghindari kerusakan akibat hujan.

2. Melengkapi Desain Eksterior

Selain digunakan untuk memberikan perlindungan, keberadaan kanopi ini juga memiliki manfaat untuk menambahkan nilai estetika di luar rumah. Dengan begitu maka rumah bisa terlihat lebih berbeda dari desain milik tetangga. Pasanglah kanopi untuk mempercantik tampilan rumah minimalis rumah Anda dan menjadikannya terlihat lebih indah dan modern.

3. Menciptakan Suasana Lebih Teduh

Selain digunakan untuk menghindari terik matahari secara langsung, penggunaan kanopi rumah mewah ini juga akan membantu menyerap dan menyaring panas dari sinar matahari. Dengan begitu maka cahaya yang menyilaukan tidak akan masuk sehingga suasana dan udaranya terasa lebih sejuk dan tidak terlalu panas ketika memasuki waktu siang hari.

Bahan Kanopi

Penghematan bahan bangunan untuk atap sangat penting guna meminimalisir biaya pembangunan rumah. Itulah mengapa penggunaan kanopi menjadi salah satu alternatif pilihan terbaiknya. Saat ini banyak sekali jenis kanopi yang harganya tergantung dari bahan yang digunakan dan sangat bervariasi mulai dari stainless steel, besi, baja ringan, dan lainnya.

Implementasi Kanopi Rumah

1. Kanopi Teras

Anda akan bisa menemukan berbagai jenis material yang digunakan untuk membuat kanopi. Bahan tersebut meliputi baja ringan hingga atap beton tebal. Anda bisa menambahkan kanopi ini pada bagian teras rumah yang menjadi penyambung dengan pintu masuk. Banyak inspirasi yang bisa dicontoh dengan model kanopi yang seperti ini.

Salah satunya yaitu seperti yang bisa ditemukan di The Zora BSD yang memberikan perpaduan elemen eksterior ala desain rumah jepang dengan tambahan kanopi modern. selain untuk bisa melindungi mobil dengan bentuk yang minimalis dari hujan dan panasnya matahari, kanopi ini juga berfungsi untuk berteduh serta bersantai di depan teras rumah.

2. Kanopi Balkon

Jenis implementasi berikutnya yaitu dengan membuat kanopi di balkon rumah dengan ukuran minimalis. Seperti yang diketahui bahwa umumnya kanopi didesain dengan bentuk yang cukup besar. Dengan begitu anda bisa memutuskan untuk membuat kanopi permanen atau bisa dilipat sesuai dengan keinginan saat berada di atas balkon rumah.

Terdapat banyak contoh inspirasi yang bisa ditemukan terkait balkon yang terbuka dan juga permanen di atas balkon. Salah satu contoh yang bisa dilihat yaitu seperti di Ocean Bay Sun Nusa Dua Bali. Jenis material Kanopi yang bisa digunakan untuk balon rumah minimalis yaitu menggunakan Kayu untuk bisa menambahkan kesan yang lebih estetik dan elegan.

Selain itu, anda juga bisa menentukan material yang digunakan sesuai dengan berbagai jenis furniture yang digunakan pada balkon. Ketika anda ingin menerapkan gaya ala pedesaan maka bisa memilih menggunakan kanopi berbahan kayu dan kemudian menambahkannya dengan beberapa dekorasi yang bisa memberikan kesan kehangatan dan kenyamanan.

Sedangkan jika anda ingin menciptakan desain modern dan industrial maka bisa memilih material menggunakan baja ringan atau aluminium. Namun jika ingin menambahkan kesan romantis bisa diatasi dengan kanopi bermotif garis garis untuk bisa memunculkan kesan klasik. Salah satu contoh yang bisa dilihat yaitu Sutera Winona dengan konsep Amerika Klasik.

3. Kanopi Carport

Atap carport bisa disebut atap transparan jika atapnya tembus pandang. Berkat atap transparannya, anda bisa melihat awan dengan jelas di area mobil. Hal ini dapat menimbulkan kesan ruangan yang terbuka pada interior garasi. Anda tidak perlu khawatir, karena atap ini telah dilengkapi dengan bahan material yang melindungi dari sinar UV.

Atap mobil transparan umumnya menggunakan material polikarbonat yang berbentuk lembaran datar atau bergelombang. Keunggulan atap polikarbonat antara lain ketahanan terhadap kondisi cuaca ekstrim, ketahanan terhadap radiasi UV dan variabilitas yang cukup. Carport dengan atap polikarbonat saat ini sedang menjadi tren di wilayah Indonesia.

4. Kanopi Halaman Belakang

Untuk kanopi halaman belakang, anda bisa memilih menggunakan material spandek atau zincalume yang merupakan kombinasi silikon, seng, dan aluminium. Bahan yang satu ini relatif tipis namun tetap bisa memantulkan panas matahari. And bisa meletakkan material kanopi ini di bagian halaman belakang untuk menciptakan suasana yang sejuk dan tenang.

Inspirasi Model Kanopi Rumah Mewah

inspirasi model kanopi rumah mewah

Secara estetis, atap kanopi kaca mampu membuat rumah mewah terlihat stylish dan elegan. Dikombinasikan dengan gouge hitam, dan kanopi rumah mewah jenis ini cocok untuk bangunan industri modern. Namun memasang atap kaca mengharuskan anda bersiap melakukan perawatan ekstra karena kaca rawan pecah dan juga terlihat kotor.

Menentukan kanopi yang akan digunakan di rumah bisa disesuaikan dengan desain eksterior. Anda juga perlu tahu jenis material apa yang terbaik untuk menambahkan kesan estetika pada eksterior rumah. Selanjutnya, buatlah bentuk kanopi yang unik untuk menambahkan kesan modern. Jangan lupa untuk memperimbangkan nilai fungsi kanopi.


« back to news


Contact via Whatsapp