SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Desain Tempat Tidur Kayu Jati Mewah

Tempat tidur merupakan salah satu furniture esensial yang ada di dalam rumah. Selain menunjang waktu istirahat, tempat tidur juga dapat menjadi elemen dekorasi yang membantu meningkatkan estetika. Dalam hal ini, tempat tidur kayu jati mewah banyak dipilih oleh masyarakat. Sebab dipan dengan bahan kayu jati mampu menghadirkan berbagai kelebihan.

Apa Itu Dipan ?

Dipan merupakan bagian dari tempat tidur. Disebut pula dengan istilah spring box, yakni bagian bawah tempat tidur yang berfungsi sebagai penopang kasur. Menurut KBBI, dipan sendiri diartikan sebagai tempat tidur dari papan yang tidak berkelambu. Yang merupakan bangku panjang rendah, dapat digunakan untuk duduk maupun berbaring.

Istilah dipan sendiri diserap dari bahasa Belanda, yaitu divan. Dan divan dalam bahasa Belanda berasal dari bahasa Parsi, yaitu devan, mengacu pada ruang kerja para dewan. Secara umum, dipan terbuat dari rangka kayu yang dilengkapi busa atau foam, lalu dibalut dengan kulit sintetis atau kain. Biasanya terdapat kaki dipan di bagian bawah yang memberikan jarak dengan lantai.

Jenis Jenis Dipan

Dipan Panel Bed

Dipan panel bed terbuat dari bahan kayu yang dapat diisi dengan kasur pegas. Pada bagian headboardnya biasanya dibuat tinggi, kemudian dihiasi oleh kain pelapis atau ukiran. Sementara pada bagian footboard dipan panel bed dibuat lebih rendah dari headboard. Anda bisa memiliki tempat tidur kayu jati mewah dengan model dipan seperti ini.

Dipan Platform Bed

Jika diperhatikan, dipan platform bed hampir mirip dengan dipan panel bed. Hanya saja, dipan panel bed mempunyai empat papan yang dibingkai kasur di empat sisinya. Sementara dipan platform bed cenderung lebih sederhana pada rangkanya. Bentuknya kotak dengan papan kayu yang berpola geometris.

Apabila anda menyukai konsep minimalis, jenis dipan platform bed merupakan pilihan yang bagus untuk digunakan di kamar. Apalagi karakternya lebih sederhana dan clean, sehingga sangat ideal untuk gaya minimalis. Di pasaran, anda bisa menemukannya dikenal dengan nama lain seperti ranjang kabin atau ranjang panggung.

Dipan Sleigh Bed

Berikutnya ada jenis dipan sleigh bed yang bentuknya mirip dengan sleigh atau kereta luncur salju. Ciri khas dipan ini bisa dilihat dari headboard dan footboard, yang mempunyai lengkungan ke arah luar. Bentuk lengkungan tersebut terinspirasi dari gaya Yunani dan Romawi pada abad ke-19, memberikan kesan yang manis serta ramping.

Box Spring Canopy Bed

Gambar spring canopy bed

Tempat tidur kayu jati mewah juga dapat dibuat dengan menerapkan jenis box spring canopy bed. Sesuai namanya, jenis dipan ini memiliki kanopi di bagian atasnya sebagai tudung. Adanya kanopi tersebut membuat ranjang terlihat lebih mewah, bak tempat tidur kerajaan di negeri dongeng. Apalagi pada bagian sisinya bisa diberi tambahan kain dekoratif yang mempermanis tempat tidur.

Kelebihan Memakai Dipan Kayu Jati

Kayu jati dikenal mempunyai kekuatan dan daya tahan yang baik. Tidak heran jika kayu jati sering dimanfaatkan sebagai bahan utama untuk membuat berbagai furniture, termasuk dipan tempat tidur. Bahkan penggunaan dipan kayu jati bisa tahan sampai puluhan tahun apabila dirawat dengan baik.

Itu karena kayu jati mempunyai kandungan minyak alami, yang membuatnya lebih tahan terhadap rayap maupun serangga lainnya. Dari sisi estetika, kayu jati juga mampu menawarkan keunggulan tersendiri. Warnanya yang khas cokelat keemasan membuat ranjang tampak semakin menarik, ditambah dengan serat lurus yang dimiliki jenis kayu tersebut.

Penggunaan spring box sendiri mampu memberikan sejumlah manfaat. Seperti mencegah kasur bersentuhan langsung dengan lantai dan melancarkan sirkulasi udara, membantu mengurangi penumpukan debu, kasur lebih awet, mempermudah membersihkan ruangan kamar, dan banyak pilihan model dipan yang memungkinkan anda mempercantik kamar.

Desain Tempat Tidur dari Kayu Jati Mewah

Tempat Tidur Kayu Jati Natural

gambar tempat tidur natural

Siapa bilang bahwa desain yang natural tidak bisa memancarkan kesan yang mewah ? Justru desainnya yang dibuat senatural mungkin membuat tempat tidur terlihat elegan. Tempat tidur kayu jati mewah ini cocok untuk generasi milenial karena kesannya lebih muda. Warnanya yang natural memberikan kesan hangat di dalam ruangan, sekaligus membuat kamar tampak lebih modern.

Tempat Tidur Klasik Mewah

gambar tempat tidur klasik mewah

Gaya klasik selalu memiliki peminat, sehingga anda dapat mempertimbangkannya jika termasuk sebagai pecinta gaya klasik nan mewah. Desain dipan ini sangat klasik, dengan headboard dan footboard kotak. Bagian headboard sedikit lebih tinggi dari footboard, seperti tempat tidur klasik pada umumnya.

Melengkapi gaya desain tersebut, anda dapat menambahkan side table bernuansa sama seperti ranjang di kiri dan kanan tempat tidur. Meja samping tersebut bisa difungsikan untuk menaruh lampu hias. Adanya lampu hias tidak hanya untuk menerangi ruangan, tapi juga sekaligus mempercantiknya.

Tempat Tidur dengan Laci

gambar tempat tidur dengan laci

Memiliki kamar dengan luas cukup terbatas bukan berarti anda tidak bisa memiliki ranjang mewah. Karena anda masih bisa menggunakan tempat tidur mewah dengan laci yang fungsional. Dengan dipan kayu yang didesain sedemikian rupa, anda bisa mendapatkan kesan mewah sekaligus rapi pada ruangan. Karena laci dapat digunakan untuk menyimpan sprei, sarung bantal, atau barang lainnya.

Tempat Tidur Mewah Ala Kerajaan

tempat tidur mewah ala kerajaan

Tempat tidur kayu jati mewah ala kerajaan menampilkan headboard megah dengan banyak ukiran. Model ini sangat pas untuk interior dengan gaya Victorian yang mewah layaknya di istana kerajaan. Finishing kayu yang dilapisi warna emas mewah membuat tempat tidur terlihat lebih mengesankan. Jika anda menggunakan furniture yang senada, maka anda pun akan memperoleh kamar bak istana.

Tips Memilih Dipan Kayu Jati

Meski kayu jati dikenal mempunyai ketahanan yang bagus, namun anda sebaiknya tidak memilih dipan dari kayu jati secara sembarangan. Coba perhatikan apakah dipan mempunyai sambungan. Hal ini penting, karena dipan kayu jati tanpa sambungan pastinya akan jauh lebih awet.

Anda juga sebaiknya menghindari dipan yang memiliki lubang, karena berpotensi dijadikan sebagai rumah oleh serangga kecil walaupun kayu jati termasuk tahan terhadap rayap atau serangga lain. Selain itu, finishing yang baik dan berkualitas dengan warna yang merata tentunya akan lebih cantik, sehingga cocok dijadikan pilihan.

Tips Merawat Dipan Kayu Jati

Apabila anda ingin mempertahankan tampilan tempat tidur kayu jati mewah yang dimiliki, maka anda pun harus memperhatikan perawatannya dengan baik. Perawatan furniture dari kayu jati sendiri sebenarnya tidak sulit, namun harus dilakukan secara berkala. Dimana anda perlu melakukan cat ulang agar dipan selalu tampak baru.

Selain itu, pastikan meletakkannya di tempat yang terlindung dari sinar matahari dan bersihkan lekukan perabotan secara rutin. Anda juga dapat menggunakan cairan pembersih furniture jika perlu untuk menjaga kebersihannya. Supaya lebih kinclong lagi, anda pun bisa mengaplikasikan gel atau wax untuk menjaga tampilan ranjang.

Bagaimana, tertarik menggunakan dipan kayu jati sebagai tempat tidur di rumah ? Bukan hanya untuk kenyamanan, namun penggunaannya akan meningkatkan estetika ruangan. Apalagi saat ini model dipan kayu jati semakin bervariasi, sehingga anda dapat menyesuaikannya dengan tema yang diusung pada ruangan. Alhasil kamar pun akan tampak lebih menarik.

Untuk itu, Anda dapat memesan tempat tidur kayu jati Custom sesuai dengan kebutuhan. Konsultasikan Ide bersama tim Saniharto. Hubungi Sekarang.


« back to news


Contact via Whatsapp