SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Tangga Rumah Mewah

Bagi anda yang ingin membangun rumah dua lantai atau lebih, tangga adalah elemen yang penting. Tangga ini juga dapat didesain sedemikian rupa untuk mempercantik hunian anda. Untuk itu, mulai dari bahan, bentuk tangga dan kemiringan, bagian pegangan, hingga lebar anak tangga perlu diperhatikan. Berikut simak selengkapnya agar dapat menciptakan desain tangga rumah mewah yang menarik.

Bahan Tangga

Bahan yang digunakan untuk membuat tangga dapat mempengaruhi kesannya. Dimana bahan material yang digunakan ini terbilang cukup beragam. Dimana masing masing bahan tersebut tentunya mempunyai kelebihannya masing masing, sehingga anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan serta keseluruhan desain rumah. Adapun yang paling umum digunakan yaitu sebagai berikut.

Tangga Batu atau Bata

Meski di rumah rumah modern saat ini tangga batu atau bata sudah mulai jarang digunakan lantaran dinilai ketinggalan zaman, namun dulunya material ini begitu populer. Kini penggunaannya lebih banyak dipakai sebagai tangga di area outdoor untuk memberikan kesan natural, contohnya tangga yang ada di area taman.

Tangga Beton

Tangga beton yang terkenal kuat banyak dipasang secara permanen untuk rumah tinggal, perkantoran, ataupun pertokoan. Penutup atas beton dapat menggunakan keramik, marmer, maupun granit untuk menciptakan tangga rumah mewah yang menarik. Bahan ini adalah pilihan paling ideal apabila anda ingin membuat tangga berbentuk melengkung atau spiral.

Tangga Logam

Dari segi harga, tangga yang menggunakan bahan logam atau besi cenderung lebih murah. Tidak heran jika bahan ini cukup populer di kalangan masyarakat. Apalagi konstruksinya tidak kalah dari bahan lain, dan tangga logam juga sangat irit tempat. Namun anda harus pintar mengatur desainnya, sebab tangga logam sering kalah cantik bila dilihat dari sisi estetika.

Tangga Kayu

Apabila anda menyukai furniture dari kayu dan berencana akan menggunakan berbagai perabotan kayu untuk melengkapi hunian, maka patut mempertimbangkan pembuatan tangga kayu. Ini akan menciptakan tema desain yang terkesan alami serta hangat di rumah, sangat pas untuk area yang tidak terlalu besar. Namun diperlukan trik dalam pembuatannya supaya tidak mudah rusak terkena air atau dimakan rayap.

Tangga Kaca

Di rumah rumah modern, kini cukup banyak orang menerapkan tangga kaca. Material tersebut mampu menonjolkan kesan mewah dan dapat memaksimalkan pencahayaan alami, lantaran sifatnya merefleksikan cahaya. Demi keamanan dan keindahan, pastikan anda melakukan perawatan secara berkala apabila memilih menggunakan tangga kaca.

Bentuk Tangga dan Kemiringan Tangga

Bentuk dan kemiringan tangga menjadi unsur penting yang juga harus diperhatikan saat membangun tangga rumah mewah. Sebab bentuk tangga yang terlalu miring dan curam tentunya dapat membahayakan anda dan keluarga. Anda bebas membuat bentuknya lurus, berbelok bentuk L, berbalik arah bentuk U, bercabang bentuk Y, spiral, maupun bentuk melingkar.

Namun pastikan bahwa pembuatannya mempertimbangkan keselamatan orang yang melaluinya. Buat tangga dengan kemiringan yang tidak curam dan nyaman dilalui, sehingga mobilitas dari lantai bawah dan lantai atas pun menjadi lebih mudah. Selain itu, beberapa bentuk tangga mungkin membutuhkan lebih banyak ruang. Jadi silahkan sesuaikan dengan space yang ada di rumah anda.

Bagian Pegangan Tangga

Berikutnya, bagian pegangan tangga. Adanya pegangan tangga ini berfungsi untuk mencegah anda terjatuh saat naik atau menuruni tangga. Selain dibuat dengan mempertimbangkan keamanan, pegangan tangga juga dapat dirancang untuk alasan estetika. Jadi selain nyaman untuk dipegang, bagian tersebut akan membuat tangga di rumah terlihat lebih menarik dan cantik.

Lebar Anak Tangga

Penting bagi anda untuk memastikan bahwa setiap anak tangga mempunyai ukuran dan luas yang sama. Dengan begitu, maka risiko anda terpeleset ketika naik atau turun tangga pun dapat diminimalisir. Ukuran yang selaras juga membuat elemen tersebut tampak lebih harmonis, sehingga meningkatkan estetika interior rumah.

Desain Tangga Rumah Mewah

Tangga Kontemporer

Salah satu ciri dari desain kontemporer adalah penggunaan warna warna netral seperti hitam, putih, dan grayscale. Sentuhan warna warna netral tersebut membuatnya tampak elegan, cocok untuk tangga rumah mewah. Gaya kontemporer juga sering dipadukan dengan aksen warna kontras untuk menghadirkan kesan yang lebih artistik dan dinamis.

Sehingga anda dapat menggunakan warna kontras pada bagian pegangan tangga atau railing untuk menampilkan kesan tersebut. Misalnya tangga putih dengan pegangan berwarna hitam. Bisa juga dipadukan dengan dinding yang memiliki pahatan pahatan artistik supaya makin cantik, hingga ambience lampu di bagian anak tangga.

Tangga Modern

gambar tangga modern

Selain tangga kontemporer, anda juga dapat mengusung desain tangga modern yang kekinian. Misalnya dengan menambahkan sentuhan industrial yang memang sangat pas dengan gaya modern. Material besi umumnya digunakan untuk gaya desain seperti ini. Elemen jeruji besi yang disusun secara horizontal pada pagar tangga akan menciptakan unsur industrial yang kuat.

Tangga Floating Stairs

Desain tangga floating stairs menampilkan kesan futuristik di rumah. Modelnya mengejutkan dengan menampilkan anak tangga yang berdiri sendiri tanpa ada bagian yang menahannya, seolah tangga tersebut melayang di udara. Desain seperti itu banyak dipakai di konsep hunian high-tech yang umumnya mengadopsi minimalis ekstrim.

Adapun beberapa model tangga dengan konsep floating stairs yang bisa anda terapkan antara lain floating stairs dengan railing yang masif, floating stairs dengan railing yang menggantung, serta cantilevered stairs yang merupakan floating stairs tanpa menggunakan railing. 

Tangga Melingkar

Tangga rumah mewah dengan desain melingkar patut anda pertimbangkan apabila bosan dengan model tangga lurus. Meski space yang dibutuhkan untuk tangga melingkar memang lebih besar, namun kesannya jauh lebih menarik dan anti mainstream. Apalagi jika menggunakan tangga melingkar transparan berbahan kaca. Ekspresi transparan dapat menghadirkan kesan elegan dan pesona modern di rumah.

Tangga Klasik

gambar tangga klasik

Gaya klasik memang bisa dibilang tidak ada matinya. Dari dulu sampai sekarang, tema desain klasik tidak pernah sepi peminat. Apalagi tangga klasik juga dapat dimodifikasi supaya tampak lebih modern. Sehingga kesan yang diberikan justru jauh lebih menarik dan tidak pasaran. Misalnya lantai tangga tetap menggunakan elemen kayu, namun desain hollow dibuat lebih sederhana dan simpel.

Tangga Heliks

Tangga heliks yaitu model tangga yang sengaja dibuat meliuk untuk menampilkan kesan menawan. Karakteristik utamanya terletak pada pemilihan material dan warna yang digunakan. Namun tidak ada aturan khusus mengenai hal tersebut, jadi anda bisa menggunakan berbagai kombinasi warna maupun memadukan material yang diinginkan.

Misalnya dengan anak tangga yang menggunakan material kayu, sementara pagar tangga menggunakan material besi. Akan tetapi, tangga rumah mewah model meliuk ini umumnya bergaya retro. Jadi supaya aksennya lebih kuat, biasanya kayu yang digunakan memiliki motif dan railingnya tersusun oleh material solid yang berwarna pekat. Sehingga tampilan tangga secara keseluruhan menjadi lebih menawan.

Selain berfungsi sebagai penghubung antara lantai satu dengan lantai lainnya, tangga di dalam rumah memang dapat membantu meningkatkan estetika hunian. Sehingga proses perancangannya akan lebih baik jika mempertimbangkan desain yang menarik. Contoh desain di atas bisa anda pertimbangkan dengan disesuaikan terhadap tema ruangan. Hubungi Saniharto untuk design tangga mewah impian Anda!


« back to news


Contact via Whatsapp