SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Mengenal Pantry Dapur Lengkap dengan Inspirasi Desain

Membuat hunian makin cantik tidak hanya dengan memperhatikan desain eksteriornya saja. Namun desain interior untuk ruangan yang bahkan jarang dilihat oleh tamu dari luar juga perlu diperhatikan, contohnya seperti area pantry. Pantry dapur yang memiliki desain apik tentunya akan membuat anda lebih bersemangat saat memasak. 

Apa Itu Pantry ?

Pantry adalah tempat dimana anda bisa menyimpan berbagai bahan makanan dan perlengkapan masak, sekaligus sebagai tempat menyiapkan bahan sebelum kemudian diolah di dapur. Istilah pantry sendiri berasal dari bahasa Perancis, paneterie, yang digunakan untuk melengkapi dapur bersih.

Beberapa masyarakat luar negeri memang umumnya membuat ruangan dapur menjadi dua tipe, yaitu dapur bersih dan dapur kotor. Dapur bersih berfungsi untuk kegiatan memasak ringan, sedangkan dapur kotor sebagai sarana memasak makanan yang berat dan mencuci peralatan masak.

Dan pantry biasanya melengkapi area dapur bersih tersebut, yang mana kini model seperti itu mulai banyak diadopsi pada rumah rumah modern di dalam negeri. Anda bisa memanfaatkan ruangan yang luas ataupun lemari kecil pada sudut dapur untuk menciptakan pantry.

Perbedaan Pantry dan Dapur

Dilihat dari definisinya, pantry sudah jelas berbeda dengan dapur. Meski pantry sendiri dapat melengkapi dapur anda. Pantry dapur diartikan sebagai ruangan atau lemari kecil tempat menyimpan perkakas, piring, dan bahan makanan. Sementara itu, dapur adalah ruangan khusus tempat memasak. 

Jadi pantry mungkin bukan bagian paling glamor yang ada pada desain rumah, karena pantry ini bisa hanya didesain berbentuk lemari kecil pada sudut dapur. Meskipun begitu, anda tetap bisa membuatnya terasa seperti bagian dari hunian yang penuh estetika. Apabila anda menciptakan tampilan pantry yang selaras dengan gaya rumah, maka dapur pun akan terlihat lebih menyenangkan.

Dengan adanya pantry, maka penghuni rumah bisa lebih mudah menyimpan semua peralatan masak dan bahan makanan yang ada. Ketika sudah tiba waktunya mengolah makanan, anda pun tidak harus sibuk mencarinya di setiap sudut area dapur. Karena semuanya disimpan di satu tempat khusus, yaitu pantry.

Inspirasi Desain Pantry Dapur

Pantry Kantor

Untuk pantry kantor, umumnya desain yang diaplikasikan sangat sederhana dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Sebab bahan makanan yang disimpan juga tidak terlalu banyak dan beragam layaknya di rumah. Adapun tempat penyimpanan alat dan bahan makanan bisa menggunakan kabinet kayu, atau bisa juga material lainnya yang tampak sederhana.

Jika ruangan lebih besar, pantry bisa didesain lebih kreatif. Karena area ini bisa memberikan vibes yang lebih energik dan mendorong semangat para karyawan. Misalnya dengan menambahkan mesin kopi pada sudut pantry, kulkas kecil, hingga microwave. Sehingga karyawan dapat beristirahat di pantry dengan nyaman, makan, atau mengobrol dengan teman kerja.

Pantry Rumah

Pantry dapur di rumah bisa didesain dengan berbagai macam gaya. Anda perlu menyesuaikannya terhadap tema yang diusung di rumah secara keseluruhan. Dengan begitu, maka pantry tidak hanya akan terlihat seperti kabinet biasa yang digunakan untuk menyimpan makanan. Lebih dari itu, pantry akan menjadi elemen dekorasi yang menarik.

Apabila rumah anda memiliki luas yang terbatas dan mengusung gaya minimalis, pantry yang compact dan fungsional dapat dijadikan pilihan. Jika dapur berada dekat dengan tangga, area di bawah tangga bahkan dapat dimanfaatkan sebagai pantry. Anda hanya perlu merancangnya dengan memperhatikan ukuran dan konsep desain, supaya selaras dengan tangga yang ada di rumah.

Pantry Dapur Mewah

Memiliki space yang besar tentu akan sangat menyenangkan, membuat anda bisa lebih leluasa ketika ingin mengeksplorasi ide desain. Salah satunya pantry mewah yang mempunyai tampilan elegan, bukan hal yang sulit untuk dihadirkan di rumah. Misalnya anda bisa membuat pantry letter L. Model ini membuat anda seolah sedang berbelanja di supermarket.

Desainnya juga memberikan tampilan yang fleksibel pada pantry, memungkinkan anda melihat dengan jelas semua bahan makanan dan peralatan yang ada. Sehingga tidak akan sulit mencarinya ketika dibutuhkan. Agar tampak lebih mewah dan menarik, anda dapat memberikan sentuhan kayu pada furniture pantry.

Seperti panel plywood atau kayu solid, yang memiliki ketahanan cukup baik sekaligus mampu membuat tampilan dapur tampak mewah. Apalagi kayu solid diketahui bersifat timeless, membuat pantry dapur anda tidak akan pernah ketinggalan zaman. Di lain sisi, panel plywood menyediakan beragam pilihan model yang memungkinkan anda bisa bereksplorasi lebih luas.

Pantry Dapur Sederhana

Jika ingin yang lebih sederhana, anda bisa mencoba mini pantry di rumah. Desainnya secara cerdik memaksimalkan ruang yang ada. Anda bisa menggunakan rak kecil yang dipasang di bagian bawah maupun rak gantung. Dimana rak bagian atas bisa digunakan untuk menyimpan akses rempah rempah serta peralatan makan.

Sedangkan rak di bagian paling bawah menampung bahan lainnya yang disimpan dalam botol, sehingga meminimalisir risiko botol jatuh dan pecah. Meskipun tampak sederhana dan sangat minimalis, siapa sangka jika model pantry yang sederhana seperti ini mampu mengakomodir berbagai kebutuhan anda terhadap ruang penyimpanan.

Pantry Sambung

Desain pantry sambung sangat cocok diterapkan apabila anda mempunyai ruang dapur yang luas. Sebagian area di dalam dapur bisa digunakan untuk menciptakan area pantry sambung ini. Yang nantinya digunakan untuk menyimpan peralatan masak, menyimpan bahan makanan atau minuman, serta mini kitchen untuk kebutuhan ringan layaknya menghangatkan makanan di microwave dan menyeduh teh.

Gaya pantry dapur yang menyambung seperti itu sangat ideal dengan konsep dapur bersih dan dapur kotor. Pantry dengan mini kitchen adalah bagian dari dapur bersih yang digunakan untuk aktivitas ringan. Sedangkan dapur pada sisi lainnya difokuskan untuk kegiatan memasak yang lebih berat.

Pantry Ruangan Rahasia

Inspirasi desain kitchen pantry satu ini bak ruangan rahasia, karena dibuat terpisah dari dapur utama. Jadi di dalam dapur bisa dibuat satu ruangan kecil tertutup lengkap dengan pintu untuk pantry. Di dalamnya anda bisa menyimpan berbagai bahan makanan serta peralatan masak. Kulkas juga bisa ditempatkan dalam ruangan kecil tersebut.

Supaya tidak terlalu kontras di satu sudut ruangan, yang pada akhirnya dapat menciptakan ketidakharmonisan di dapur, maka anda bisa menyamakan tema pantry di ruangan rahasia tersebut dengan desain dapur secara keseluruhan. Desainnya yang senada akan menciptakan suasana harmonis yang cantik.

Pantry Sederet dengan Dapur

Jauh lebih sederhana, pantry yang dibuat sederet dengan dapur bisa anda pertimbangkan. Dinding dapur dan kitchen island bisa anda manfaatkan. Daripada dibiarkan kosong, anda bisa menyusun bahan peralatan masak atau bahan makanan di sana. Sehingga pantry dapur akan terlihat rapi, sekaligus efektif karena letaknya berdekatan dengan tempat memasak.

 

Memiliki pantry memang bukan suatu kewajiban, karena peralatan masak dan bahan makanan bisa disimpan sesuka hati pemilik rumah. Meski begitu, merancang pantry tentu akan membantu membuat dapur anda lebih rapi. Apalagi jika desainnya dibuat estetik, maka dapur pun akan terlihat lebih cantik. Yuk coba!


« back to news


Contact via Whatsapp