SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Ruang Baca - Manfaat dan Rekomendasi Interior

Memiliki ruang baca sendiri menjadi impian banyak orang. Terutama bagi penggemar buku yang suka mengoleksi buku buku kesukaannya. Desain ruang baca saat ini juga sudah mulai beragam dan bisa disesuaikan dengan konsep ruangan dan hunian. Berikut adalah sekilas pembahasan tentang ruang baca dan inspirasi desainnya untuk anda. 

Baca Juga: Simak dengan Baik Ide Kreatif dan Manfaat Memiliki Ruang Baca Minimalis

Apa itu Ruang Baca

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang ruang baca, terlebih dahulu anda harus tahu apa sih ruang baca itu. Ruang baca biasanya ada di tempat publik seperti perpustakaan atau tempat publik lainnya. Ruangan ini akan berisi baca buku dan diberi beberapa spot nyaman untuk duduk dan membacanya. Sehingga ruangan ini di dominasi oleh rak buku dan tempat duduk saja. 

Namun, seiring berkembangnya jaman, desain ruang baca semakin modern. Ruang baca tidak lagi terkesan kaku dengan rak rak buku yang menjulang dan kursi meja kayu yang terkesan kaku. Desain ruang baca akan bisa dibentuk sesuai dengan keinginan dan menggunakan furniture yang lebih nyaman, seperti sofa atau bangku misalnya. 

Manfaat Ruang Baca

Bila dilihat dari berbagai macam jenis ruang baca yang ada di berbagai fasilitas publik, kebanyakan ruang baca akan difungsikan sebagai ruang membaca, belajar kelompok, pertemuan akademik dan masih banyak lagi. Adanya ruang baca ini akan memudahkan anda dan siapa saja yang membutuhkan akses literasi yang lebih cepat dan praktis. 

Lokasi Ruang Baca Mewah

A. Ruang baca di rumah

Banyak orang yang gemar membaca ingin mempunyai ruang baca sendiri di rumah. Hal ini tentu saja bisa diwujudkan. Ruang baca di rumah tidak harus berukuran besar namun bisa disesuaikan dengan bentuk hunian anda. Bahkan banyak desain ruang baca yang berada di salah satu sudut ruangan yang tersisa dengan desain yang tidak kalah nyaman. 

B. Ruang baca perpustakaan

Ruang baca yang ada di perpustakaan biasanya akan menjadi salah satu inspirasi ruang baca di tempat lain. Ruang baca di perpustakaan akan bersifat lebih umum karena bisa diakses oleh publik. Sehingga desain ruang baca yang ada di perpustakaan ini akan lebih mengedepankan menggunakan kursi meja kayu agar lebih muat banyak pengunjung. 

C. Ruang baca kantor

Tidak hanya di perpustakaan, saat ini sudah banyak kantor yang memberikan fasilitas ruang baca untuk karyawannya. Desain ruang baca yang nyaman akan membuat karyawan menjadi betah dan bisa mendapatkan akses literasi yang memadai. Bahkan tidak jarang ruangan baca ini sering dijadikan lokasi meeting sehingga suasananya akan terasa lebih akrab dan nyaman. 

Perbedaan Ruang Baca dan Pojok Baca

Ruang baca dan pojok baca pada dasarnya mempunyai pengertian yang sama. Hanya saja yang membedakan adalah pilihan lokasinya. Ruang baca akan menggunakan sebuah ruangan khusus yang tertutup untuk disulap menjadi ruangan membaca dengan rak buku dan meja kursi yang nyaman, sedangkan pojok kerja biasanya akan memanfaatkan ruangan sisa di salah satu pojok. 

Manfaat Pojok Baca

Pojok baca ini ukurannya bisa bermacam macam dan sifatnya terbuka tanpa pintu. Sehingga aksesnya lebih bebas dan akan cocok digunakan untuk berbagai bangunan publik. Pojok baca biasanya akan digunakan untuk memberikan fasilitas kepada pengunjung atau karyawan kantor yang ingin menghabiskan waktu luang dengan membaca buku. 

Lokasi Ruang Baca

A. Pojok baca di ruang kelas

Ruangan kelas di berbagai sekolah juga sudah mulai menerapkan adanya pojok baca ini. Konsep sederhana namun efektif untuk menarik minat baca siswa ini akan memberikan dampak yang positif. Dengan konsep ruang baca yang terbuka dan tanpa sekat akan membuat siapa saja bisa mampir dan melihat lihat atau membaca buku yang disediakan. 

B. Pojok baca di kamar

Bila anda termasuk salah satu penggemar buku, tentu ingin juga punya pojok baca pribadi di dalam kamar. Hal ini tentu saja bisa diwujudkan dengan membuat pojok kamar di sisa ruangan yang ada. Anda bisa menempatkan rak buku dan sofa single yang nyaman di dekat jendela. Desain ini mungkin sederhana namun akan sangat nyaman untuk anda yang ingin membaca. 

Media Baca

A. Paper Based

Masih banyak orang yang lebih menyukai membaca buku secara fisik saat ini. Walaupun di tengah perkembangan teknologi, membaca buku secara fisik memang menjadi keseruan tersendiri untuk yang gemar membaca. Sehingga walaupun sudah banyak buku dalam bentuk digital, buku fisik tetap banyak juga penggemarnya. 

Ruang baca atau pojok baca yang tersedia saat ini memang masih dominan menyediakan buku fisik. Buku dalam bentuk fisik ini akan disusun di rak dengan rapi dan menjadi kesenangan tersendiri bila seorang penggemar buku melihatnya. Sehingga ruang baca saat ini akan masih identik dengan jajaran buku fisik yang ditata rapi. 

B. Media Elektronik

Seperti yang disinggung sebelumnya, bahwa seiring berjalannya zaman dan teknologi juga akan membuat bentuk buku juga lebih berkembang. Sudah banyak buku digital yang dijual untuk anda yang suka dengan kepraktisan. Tidak perlu membawa buku secara fisik kemana mana namun anda juga bisa membaca hanya menggunakan gadget saja. 

Dalam ruang baca saat ini sudah banyak yang menggunakan buku digital. Salah satu sudut di ruang baca atau pojok baca akan menyediakan gadget yang berisi berbagai macam buku digital yang bisa dibaca secara langsung. Banyak orang juga yang memilih senang membaca secara digital karena dianggap praktis, khususnya kalangan muda saat ini. 

Rekomendasi Interior Ruang Baca Mewah

1. Desain minimalis 

Ruang Baca Desain Minimalis

Siapa bilang desain ruang baca minimalis tidak bisa terlihat mewah. Desain minimalis adalah salah satu desain yang populer dan banyak digemari saat ini. Penggunaan dominan warna putih dan warna netral akan menjadi daya tarik desain ini. Dengan menggunakan desain minimalis ini ruangan baca anda akan terlihat lebih modern. 

Anda bisa menggunakan rak buku dengan dinding yang di cat dengan warna senada yang polos. Selain itu, anda juga bisa memilih furniture seperti sofa atau meja dengan warna dan desain yang serasi. Tidak perlu menggunakan pilihan warna dan motif yang ramai namun dengan pilihan warna polos akan membuat ruang baca anda terkesan lebih elegan. 

2. Desain klasik

Ruang Baca Desain Klasik

Ruang baca dengan gaya eropa yang klasik juga bisa menjadi pilihan yang menarik bila anda mempunyai ruangan dengan ukuran yang cukup besar. Pilihan rak buku kayu yang besar dengan sofa dan meja yang nyaman akan menjadi pilihan yang tepat. Anda juga bisa menambahkan karpet sebagai hiasan ruang baca agar terlihat lebih mewah dan klasik. 

Itulah sekilas tentang manfaat dan berbagai ide untuk membuat ruang baca anda sendiri dirumah. Mempunyai ruang baca sendiri tentu akan lebih nyaman untuk anda yang memang gemar membaca. Walaupun ukuran ruangannya tidak terlalu besar, namun bila didesain senyaman mungkin tentu akan lebih baik. 


« back to news


Contact via Whatsapp