SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Yuk Simak Tips Dan Inspirasi Rumah Aesthetic Untuk Jadi Ide Hunian Cantik!

Namanya saja aesthetic, maka nilai pertama yang diutamakan adalah gaya atau desain yang cantik, menarik, dan unik. Aesthetic atau estetika jadi kunci utama dalam proses desain rumah, yang mana bisa memberi rasa puas hingga kesan tersendiri pada tampilannya. Menariknya, desain rumah aesthetic pun bukan hal yang baru lagi. Alhasil, idenya pun beragam seperti ulasan berikut. 

Baca Juga: Mengenal Konsep Bohemian Pada Hunian yang Unik dan Cantik

7 Inspirasi Desain Rumah Aesthetic 

Hal yang menarik dari konsep estetik adalah kemampuannya untuk digunakan di seluruh bagian rumah. Dalam artian lain, setiap ruang bisa disulap menjadi tempat dengan nilai keindahan yang tinggi. Bahkan, idenya pun beragam sesuai dengan selera atau kondisi area tersebut. Seperti apa saja inspirasi yang menarik tersebut? Simak beberapa ide berikut ini. 

A. Tampak Depan Rumah Aesthetic 

Halaman depan rumah bisa jadi target utama desain aesthetic. Tren yang sedang banyak disukai adalah menggunakan kaca besar, warna rumah yang lebih lembut dan kalem, serta bentuk rumah yang lebih futuristik. Gaya futuristik ini bisa ditemukan dari penggunaan atap minimalis berbentuk kotak, desain ala rumah kecil Jepang berjendela lebar untuk ilusi rumah besar.

B. Ruang Keluarga Aesthetic 

Ruang keluarga aesthetic bisa didesain sedemikian rupa untuk memaksimalkan fungsi serta tampilannya. Mulai dari pemilihan furnitur, konsep, hingga penataannya. Yang bisa jadi rekomendasi adalah ruang keluarga lesehan dengan dekorasi kekinian. Pemilihan dekorasi cantik kekinian seperti bantal dengan quote atau tanaman indoor kecil pun bisa jadi nilai estetika. 

Selain lesehan, desain modern dengan warna pastel pun bisa jadi ide seru untuk ruang berkumpul keluarga. Inspirasi rumah desain aesthetic ini dapat diterapkan dengan menggunakan cat dinding geometris berwarna pastel. Ikuti juga dengan furnitur senada yang nyaman untuk seluruh keluarga. Agar lebih cantik dan menarik, tambahkan dekorasi seru untuk keluarga. 

C. Ruang Tamu Aesthetic 

Karena ruang tamu digunakan untuk menjamu orang, maka pastikan fungsi area masih maksimal meski dihiasi dengan ornamen ornamen unik. Biasanya ruangan ini akan didesain dengan warna natural, furniture sederhana, namun tetap nyaman dipandang. Keunikannya akan muncul dari ornamen dekorasi, meja kopi unik, atau karpet bercorak khas. 

D. Kamar Mandi Aesthetic 

Tak ada yang tak mustahil jika Anda punya pilihan furniture, desain seru, dan pilihan warna yang cantik. Kesan kamar mandi yang kotor pun bisa disulap dengan warna cerah seperti putih marbel dan kombinasi coklat kayu. Memaksimalkan estetika dengan pemilihan interior, furniture, hingga dekorasi senada. Seperti keranjang baju coklat anyaman, hingga ornamen kayu serupa. 

E. Kamar Tidur Aesthetic 

Untuk kamar tidur, inspirasi estetikanya beragam. Mulai dari ide tampilan layaknya hotel, warna atau style pribadi, hingga model kamar mewah. Pilihan terbaiknya mencakup ide dari penggunaan elemen kayu di lantai. Kombinasikan dengan furnitur berwarna cerah dan sederhana. Tak ada salahnya juga menggunakan ornamen kekinian seperti hiasan dinding hingga lampu tidur hias. 

F. Taman Aesthetic 

Agar taman tidak hambar dan sepi, tidak ada salahnya untuk menambahkan furnitur outdoor seperti kursi taman bahkan meja makan. Ide rumah aesthetic yang cukup menarik adalah menyulap taman menjadi area hangout dengan kursi nyaman, canopy, tanaman hias, ayunan, hingga decking kayu agar properti lebih menarik. 

G. Teras Depan Aesthetic 

Selain tampak depan, teras depan menjadi hal pertama yang dilihat orang. Agar menarik hati, teras rumah dapat dihias menjadi lebih aesthetic dengan mengubahnya menjadi taman kecil. Tak perlu area yang besar, gunakan saja beberapa area kecil untuk menanam bunga hingga rumput hijau. Tambahkan juga kursi taman atau batu alami setapak agar memiliki kesan menyambut. 

Tips Menata Rumah agar Terlihat Aesthetic 

Berbicara mengenai estetika atau keindahan, maka pilihannya ada di tangan pribadi. Pasalnya nilai estetika cenderung berkaitan dengan preferensi. Alhasil apa yang dinilai indah tak selalu sama dari satu orang ke orang lainnya. Agar Anda tidak terbuai dengan perkataan orang lain, tips berikut bisa jadi solusi penerapan ide estetika sesuai selera pribadi. 

Baca Juga: Karakteristik Konsep Rumah Modern

A. Pilih Warna Interior yang natural 

Warna dan motif adalah salah satu nilai estetika utama yang menarik untuk dieksplorasi. Biasanya, konsep yang paling sering dipilih adalah elemen warna terang untuk perabot. Seperti contohnya meja berwarna monoton atau warna natural seperti coklat kayu. Ide ini membantu desain ruang lebih fleksibel, mudah diselaraskan dan lebih nyaman di mata. 

B. Ciptakan Ruangan Tampak Luas 

Ruangan tampak luas diciptakan dengan menggunakan perabotan pintar atau serba guna. Selain itu, Anda pun bisa menambahkan cermin hingga memasang mezzanine. Agar desain rumah aesthetic tidak berkesan berlebihan, batasi juga penggunaan hiasan dan warna. Selain itu, memanfaatkan ruangan kosong untuk jendela dan pintarlah memilih furniture yang tepat. 

C. Pilih Cat Tembok yang Aesthetic 

Tak sedikit inspirasi ruangan aesthetic terdiri dari penggunaan warna dan desain yang sedang tren, termasuk pilihan cat tembok. Bermain dengan pilihan cat tembok adalah opsi yang paling fleksibel dan ekonomis karena Anda tidak perlu membeli banyak ornamen unik. Kuncinya adalah memilih desain yang seru dan menarik. 

Seperti yang banyak digunakan adalah warna pastel atau lembut cerah. Selain membuat daya tarik lebih tinggi, ide ini pun mudah diselaraskan dengan aspek interior lainnya. Tembok gelap pun cocok dikombinasikan dengan perabot cerah, seperti turunan warna gelap biru bertemu perabot putih atau kuning. Mencolok, tapi inspirasi ini cukup seru dan unik. 

D. Gunakan Bantal Sofa Beda Ukuran 

Salah satu trik desain aesthetic adalah menggunakan ornamen dekorasi fungsional dengan karakteristik unik. Seperti yang lagi ramai adalah bantal sofa berbeda ukuran, gambar, warna, hingga bentuk. Sebut saja bantal motif kotak kotak, bergambar karakter, quote motivasi, dan lain lain. Gunakan juga ukuran yang berbeda agar ruangan tak tampak membosankan.  

E. Menambahkan Aksesoris Buatan Sendiri 

Agar sebuah ruangan memiliki kesan pribadi, tidak ada salahnya untuk menambahkan aksesoris buatan sendiri. Yang paling mudah adalah lukisan. Bisa juga memakai berbagai barang DIY atau buatan sendiri seperti kolase foto, dekorasi dinding warna warni, menggunakan mesh board, hingga tanaman hias berbahan wadah bekas. Tak hanya unik, pastinya juga tak ada duanya. 

F. Memanfaatkan Barang Bekas yang Masih Layak Pakai 

Sama seperti produk DIY, salah satu trik seru untuk desain rumah aesthetic adalah memakai barang daur ulang. Kreasinya beragam, seperti ornamen oriental dengan patahan kayu atau bambu bekas. Kaleng bekas dan botol kaca pun bisa jadi kreasi vas unik. Tak jarang juga koran bekas diolah sedemikian rupa menjadi motif unik untuk perabotan rumah. 

Bisa dikatakan bahwa nilai utama dari desain atau konsep ini adalah estetika atau tampilan rumah. Kesan menarik, indah, dan bahkan mewah serta mahal pun jadi nilai utamanya. Inspirasinya pun beragam, mulai dari ide desain hingga area yang ingin disulap menjadi unik. Ide seperti apa yang ingin Anda coba? Jadilah kreatif agar estetika ruangan tak ada duanya.

 

 


« back to news


Contact via Whatsapp