SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Solusi Pintar Ide Ruang Makan Minimalis Anti Mainstream

 

Konsep hunian mungil namun efektif mulai banyak digemari di pasaran. Selain karena alasan lahan, namun banyak juga yang tertarik menggunakan ide minimalis untuk memaksimalkan fungsi. Hal tersebut termasuk pada ruang makan minimalis, yang mana jadi salah satu lokasi krusial dalam rumah. Lantas bagaimana cara penerapannya? Simak ide desain berikut.  

Baca Juga: Bikin Nyaman, Ini 7 Rekomendasi Desain Ruang Makan Mewah

10 Desain Ruang Makan Minimalis 

Meski namanya minimalis, namun konsep desain ruangan yang satu ini bisa dikreasikan sedemikian mungkin. Biasanya berdasar tema dan inspirasi gaya interior beserta perabotan. Tak hanya itu, ide dalam penerapan dekorasi hingga pemaksimalan lokasi pun jadi kuncinya. Tanpa harus pusing, cek beberapa desain unik yang satu ini. 

A. Tema Monokrom

Inspirasi ruang minimalis monokrom berfokus pada pemilihan warna yang terbatas. Biasanya pilihan warna monokrom adalah hitam dan putih, yang berkesan membatasi kreativitas. Namun dibalik warna yang terbatas, kesan minimalisnya tampak begitu kental terutama untuk membuat ruangan tampak lebih luas, tenang, dan kalem. 

Biasanya di tema ini, penggunaan warna digunakan untuk memberikan kontras perabot dan ruangan. Jika tembok putih, maka perabotan menggunakan warna hitam atau di nuansa serupa seperti warna abu abu. Kontras itu pun bisa digunakan sebaliknya. Tema monokrom ini paling baik untuk memaksimalkan pencahayaan, memberi kesan lapang, dan unik. 

B. Tema Skandinavia

Inspirasi ruang makan tema skandinavia sebenarnya menarik ide dari tampilan hunian di Skandinavia. Alhasil, ciri khas dari desainnya adalah penggunaan ragam tekstur sebagai dekorasi. Meski beragam detail minimalisnya tampak dari pemilihan fungsi, serta tekstur dan warna yang seragam. Alhasil, ruang makan tak tampak berantakan.

C. Tema Klasik

Yang menjadi acuan tema klasik adalah estetika sederhana, simpel, rapi, dan down to earth. Intinya, mengusung tema ini bisa dengan pemilihan perabot berfungsi maksimal tapi tidak berlebihan. Seperti contohnya meja dan kursi kayu minimalis, lemari koleksi piring, tanaman hias untuk mengisi sudut ruang, hingga dekorasi serupa seperti karpet dan dinding natural. 

D. Tema Bohemian

Boho style untuk ruang makan beri kesan hangat dan unik. Hal ini karena gaya bohemian cenderung menggunakan aneka perpaduan warna dan elemen dekoratifnya seakan memiliki kontras seru. Biasanya, untuk melahirkan desain ini perlu menggunakan ragam varian interior ruangan seperti hiasan dinding hingga taplak meja penuh warna. 

E. Tema Industrial

Nama industrial di dalam ruang makan minimalis dikaitkan dengan styling berkesan apa adanya, bahkan setengah jadi. Banyak ide inspirasi yang menggunakan tembok bata terbuka, atap kayu, pipa, hingga konsep industri di desain meja dan kursi makannya. Faktor khasnya adalah penggunaan warna metal, kayu, dan coklat dengan pernak pernik minimal. 

F. Menyatu dengan Dapur

Ruang sempit tak jadi masalah jika Anda bisa mengatur tata ruang. Penggunaan perabot multifungsi pun bisa jadi solusinya. Untuk konsep yang satu ini, Anda bisa gunakan high chair dan berbagi meja kabinet sebagai meja makan. Paduan warna sederhana natural pun cocok sebagai pembaur kedua lokasi sehingga tak tampak terlalu kontras saat dipandang. 

G. Tema Ala Korea

Tema ala Korea juga mulai digemari karena memberi mood hangat, minimalis, fungsional, namun maksimal. Ide ini menekankan penataan ruang dan keselarasan perabotan yang baik. Mulai dari kabinet dapur, meja makan, hingga lainnya diatur sedemikian rupa agar masuk di ruangan kecil. Furniture simpel, warna sederhana, dan sentuhan kontras di warna dinding atau dekorasi unik jadi kuncinya. 

H. Menyatu dengan Ruang Keluarga

Ide menyatu dengan dapur bisa menjadi solusi pemilik rumah tipe studio, atau hunian kecil dengan ruang terbatas. Umumnya, ide ini muncul karena ruang makan minimalis harus digabung dengan area tertentu seperti ruang keluarga. Agar tidak terlalu monoton bahkan sembarangan, konsep minimalis pun cocok untuk mengkolaborasikan kedua area tersebut. 

Untuk solusi termudah adalah menggunakan meja panjang di antara dua ruangan. Selain menjadi pembatas, meja ini pun dapat menjadi penghubung yang fungsional. Bisa juga menggunakan partisi yang berfungsi sebagai dekorasi. Agar menghilangkan kontras, gunakan warna yang senada untuk kedua ruang. 

I. Menghadap Halaman Belakang Rumah

Jika rumah memiliki halaman belakang sebagai ruangan ekstra, gunakan untuk memaksimalkan konsep ruangan minimalis. Idenya adalah menggunakan jendela tinggi untuk memaksimalkan cahaya dan ventilasi udara. Agar membaur dengan suasana outdoor, penggunaan perabot berbahan kayu atau anyaman pun bisa jadi pilihan. 

J. Tema Penuh Warna

Konsep minimalis memang berfokus pada desain simpel, baik untuk bentuk, warna, atau jumlah perabotnya. Namun tema penuh warna pun juga bisa diterapkan untuk melahirkan gaya eclectic yang unik. Kuncinya agar tidak berlebihan adalah memilih satu skema warna. Seperti contohnya adalah menggunakan warna pastel untuk kursi makan sebagai sentuhan kontras di dalam ruangan.   

4 Tips Menata Ruang Makan Jadi Lebih Efektif

Dari inspirasi yang diberikan, banyak sekali kunci ruang makan minimalis yang menekankan penggunaan perabot yang benar. Untuk ruang makan sendiri, setidaknya Anda wajib pilih kursi, meja, furniture, dan memaksimalkan ruang dengan baik. Dengan begitu, kesan minimalis tidak akan memangkas nilai fungsi pada ruangan. Berikut triknya.  

A. Gunakan Kursi Minimalis

Konsep kursi minimalis biasanya ditekankan pada bentuk dan warna yang tidak banyak modelnya. Meski demikian, kursi yang digunakan masih memiliki personalitas yang menarik. Beberapa contohnya adalah bangku meja layaknya di cafe atau restoran, kursi dengan kaki kaki ramping, desain kayu sederhana, dan tak banyak warna. 

B. Gunakan Meja Bundar

Untuk melengkapi desain kursi yang sederhana di ruang makan kecil atau minimalis, lebih baik pilih meja bundar. Meja bundar sangat lekat dengan tema ruang makan ala Korea. Ukuran yang cenderung lebih kecil membuat meja dapat diletakkan di berbagai sudut. Bahkan, banyak juga meja bundar kayu berwarna natural yang hadir lengkap dengan kursinya sebagai satu set. 

C. Gunakan Furniture Multifungsi

Perabotan multifungsi sudah menjadi salah satu karakter dari ruangan dan desain minimalis. Untuk area ruang makan, opsinya bisa mencakup meja dan kursi makan dengan fungsi ganda sebagai kabinet dapur. Bisa juga menggunakan meja lipat, kabinet serbaguna, hingga rak tinggi yang siap memberikan fungsi ganda untuk kebutuhan simpan barang dan ruang. 

D. Manfaatkan Dinding di Ruang Makan

Jangan terpaku dengan furnitur besar saat mengaplikasikan ruang makan minimalis. Anda juga bisa memanfaatkan dinding ruangan sebagai pemberi aksen atau corak. Seperti contohnya memajang hiasan, ambalan tanam untuk peralatan dapur, hingga menempel koleksi piring. Agar tak lepas dari konsep minimalis, gunakan juga dinding sebagai tekstur dengan warna atau wallpaper stylish.  

Kunci dari penerapan ide desain minimalis sebenarnya berada di pemaksimalan lokasi dan pintar memilih perabot. Desain simple dengan kesan nyaman yang lega jadi dasar prinsipnya. Berkaitan dengan ruang makan yang kerap jadi lokasi berkumpul, pastikan untuk cek perabotan dan pilihan terbaiknya di www.saniharto.com.


« back to news


Contact via Whatsapp