SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Ingin Punya Ruang Makan Mewah? Yuk Kenali Berbagai Macam Fungsi dan Jenisnya Berikut

Ruang makan adalah salah satu ruangan yang penting di dalam hunian. Tak jarang ruang makan menjadi tempat favorit keluarga untuk berkumpul bersama dan bercengkrama. Ingin punya ruang makan mewah impian anda? Yuk kenali dan ikuti informasi mengenai ruang makan yang terasa nyaman dan elegan berikut ini. 

Baca Juga: Bikin Nyaman, Ini 7 Rekomendasi Desain Ruang Makan Mewah

Apa itu Ruang Makan

Ruang makan adalah salah satu ruangan di dalam hunian yang difungsikan sebagai tempat makan. Aktivitas sarapan, makan siang dan makan malam akan dilakukan di tempat ini dengan berbagai macam peralatan lengkapnya. Bahkan tidak jarang, ruang makan difungsikan sebagai tempat untuk bercengkrama bersama anggota keluarga dan kerabat dekat. 

Ruangan ini begitu penting, sehingga banyak orang melakukan dekorasi interior untuk membuat ruangan ini menjadi lebih menarik dan nyaman. Ruangan makan ini juga tergolong multifungsi karena fungsinya cukup banyak. Salah satu fungsinya adalah sebagai tempat menjamu tamu bila dibutuhkan dan kekurangan ruangan. 

Fungsi Ruang Makan

A. Ruang Makan Satu Fungsi

Ruang makan punya berbagai macam bentuk dan fungsi. Fungsi utama ruang makan memang untuk tempat makan bersama keluarga, namun ada kalanya ruang makan juga bisa digunakan untuk tempat lainnya bila diperlukan. Tidak jarang juga orang yang ingin kegiatan makan hanya dilakukan di rumah makan saja agar terkesan lebih private. 

Anda bisa meletakkan berbagai macam alat makan di dalamnya. Bahkan bila diperlukan, agar memudahkan akses ke makanan dan minuman lebih cepat, anda bisa menambahkan pantry kecil di salah satu sudut ruang makan mewah. Hal ini tidak hanya akan membuat ruang makan menjadi lebih indah namun juga akan lebih estetik bila dilihat. 

B. Ruang Makan Multifungsi

Hunian minimalis saat ini memang sedang digemari. Hunian dengan luas terbatas seperti apartemen misalnya, tentu akan membuat anda berfikir kreatif untuk memanfaatkan ruangan yang terbatas. Sehingga tidak jarang akan banyak ruangan yang multifungsi atau fungsinya bisa beragam dalam satu ruangan. 

Misalnya saja ruang makan yang seringkali dijadikan sebagai tempat untuk menjamu tamu. Bila ruang tamu dan ruang keluarga tidak mencukupi untuk menampung tamu, maka anda bisa menggunakan ruang makan ini untuk lokasi menjamu tamu lainnya. Menjamu tamu di ruang makan akan terkesan lebih ramah dan lebih dekat dengan keluarga. 

Macam Ruang Makan Berdasarkan Orientasi

A. Ruang Makan Orientasi Ke Dalam

Desain ruang makan tidak hanya melulu satu ide desain saja, namun anda bisa berkreasi agar tampilan ruang makan tidak melulu itu itu saja. Salah satu ide dalam menata ruang makan agar terlihat estetik adalah dengan menata ruang makan dengan orientasi ke dalam. Ruang makan yang berorientasi ke dalam ini akan punya titik tengah yaitu pusat meja makan. 

Anda bisa memilih desain meja makan bulat untuk membuat ide desain satu ini. Maka seluruh anggota keluarga akan terpusat di satu titik ditengah meja makan. Ide desain meja makan yang berorientasi kedalam ini akan membuat suasana ruang makan mewah lebih akrab dan hangat. Namun anda juga harus tetap memeprtimbangkan luas ruangannya ya agar tidak terasa sesak. 

B. Ruang Makan Orientasi Keluar

Selain ide desain ruang makan yang berorientasi ke dalam, maka anda juga bisa menerapkan ide desain orientasi keluar yang tidak kalah cantik. Ide desain ini banyak digunakan untuk hunian dengan luas yang terbatas. Sehingga ruangan makan biasanya akan menyatu dengan ruangan lain di sekitarnya seperti dapur atau ruang keluarga. 

Pusat ruang makan tidak lagi ada di pusat meja namun anda bisa meletakkan meja makan minimalis di dekat jendela misalnya. Atau anda juga bisa meletakkan meja makan di salah satu dinding yang kosong. Konsep ini akan sangat membantu untuk anda yang ingin punya meja makan namun terhalang luas ruangan. 

Macam Ruang Makan Berdasarkan Posisi dengan Ruang Lain

A. Ruang Makan Terpisah

Seperti yang sempat disebutkan diatas, bahwa desain ruang makan bisa berbeda beda tergantung dari luas hunian yang anda tempati. Bila rumah anda cenderung luas dan mempunyai banyak ruang, maka tidak akan ada salahnya bila anda punya ruang makan sendiri. Ruang makan ini akan didesain terpisah dengan ruangan lainnya. 

Desain ruang makan mewah terpisah seperti ini akan cocok untuk anda yang ingin kesan ruang makan yang private namun tetap hangat. Ruang makan terpisah ini juga akan memberikan kesan yang formal. Sehingga anda juga bisa menjamu tamu atau kerabat tanpa sungkan akan mengganggu aktifitas keluarga lain di luar ruang makan. 

B. Ruang Makan dengan Ruang Keluarga

Seiring dengan berjalannya zaman, saat ini banyak sekali hunian dengan konsep minimalis. Banyak bangunan rumah yang dibangun di lahan yang tidak terlalu luas. Sehingga dalam satu ruangan maka akan berfungsi menjadi banyak ruangan. Salah satunya adalah ruang makan dan ruang keluarga yang di desain menyatu. 

Hal ini memang cukup unik namun belakangan ini banyak konsep hunian yang menerapkan hal ini. Ruang makan yang menyatu dengan ruang keluarga akan membuat suasana lebih akrab dan menjadi lebih kekeluargaan. Konsep ini juga tidak akan makan banyak tempat sehingga ruangan terbatas akan lebih fungsional bisa digunakan kapan saja. 

C. Ruang Makan dengan Dapur

Tidak hanya menyatu dengan ruang keluarga, namun konsep ruang makan yang menyatu dengan dapur saat ini juga banyak menjadi pilihan. Konsep ini banyak digunakan untuk hunian minimalis seperti apartemen dengan luas yang terbatas. Ruang makan yang menyatu dengan dapur tidak hanya tampak fungsional namun juga terkesan lebih modern. 

Tips membuat Ruang Makan Mewah

A. Memiliki Alat Makan Lengkap 

Banyak cara untuk membuat ruang makan mewah anda terlihat mewah namun tetap nyaman digunakan. Salah satunya adalah dengan memilih alat makan yang tepat dengan bahan yang berkualitas. Tidak hanya alat makan seperti piring, mangkok, sendok, garpu dan pisau, namun juga seperti kursi dan meja makan yang terlihat estetik. 

Saat ini banyak sekali pilihan meja makan, kursi makan dan peralatan ruang makan lainnya yang bisa disesuaikan dengan konsep hunian. Berbagai peralatan makan tersebut tidak hanya berfungsi saat acara makan saja, namun juga bisa memberikan kesan estetika ruangan yang membuatnya tampak indah dipandang. 

B. Memilih interior Ruang Makan Mewah & Berkualitas 

Lalu bagaimana cara memilih perabotan ruang makan yang berkualitas namun yang masih terkesan mewah? Caranya mudah saja, anda bisa melakukan riset singkat tentang berbagai merk perabotan yang punya kualitas terbaik. Anda bisa mengunjungi website resminya dan mendapatkan penilaian dari pelanggan sebelumnya yang sudah menggunakannya. 

Beragam perabotan ruang makan mewah dan memberikan kesan nyaman bisa anda dapatkan di Saniharto. Kualitas yang terjamin baik akan membuat ruang makan anda lebih estetik. 


« back to news


Contact via Whatsapp