SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Yuk Simak Pengertian, Fungsi, dan Contoh Desain Mezzanine di Dalam Rumah

Memiliki rumah sendiri dengan desain impian tentunya menjadi keinginan tersendiri bagi hampir semua orang. Sekalipun bangunan rumah memiliki luas yang terbatas, tidak masalah. Karena saat ini ada banyak desain rumah minimalis dengan luas terbatas yang super nyaman. Misalnya dengan membuat desain mezzanine di dalam rumah. Apa itu mezzanine dan apa fungsinya ? Yuk simak.

Baca Juga: Bikin Nyaman, Ini 7 Rekomendasi Desain Ruang Makan Mewah

Pengertian dan Fungsi Ruang Mezzanine

Seorang arsitektur dari Prancis mengartikan ruang mezzanine sebagai ruangan yang dibuat dengan cara partisi. Namun ruangan ini tidak naik sampai ke langit langit rumah. Jadi anggapan mengenai ruang mezzanine adalah bagian langit langit dari suatu bangunan sepertinya sedikit keliru. Lebih tepatnya, area ini merupakan sebuah balkon yang berada di dalam ruangan.

Biasanya ruang mezzanine disebut pula sebagai lantai tambahan yang berada di lantai bawah atap atau plafon rumah. Secara umum, luas dari bagian ini hanya sepertiga dari keseluruhan ruangan. Anda bisa menemukan ruang mezzanine dengan mudah di bangunan bangunan seperti pabrik dan gudang.

Sebab bangunan semacam gudang dan pabrik seperti itu seringkali mempunyai atap maupun plafon yang tinggi bila dibandingkan rumah tinggal. Apalagi penambahan mezzanine bisa lebih mudah pada konstruksi yang semi permanen, karena menawarkan modifikasi yang lebih praktis.

Akan tetapi, saat ini rumah tinggal pun sudah banyak yang menambahkan desain mezzanine Fungsinya tidak lain yaitu sebagai ruang tambahan, sehingga patut dipertimbangkan apabila anda mempunyai bangunan dengan luas yang terbatas. Adanya mezzanine ini akan menghemat secara efektif ruangan yang ada di hunian.  

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membangun Ruang Mezzanine di Rumah

Apabila anda tertarik membangun mezzanine di rumah, maka tidak boleh membuatnya secara sembarangan. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu supaya mezzanine ini dapat menjadi ruangan tambahan yang nyaman dan multifungsi. Adapun yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut.

1. Perhatikan Luas Ruangan

Luas ruangan menjadi hal penting yang perlu diperhatikan ketika anda ingin membangun mezzanine di rumah. Sebab area ini dibuat dengan tidak membangun lantai tambahan, melainkan memakan tempat yang sudah ada di dalam hunian anda. Biasanya ruangan kosong yang cukup luas paling sering dimanfaatkan untuk membangun mezzanine ini. 

2. Tinggi Ideal Rumah Mezzanine

Selain memperhatikan luas ruangan, anda juga perlu memperhatikan tinggi ruangan tempat membangun mezzanine tersebut. Karena jika ruangan yang dipilih tidak terlalu tinggi, dikhawatirkan ruangan akan tampak sesak apabila anda memaksakan membuat mezzanine di sana. 

Supaya ideal, sebaiknya tinggi minimal dari tempat mezzanine dibangun adalah sekitar 440 cm. Sebab umumnya ruangan tambahan tersebut akan mengambil luas kurang lebih 210 cm, yang termasuk langit langit dari ruangan tempatnya akan dibangun. Jadi pastikan anda memiliki ruangan dengan ukuran tinggi yang pas seperti itu.

3. Perhatikan Ruangan di Bawah Mezzanine

Jika ingin menerapkan desain mezzanine di rumah, jangan lupa perhatikan ruangan yang ada di bawah mezzanine tersebut. Kenapa ? Karena adanya mezzanine bisa membuat ruangan ini mempunyai langit langit yang lebih rendah. Supaya kegiatan di sana tidak terganggu dan tetap terkesan lega, anda bisa menambahkan kipas atau memberi pencahayaan yang cukup.

4. Perhatikan Fungsi dari Mezzanine

Apa tujuan anda membangun mezzanine di rumah ? Fungsi dari ruangan tambahan ini sebaiknya diperhatikan sebelum direalisasikan. Karena pada rumah yang cenderung besar, biasanya mezzanine hanya dimanfaatkan sebagai hiasan. Namun untuk rumah minimalis tentu bagusnya dimanfaatkan sedemikian rupa. Misalnya untuk ruang baca, kamar tambahan, ruang kerja, atau ruang bermain.

5. Material yang Digunakan

Pertimbangan lain yang tidak boleh luput dari perhatian anda ketika membangun mezzanine yaitu materialnya. Secara umum, ada empat bahan yang dapat digunakan di sini yaitu baja, besi, beton, dan kayu. Sebaiknya semuanya dipilih dari bahan yang memiliki kualitas bagus dan tebal supaya dapat menopang mezzanine dengan kuat serta kokoh.

6. Aspek Pencahayaan

Aspek pencahayaan pun harus diperhatikan saat membuat desain mezzanine di rumah. Karena mezzanine akan menjadi ruangan terpisah dari ruang utama. Jadi pencahayaan dari ruang utama kemungkinan tidak sampai menjangkau ruang tambahan ini. Sehingga anda perlu menghadirkan aspek pencahayaan di sini. Pilih dengan cermat agar setiap ruangan memperoleh pencahayaan yang memadai.

Contoh Mezzanine di Dalam Rumah

Ada banyak gaya mezzanine di dalam rumah yang bisa anda terapkan. Desainnya dapat disesuaikan dengan gaya yang diusung di rumah, supaya mezzanine bisa dijadikan sebagai ruang tambahan sekaligus mempercantik interior rumah anda. Adapun contoh mezzanine yang dapat anda pertimbangkan yaitu sebagai berikut.

1. Mezzanine di Ruang Keluarga

Secara umum, mezzanine memang dibuat di tengah ruang keluarga. Karena ruang keluarga sendiri paling sendiri berada di tengah bangunan rumah, sehingga dapat menjadi lahan yang ideal untuk membuat mezzanine. Nantinya anda bisa memanfaatkannya sebagai ruang tambahan untuk bersantai. Khususnya ketika ada kerabat dari jauh yang datang berkunjung ke rumah.

2. Mezzanine di Sudut Ruangan

Tidak harus selalu di bagian tengah rumah, desain mezzanine juga bisa dibuat di sudut ruangan. Bahkan meskipun sudut ruangan mempunyai atap yang miring, tetap memungkinkan untuk menciptakan mezzanine yang nyaman. Bahkan ini bisa menjadi ide yang menarik untuk membuat ruangan tambahan unik.

Jika memiliki plafon miring dan ingin membuat mezzanine di sudut ruangan, anda hanya perlu menyesuaikan tinggi barang yang akan disimpan guna mempertahankan fungsinya dengan baik. Menariknya, anda bisa membuat kaca jendela cukup besar di ruangan tambahan tersebut. Sehingga anda dapat memandang luar rumah sambil bersantai di mezzanine.

3. Mezzanine untuk Tempat Bekerja

Apabila anda termasuk orang yang sering melakukan work from home alias kerja dari rumah, tidak ada salahnya membangun mezzanine untuk tempat bekerja. Dengan begitu anda bisa mendapatkan ruangan yang tenang tanpa harus terganggu oleh aktivitas lain di dalam rumah. Selain itu anda bisa menambahkan rak di mezzanine untuk menyimpan berkas agar tidak tercecer.

4. Mezzanine untuk Kamar Tidur

Mezzanine dapat digunakan untuk kamar tidur apabila hunian memiliki ruang yang terbatas. Dimana mezzanine ini dapat dibuat di kamar tidur lain yang ada di dalam rumah. Sehingga cocok digunakan untuk anak anak. Jadi anak anak dapat berbagi ruangan namun tetap terpisah agar tidak mengganggu privasi masing masing. Praktis bukan ?

5. Mezzanine di Ruang Sempit

Siapa bilang desain mezzanine tidak bisa dibuat di ruang sempit ? Rumah studio atau apartemen studio yang tidak terlalu luas pun dapat memiliki mezzanine. Justru adanya mezzanine dapat menjadi ruang tambahan yang multifungsi. Misalnya sebagai tempat tidur, sehingga ruangan di bawahnya dapat dioptimalkan untuk keperluan lain.

Mezzanine menjadi bagian rumah yang diminati oleh masyarakat beberapa waktu belakangan. Pada rumah dengan luas yang cukup besar, mezzanine bisa dimanfaatkan sebagai jembatan dari satu ruangan ke ruangan lain atau sekadar pemanis hunian. Sementara pada rumah minimalis, mezzanine dapat menjadi ruangan tambahan yang multifungsi.


« back to news


Contact via Whatsapp