SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

11 Ide Konsep Desain Ruang Santai di Rumah yang Super Nyaman

Hunian umumnya didesain sedemikian rupa supaya dapat menjadi tempat pulang ternyaman setelah lelah beraktivitas seharian. Tidak heran apabila sebagian orang sengaja menyediakan ruang santai khusus di rumah. Ruang ini adalah ruang favorit yang bisa anda gunakan untuk menghabiskan waktu bercengkrama dengan keluarga. Supaya tambah nyaman, yuk intip ide konsep desainnya.

Baca Juga: Bisa Jadi Inspirasi, Yuk Mengenal Ciri Rumah Gaya Perancis

1. Ruang Santai Konsep Klasik

Ruang Santai Konsep Klasik

Apabila tidak ingin mengeluarkan effort lebih untuk mendesain ruangan, anda bisa menggunakan konsep klasik pada ruangan yang hendak digunakan sebagai tempat bersantai bersama keluarga. Konsep klasik ini tampak sederhana namun mampu menawarkan kenyamanan maksimal, dan tentunya desainnya bersifat timeless.

Biasanya konsep seperti itu diterapkan di ruang keluarga, dengan sebuah sofa dan TV di atas kabinet. Jadi tidak banyak ornamen yang diberikan pada ruangan sehingga kesannya sederhana dan klasik. Namun dengan pemilihan furniture yang tepat, maka ruangan seperti ini akan membuat anda betah berlama lama. Misalnya anda dapat menggunakan sofa yang empuk dan nyaman untuk berbaring sambil menonton TV.

2. Ruang Santai Konsep Serba Kayu

Ruang Santai Konsep Serba Kayu

Ruang santai serba kayu dapat menghadirkan kesan yang hangat dan homie. Sehingga ruangan tersebut akan menjadi tempat ternyaman untuk menghabiskan waktu bercengkrama bersama keluarga. Dimana desain seperti ini bisa diterapkan untuk area outdoor seperti di teras.

Anda bisa menampilkan kesan sederhana dengan menggunakan lantai kayu dan kursi panjang yang juga terbuat dari kayu. Paling pas apabila di depan teras terdapat sebuah taman yang rindang dengan berbagai pohon atau tanaman hias. Jadi suasananya lebih sejuk, cocok menemani waktu bersantai dengan keluarga. Supaya tambah nyaman, anda bisa menggunakan kanopi kaca atau baja ringan sebagai atap.

3. Ruang Santai Elegan

Ruang Santai Elegan

Bukan hanya ruang tamu saja yang perlu didesain dengan kesan elegan. Meskipun ruangan untuk bersantai mungkin hanya dimanfaatkan oleh para penghuni rumah saja, tentu tidak ada salahnya membuatnya tampil elegan. Karena interior yang menarik dan eye catching pastinya membuat anda lebih betah berlama lama di sana.

Dan untuk menghadirkan kesan yang elegan dan mewah, anda bisa bermain menggunakan furniture yang ditempatkan di ruangan tersebut. Sebagai rekomendasi, anda dapat menggunakan perabot yang dibuat dari bahan akrilik atau kaca. Pilih yang aksennya netral dan keemasan supaya tidak berlebihan. Misalnya coffee table berbahan kaca dengan aksen keemasan yang aesthetic di tengah ruangan.

4. Ruang Santai Konsep Industrial

Ruang Santai Konsep Industrial

Konsep industrial bisa pula anda pertimbangkan untuk diterapkan di ruang santai yang nyaman. Tampilan unfinished look dengan gaya modern seperti ini akan memberikan kesan yang unik pada ruangan anda. Sehingga anda tidak akan pernah bosan menghabiskan waktu santai bersama dengan keluarga di sana.

Adapun cara menonjolkan konsep industrial bisa dilakukan dengan bermain warna. Dimana anda dapat menggunakan warna warna logam seperti emas, perak, ataupun hitam yang identik dengan konsep tersebut. Supaya terasa lebih nyaman, jangan lupa tambahkan kursi panjang atau sofa plus meja kecil.

5. Ruang Santai dengan Sky View

Ruang Santai dengan Sky View

Jika anda memiliki rumah dua lantai, cobalah membuat ruangan untuk bersantai di lantai dua dengan sky view. Desainnya cukup sederhana sebab keindahan ruangan akan terbantu oleh pemandangan dari luar. Dan anda pun tidak membutuhkan banyak biaya lantaran ruangan seperti ini dibuat outdoor.

Mengingat bahwa yang ingin ditonjolkan adalah sky view, maka anda tidak akan membutuhkan atap. Jadi anda hanya perlu menyediakan kursi dan meja untuk mengakomodasi kegiatan bersantai. Apabila menggunakan sofa, bisa juga atap dibuat menggunakan kaca transparan untuk melindungi sofa dari hujan agar tidak mudah rusak.

Baca Juga: Karakteristik Konsep Rumah Modern

6. Ruang Santai Konsep Terbuka

Ruang Santai Konsep Terbuka

Bersantai sambil menghirup udara segar dari luar memang sangat menyenangkan. Tidak heran apabila ruang santai konsep terbuka banyak diterapkan oleh mereka yang memiliki rumah minimalis, dengan letak yang berdempetan dengan rumah di sisi kiri dan kanan. Dimana anda dapat memanfaatkan area balkon atau halaman belakang rumah untuk menciptakan ruangan tersebut.

Jika dibuat di halaman belakang yang memiliki taman, maka anda tidak perlu mengeluarkan usaha ekstra untuk mempercantik area tersebut. Sebab atmosfer terbuka dengan taman yang rindang sudah sangat membantu menghilangkan stres setelah seharian beraktivitas. Apabila tidak memungkinkan membuatnya benar benar terbuka, ruangan bisa dibuat dengan bukaan yang lebar supaya berkonsep semi outdoor.

7. Ruang Santai Ala Eropa

Ruang Santai Ala Eropa

Desain ala Eropa merupakan konsep yang tepat untuk dipilih apabila anda mengharapkan kesan yang megah. Bahkan gaya ini sangat cocok diterapkan di ruangan minimalis untuk membuatnya tampil lebih menarik. Dan untuk menonjolkan kesan megah ala Eropa tersebut, anda bisa menggunakan lampu gantung sampai elemen batu alam pada ruangan untuk bersantai.

8. Ruang Santai Ala Vintage

Ruang Santai Ala Vintage

Selain desain ala Eropa, anda juga bisa menggunakan desain ala vintage yang menawan sekaligus elegan. Desain ini pun tidak kalah aesthetic dari desain desain lainnya yang telah disebutkan. Apalagi anda bisa bebas berekspresi dengan berbagai barang antik untuk menghias ruang santai.

Misalnya menghadirkan lampu lantai berwarna kuning yang diletakkan dekat dinding untuk memberikan kesan hangat pada ruangan. Sehingga cocok sebagai tempat berkumpul bersama keluarga, saling berbagi kehangatan dengan orang orang tercinta. Anda pun bisa menambahkan beberapa ornamen lainnya jika dirasa perlu.

9. Ruang Santai di Bawah Tangga

Ruang Santai di Bawah Tangga

Membangun rumah di lahan terbatas tidak menjadi alasan untuk mencegah anda memiliki ruang khusus sebagai tempat bersantai. Karena ruang ruang sisa di rumah pun dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan tersebut. Misalnya area di bawah tangga, yang bisa anda jadikan sebagai ruang baca kecil yang nyaman dengan sedikit sentuhan kreativitas.

10. Ruang Santai Konsep Lesehan

Ruang Santai Konsep Lesehan

Menggunakan kursi panjang atau sofa terkadang memang bisa membuat ruangan menjadi penuh sesak dengan perabotan, khususnya pada ruangan yang luasnya terbatas. Jadi anda bisa mempertimbangkan menerapkan konsep lesehan. Konsep ini membuat ruangan terkesan lebih lega dan luas. Supaya tetap nyaman, anda bisa menggunakan karpet yang lembut sebagai tempat duduk dan berbaring.

11. Ruang Santai Nuansa Alami

Ruang Santai Nuansa Alami

Warna hijau tanaman diketahui mempunyai efek positif terhadap psikologis manusia, yang dapat mengurangi rasa stres. Sehingga anda dapat mempertimbangkan ruang santai degan nuansa alami untuk diterapkan di rumah. Sentuhan alami ini akan membuat kegiatan bersantai terasa lebih menyenangkan setelah lelah beraktivitas.

Bahkan suasana hati anggota keluarga bisa lebih positif ketika duduk dan berkumpul bersama. Adapun cara menghadirkan nuansa alami ini misalnya dengan menambahkan tanaman hias di sudut ruangan. Atau bisa membuat kaca jendela besar yang langsung menghadap ke arah taman supaya semakin menambah keindahan ruangan.

Itu dia beberapa ide konsep desain ruangan yang dapat digunakan untuk tempat bersantai. Anda bahkan bisa mengkombinasikan beberapa desain sekaligus untuk menciptakan gaya sendiri yang benar benar khas dan sesuai selera. Intinya adalah buat diri anda senyaman mungkin supaya waktu santai menjadi lebih menyenangkan dan berharga.


« back to news


Contact via Whatsapp