SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Tips Menentukan Desain Eksterior Rumah Minimalis dan Contohnya, Simpel Tapi Menawan!

Desain rumah minimalis saat ini tengah digandrungi oleh masyarakat. Sebab desain tersebut cukup mudah untuk diterapkan, dengan tampilan yang simpel namun tetap terlihat menawan. Bahkan rumah yang dibangun di atas lahan dengan luas terbatas pun akan tampak menarik. Oleh karena itu, yuk simak tips menerapkan desain eksterior rumah minimalis yang menarik berikut ini.

Baca Juga: 11 Jenis Marmer yang Cocok Digunakan untuk Interior Rumah

1. Perhatikan Elemen Eksterior Rumah

Kenapa bagian eksterior penting didesain sedemikian rupa pada rumah minimalis ? Sebab eksterior rumah adalah yang akan pertama kali dilihat oleh orang lain, ketika mereka bertamu atau sekadar melintas di depan rumah anda. Sehingga eksetrior rumah ini ibaratkan sebagai wajah hunian yang merepresentasikan bagaimana interiornya.

Jadi apabila anda ingin menerapkan desain rumah minimalis, mulailah dari bagian eksterior. Dalam hal ini, terdapat beberapa elemen eksterior rumah yang harus diperhatikan supaya dapat menonjolkan desain hunian minimalis tersebut. Berikut beberapa elemen yang harus anda cermati lebih lanjut.

A. Pemilihan Warna Cat

Pemilihan Warna Cat

Warna cat dinding luar rumah adalah elemen pertama yang harus diperhatikan dalam eksterior rumah minimalis. Supaya sesuai dengan tema minimalis dan gaya yang anda inginkan, maka sangat penting untuk menerapkan perpaduan cat rumah yang cocok. Rumah minimalis sendiri umumnya banyak menggunakan warna warna yang netral dan dingin.

Contohnya seperti warna putih, krem, cokelat, abu, atau bisa juga biru langit. Anda pun dapat menggunakan warna yang lebih hangat seperti abu tua, cokelat kayu, salem, dan merah bata apabila ingin menerapkan gaya minimalis pedesaan. Bahkan warna hitam juga bisa dijadikan sebagai pilihan. Ini akan memberikan kesan simpel, elegan, dan stylish dalam satu waktu.

B. Bagian Teras

Bagian Teras

Apabila hendak membuat teras di rumah, pastikan anda memaksimalkan desain eksterior di area tersebut. Karena umumnya teras dibuat sebagai area terbuka untuk tempat bersantai. Dengan kata lain, area tersebut bisa dilihat dari luar sehingga desain eksterior hunian akan dipengaruhi oleh tampilan teras anda.

Dan dalam hal ini banyak model desain yang dapat dijadikan pilihan, tinggal disesuaikan dengan gaya serta suasana yang anda inginkan saja. Misalnya anda ingin menghadirkan suasana natural. Maka teras dapat dibuat sebagai taman kecil dengan tanaman hijau dan bunga menyegarkan. Ditambah kanopi baja ringan yang menaungi teras supaya makin teduh dan sejuk.

C. Bentuk Jendela

Bentuk Jendela

Bermain di jendela eksterior adalah kunci dari menerapkan desain minimalis. Sebab desain eksterior rumah minimalis umumnya selalu dibuat dengan jendela jendela besar. Sebenarnya tujuan utama dari membuat jendela besar ini adalah supaya cahaya alami dari luar bisa masuk ke dalam rumah. Sehingga ruangan pun tampak lebih lega dan leluasa.

Namun siapa sangka jika penggunaan jendela besar juga dapat berpengaruh besar terhadap tampilan eksterior. Sebab ada beberapa perumahan yang menonjolkan penggunaan jendela sehingga lebih eye catching, dan fasad pun tampak lebih menawan namun tetap memiliki tema minimalis. 

D. Bentuk Atap

Sebagai bagian tertinggi yang berperan melindungi para penghuni rumah serta barang barangnya dari hujan dan panas matahari, atap tentu menjadi elemen eksterior yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Memastikan desainnya dengan baik bukan hanya mempercantik hunian anda, tapi juga bisa membuat anda merasa lebih nyaman selama berada di rumah.

Sebab pemilihan material dan desain yang kurang tepat berisiko membuat atap mudah bocor atau suasana terasa lebih mudah panas di dalam rumah. Jadi pastikan untuk memilihnya secara seksama. Untuk tampilan rumah minimalis modern sendiri, biasanya digunakan jenis atap beton cor agar dapat menciptakan gaya atap flat. Atau bisa juga memakai atap tanah liat dan keramik untuk gaya modern.

E. Konsep Taman

Bagian depan rumah akan lebih bagus apabila dilengkapi dengan taman. Selain membuat hunian terasa lebih sejuk dan asri, taman membuat eksterior rumah minimalis anda tampak semakin cantik. Sebab elemen ini mampu menciptakan keseimbangan antara bangunan yang modern dengan sentuhan alam.

Hadirnya warna hijau dari pepohonan atau tanaman hias di taman akan membuat rumah anda tampak lebih hidup. Anda pun bisa lebih mempercantiknya dengan menghadirkan kolam ikan serta dekorasi batu alam. Boleh juga ditambahkan lampu sorot supaya dapat menekankan tampilan gaya rumah modern di malam hari.

2. Beberapa Contoh Konsep Eksterior Rumah

A. Eksterior dengan Konsep Futuristik

Eksterior dengan Konsep Futuristik

Bagi anda yang masih bingung menentukan desain eksterior rumah, coba pertimbangkan eksterior dengan konsep futuristik. Dimana desain futuristik yang minimalis dan mengusung gaya masa depan ini hadir dengan gabungan atau campuran elemen yang berbeda. Misalnya gabungan warna netral hitam dan putih yang simpel tapi menawan.

Bisa juga dengan menghadirkan ruang terbuka ditambah beberapa furniture seperti meja dan kursi kayu di teras rumah, untuk meninggalkan kesan futuristik tersebut. Selain mempercantik eksterior, area tersebut pasti menjadi salah satu tempat ternyaman untuk bersantai sambil memperhatikan pemandangan di luar rumah.

B. Eksterior Dinding Kaca

Eksterior Dinding Kaca

Material kaca tidak hanya dapat digunakan untuk membuat jendela, tapi anda bahkan dapat memanfaatkannya sebagai dinding. Eksterior rumah minimalis dinding kaca ini menawarkan pencahayaan yang lebih maksimal dari sekadar jendela kaca. Jadi di siang hari anda dapat menghemat penggunaan energi listrik, mengingat bahwa sinar matahari alami mampu membuat ruangan menjadi lebih terang.

Dari sisi eksterior, desain seperti itu juga membuat rumah terkesan lebih terang dan hidup. Anda pun dapat menikmati pemandangan ke luar rumah dengan lebih leluasa. Cocok sekali jika anda memiliki taman di rumah. Dan untuk menjaga privasi, anda bisa menggunakan gorden. Gunakan gorden berwarna netral supaya sekaligus dapat dimanfaatkan untuk mempercantik eksterior maupun interior.

C. Eksterior dengan Bebatuan Alam

Eksterior dengan Bebatuan Alam

Anda dapat memanfaatkan dekorasi bebatuan alam untuk menampilkan eksterior rumah yang menawan. Adanya unsur alam dari bebatuan tersebut dapat membuat rumah lebih memiliki karakter, plus semakin nyaman berkat suasana yang semakin rindang. Terlebih jika dipadukan dengan taman yang mempunyai pepohonan atau tanaman hias. 

D. Eksterior Bergaya Kontras

Eksterior Bergaya Kontras

Siapa bilang eksterior rumah minimalis hanya dapat menggunakan warna monokrom ? Anda juga bisa mengusung gaya kontras untuk menghadirkan eksterior rumah yang simpel namun tetap menawan. Misalnya anda ingin membuat taman dengan tanaman hijau di depan rumah, maka bangunan rumah dapat mengaplikasikan cat berwarna gelap.

Kombinasi antara cat bangunan yang gelap dengan taman berwarna hijau menjadi perpaduan kontras yang apik. Anda pun dapat menghiasi taman dengan tanaman warna warni apabila ingin semakin berwarna. Jika tidak memungkinkan membuat taman karena lahan yang terbatas, maka tidak ada salahnya mengaplikasikan dua warna berbeda pada bangunan rumah.

Sudah siap membangun rumah dengan eksterior bergaya minimalis yang simpel dan menawan ? Anda pun dapat mencoba beberapa contoh desain di atas apabila hendak merenovasi hunian. Pastikan memperhatikan beberapa elemen eksterior sebelum menerapkan desain tertentu. Sehingga gaya minimalis yang diusung benar benar terlihat.


« back to news


Contact via Whatsapp