SANIHARTO

SANIHARTO

News & Events

Mengenal Perbedaan Mansion dan Rumah

Tempat tinggal sendiri tidak selalu disebut dengan istilah rumah, melainkan ada pula mansion yang secara sederhana dapat diartikan sebagai rumah berukuran besar. 

Meski begitu, mansion punya ciri khas dari rumah besar biasa. Lantas, apa perbedaan mansion dan rumah? Yuk simak selengkapnya berikut ini.

Pengertian Mansion

Seperti yang telah disinggung di awal, mansion merupakan jenis rumah tinggal yang memiliki ukuran besar. 

Namun, hunian ini mempunyai kriteria tertentu, baik mengenai luas persegi, kualitas, dan lain sebagainya, sehingga tidak semua bangunan tempat tinggal yang berukuran besar langsung bisa disebut sebagai mansion.

Akan tetapi hunian tersebut harus mengesankan dan mewah untuk bisa dikatakan mansion. Tidak heran jika biasanya mansion dihuni oleh orang atau tokoh tokoh besar, seperti keluarga kerajaan atau bangsang di zaman dulu. 

Pada era masa kini, rumah mansion mempunyai konsep yang lebih modern. Orang orang seperti pengusaha, penyanyi, dan artis banyak menggunakannya sebagai tempat tinggal karena dilengkapi dengan ruangan ruangan yang memiliki fungsional canggih. 

Seperti ruang SPA, ruang fitness, ruang billiard, dan banyak lagi. Ini menjadi perbedaan mansion dan rumah yang paling mendasar. 

Karena rumah biasa hanya perlu memenuhi kebutuhan sebagai tempat tinggal. Tidak hanya itu, hal lain yang membedakannya terletak pada bahan bangunan yang digunakan. 

Yang mana itu menjadi kelebihan tersendiri dari mansion, sebab rumah mansion umumnya dibangun dari bahan premium dan ramah lingkungan.

Seperti kayu jati dengan mutu tinggi, rak perapian granit berornamen, meja marmer, serta sederet furniture terbaik lainnya.

Tidak lupa desain arsitekturnya yang dibuat begitu menawan, tampak luar bangunannya seperti menerapkan gaya klasik, gaya Victorian, atau gaya kolonial dengan luas umumnya lebih dari 750 meter persegi. 

Kemudian, interiornya mencerminkan citra yang megah dan elegan. Mulai dari jendela dan pintu besar sampai langit langit dengan tinggi lebih dari 6 meter.

Tips Memilih Mansion

 

1. Bahan Bangunan

Seperti yang telah dijelaskan pada pengertiannya, sebuah mansion umumnya dibuat menggunakan bahan-bahan yang berkualitas, sehingga penting bagi Anda untuk memperhatikan material bangunan yang digunakan saat hendak membeli atau membangun mansion. 

Begitu pula dengan perlengkapan rumah tangganya, di mana mansion modern banyak yang dilengkapi sistem keamanan canggih.

2. Fasilitas Hiburan

Mansion mempunyai ciri khas yang terletak pada tersedianya fitur-fitur pelengkap di dalamnya, sehingga fasilitas hiburan pada mansion menjadi salah satu tips dalam memilih bangunan terbaik. 

Seperti fasilitas kamar berukuran besar, fasilitas untuk menjamu tamu, ruang permainan, bar khusus, sampai kolam renang.

Baca juga: Bikin Nyaman, Ini 7 Rekomendasi Desain Ruang Makan Mewah

Rumah

Perbedaan mansion dan rumah dapat dipahami dengan mengetahui pengertian dari rumah itu sendiri. Di mana pada prinsipnya, pengertian rumah sendiri terbagi menjadi dua yakni secara psikologis dan fisik. 

Dilihat dari pengertiannya secara fisik, rumah merupakan bangunan yang menjadi tempat beristirahat dan tempat berlindung baik dari hujan, panas, maupun dingin.

Sedangkan secara psikologi, rumah diartikan sebagai hunian tempat tinggal yang memberikan ketentraman dan kedamaian bagi para penghuninya. 

Jadi, di sini rumah tidak dititikberatkan pada bangunan, melainkan pada situasi. Meski begitu, keduanya tentu saling berkaitan sebab ketentraman penghuni secara psikologis akan dipengaruhi oleh apakah bangunan rumah layak huni atau tidak.

Adapun fungsi utama dari rumah adalah sebagai penunjang identitas keluarga, penunjang keluarga untuk berkembang dan memenuhi berbagai kebutuhan lainnya, dan penunjang rasa aman. 

Dan syarat sebuah bangunan layak menjadi hunian yaitu harus mempunyai konstruksi bangunan yang sempurna, lingkungannya sehat untuk ditinggali, serta legalitasnya terjamin.

Rumah tidak harus selalu memiliki ukuran yang besar hingga mencapai lebih dari 750 meter persegi. 

Asalkan memenuhi syarat berdirinya rumah dan mampu memberikan berbagai fungsi tersebut, maka suatu bangunan bisa disebut sebagai rumah untuk tempat tinggal.

Tips Memilih Rumah

 

1. Pertimbangkan Lokasi

Dalam memilih rumah, pertimbangannya sebenarnya bisa lebih sederhana ketimbang mansion.

Anda tidak perlu terlalu pusing memikirkan fasilitas hiburan di dalamnya, sebab bukan itu fungsi utama rumah. 

Sebaiknya pertimbangkan lokasi bangunan, akan lebih baik jika jarak antara rumah dengan tempat kerja dan akses publik lainnya tidak begitu jauh.

Baca juga: Lebih Indah dan Rapi, Ini 9 Inspirasi Desain Kitchen Set Mewah

2. Perkembangan Daerah Rumah

Selain mempertimbangkan lokasi, Anda juga bisa mempertimbangkan bagaimana perkembangan daerah bangunan tersebut. 

Terlebih jika Anda berniat menjadikannya sebagai investasi jangka panjang. Jangan sampai di samping rumah ke depannya akan dibangun pabrik dengan banyak polusi. 

Itulah berbagai perbedaan rumah dan mansion yang bisa diketahui. Perlu diingat bahwa bangunan rumah yang besar tidak selalu bisa dikatakan sebagai mansion, jadi jangan sampai salah paham, ya!


« back to news


Contact via Whatsapp